Strategi media relations
STRATEGI MEDIATUGAS INDIVIDU
Oleh : enjeli mopute (291418030)
Carilah jurnal ilmiah tentang Teori yang berkaitan dengan Strategi Media, kemudian buatlah resumenya dengan menyertakan naskah jurnal asli.Format penulisan resume
Judul jurnal : STRATEGI MEDIA RELATIONS PT BANK CIMB NIAGA.TBK KANTOR PUSAT JAKARTA PASCA MERGER
Judul :Strategi media relation
Volume: 14
Tahun: 2015
Penulis: Jezzy Dela Puspita
Riviewer :Enjeli moputeT
Terbit Jurnal : 16-30
Hasil Riview :
pendahuluan :Peran media sangatlah penting, sehingga sulit dibayangkan negara/bangsa yang modern bisa hadir tanpa keberadaan media. Selain menjadi alat utama menjangkau publik, media cetak juga menjadi sarana utama untuk mempertemukan para pembeli dan penjual, dalam perbankan seperti CIMB Niaga adalah hubungan antara bankir dan nasabah. Dalam kasus ini kami, penulis mengangkat strategi media relations PR pada organisasi hasil gabungan / merger yaitu pada CIMB Niaga, yang telah lahir dan mempunyai tujuan organisasi perusahaan besar, sesuai dengan motto yang diterapkan oleh manajemen yaitu “A New Beginning”.
Tujuan :
Relations: Beberapa pengertian Public Relations Cutlip (2006:6) adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya. Fungsi dapat pula diartikan sebagai sebuah peranan, dalam hal ini adalah harapan publik terhadap apa yang seharusnya dilakukan oleh Public Relations sesuai dengan kedudukannya sebagai seorang PublicRelations.Secara garis besar fungsi public relations adalah: (a). Memelihara komunikasi yang harmonis antara perusahaan dengan publiknya (maintain good communication) (b). Melayani kepentingan publik dengan baik (serve public’s interest) (c). Memelihara perilaku dan moralitas perusahaan dengan baik (maintain good morals & manners)Meanwhile, according to public relations writer Cutlip & Center, which is quoted in the book correspond Effective Public Relations, Prentice Hall, New Kersey, Inc., Upper Saddle River (2010: 33) calls the public relations function as follows: (a). Supporting the activities of management and achieve organizational goals (b). Creating a two- way communication on a reciprocal basis to disseminate information from the company to the public and to channel public opinion to the company (c). Serve the public and give advice to pempinan companies in the public interest (d). Harmonious relationship between the company and the public, both internal andexternal.Suatu program humas baik itu yang berjangka panjang maupun berjangka pendek (untuk satu peristiwa tunggal), harus direncanakan dengan cermat danhati– hati, sedemikian rupa sehingga akan diperoleh hasil – hasil nyata.(1) Empat Alasan (mendasar) Perencanaan Program PR: (a). Untuk menetapkan target-target operasi humas yang nantinya akan menjadi tolak ukur atas segenap hasil yang diperoleh; (b). Untuk memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang diperlukan; (c). Untuk menyusun skala prioritas guna menentukan (i) jumlah program dan (ii) waktu yang diperlukan untuk melaksanakan segenap program humas yang telah diprioritaskan itu; (c). Untuk menentukan kesiapan atau kelayakan pelaksanaan berbagai upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan
Simpulan :
hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh perusahaan pasca merger adalah menjalin hubungan baik dengan cara silaturahmi dengan wartawan secara rutin dan personal, menjangkau level wartawan dan pemimpin redaksi, guna menghasilkan hubungan interpersonal yang kokoh, dan menjalin komunikasi yang baik dengan lembaga media massa melalui penyediaan akses informasi yang baik. Hal ini diwujudkan dengan cara mengadakan gathering wartawan, serta memberikan kemudahan dan ketersediaan informasi bagi media massa.
Naskah jurnal asli :http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom/article/view/1663