Cara mudah membuat teks pidato yang baik dan benar

17 September 2017 15:50:15 Dibaca : 715

Cara Mudah Membuat Teks Pidato Dengan Baik Dan Benar

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Pada saat berpidato sudah dapat dipastikan akan terjadi hubungan antara yang berpidato denngan yang diberi pidato.oleh sebab itu, yang berpidato hendaknya mempersiapkan dirinya dengan sebaik-baiknya, agar tercapai apa yang diharapkannya. Artikel ini akan memaparkan bagaimana cara membuat naskah dengan baik dan benar. Point-point yang akan dibahas di artikel ini diantaranya yang pertama pengertian pidato dan yang kedua cara mudah membuat teks pidato.
Pertama, menurut kamus besar bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Berpidato atau berceramah merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan sejenis yang juga sering dilakukan oleh orang-orang tertentu adalah berkhotbah.pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, informasi dari pembicara kepada khalayak ramai. Salah satu tujuan berpidato adalah meyakinkan pendengar tentang isi pidato yang disampaikan. Agar pidato yang disampaikan dapat berjalan dengan lancar dan runtut, sebelumnya perlu disiapkan naskah pidato. Secara garis besar, naskah pidato terdiri atas tiga baagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup.
Kedua, cara membuat teks . dalam membuat contoh teks pidato yang baik dan benar tentunya harus memeperhatikan rambu-rambu atau acuan. Berikut ini merupakan struktur teks pidato yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam membuat contoh teks pidato.


Struktur teks pidato


Pembukaan
Pembukaan teks pidato berisi
Salam pembuka contoh: assallamu’alaikum warahmatullahi wabarak atu, salam sejahtera bagi kita semua.
Ucapan penghormatan, biasanya d imulai dari penghormatan terhadap seseorang y ang dianggap paling penting

contoh: yang saya hormati bapak kepala sekolah
yang saya hormati bapak dan ibu guru
yang saya hormati para tamu undangan
yang berbahagia teman-teman IX
adik-adik kelas VII dan VIII yang saya banggakan
Ucapan syukur kepada Allah atas limpahan rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua
Contoh: marilah kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan yang maha kuasa karena sampai pada detik ini kitamasih diberikan nikmat tiada tara salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua dapat hadir disini dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang sesuatu apapun

Isi pidato
Bagian isi adalah bagian inti dari suatu pidato. Pada bagian ini, paparan dari pembicara menduduki presentase yang paling banyak pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar inti materi yang akan disampaikan para hadirin agar isi pidato akan lebih mudah ditangkap isinya oleh pendengar,pembicara akan menggunakan penanda, “pertama.......”kedua...........”ketiga.......... dan seterusnya penanda-penanda seperti itu juga akan memudahkan penulis dalam menyusun gagasan teks pidato.

Penutup pidato
Penutup pidato yang baik akan menimbulkan rasa simpati dari pendengar. Penutup pidato dapat diiisi dengan:
Simpulan pendek dari uraian sebelumnya
Permintaan maaf kepada hadirin atas kekhilafan dan kesalahan yang mungkin terjadi,baik disengaja ataupun tidak disengaja.
Salam penutup,dalam penutup dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau kata-kata mutiara dari tokoh-tokoh besar,atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.
Contoh:
Hadirin yang saya hormati,demikianlah sambutan saya,apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada tutur kata yang salah,saya mohon maaf. Kalau ada sumur diladang bolehkah kita menumpang mandi kalau ada umur panjang semoga kita berjumpa lagi. Sekian terima kasih atas perhatian hadirin wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Pidato adalah sebuah kegiatan di depan umum untuk menyampaikan pemikiran atau pendapat kepada orang banyak dalam forum resmi, biasanya pidato dilakukan untuk menyatakan pernyataan tentang suatu peristiwa yang penting dan patut di perbincangkan. Namun dalam menyampaikan gagasan atau pendapat di depan umum diperlukan teks pidato yang baik dan benar agar dalam menyampaikan pidato lebih mudah dan dapat dipahami oleh pendengar atau forum.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll