STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
NAMA : LUTFIA CHAIRUNISA
KELAS : A KOMUNIKASI
NIM : 291418031
TUGAS : RESUME JURNAL
1. JUDUL JURNAL : STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL
2. JUDUL : STRATEGI KOMUNIKASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAND INDIE MUSTACHE AND BEARD
3. VOLUME : Vol.2, No.3 Desember 2015
4. TAHUN : 2015
5. PENULIS : Haryani Irbah
6. REVIEWER : Lutfia Chairunisa
7. TANGGAL TERBIT JURNAL : Desember 2015
1. PENDAHULUAN
Media sosial kerap dijadikan suatu alat atau media untuk melakukan strategi komunikasi khususnya untuk melakukan promosi. Contohnya strategi komunikasi pemasaran di media sosial yaitu twitter, instagram, youtube, facebook, dan soundcloud. Setiap media sosial memiliki kegunaan dan karakteristiknya masing-masing Penggunaan media sosial sebagai media promosi salah satunya dimanfaatkan oleh band Indie. Menurut beberapa ahli, Band indie merupakan : 1. Sebuah tipe dari sebuah produki musik yang bekerjasama dengan sebuah label rekaman independent (Small Independent Record Labels) dengan mendistribusikan secara independent. 2. Sebuah gendre musik yang terdengar spesifik dan dengan cara dan gayanya sendiri. 3. Musik yang menampilkan spesifikasi karakteristik dan aspirasi jiwa dari sebuah kaya musik. 4. Musik yang dapat kontras dengan musik lain, seperti mainstream pop, dance, blues, country, atau classical. (Fonnarow, 2006:26) Dalam penelitian ini, peneliti memilih band indie Mustache and Beard sebagai subjek dari penelitian. Mustache and Beard menggunakan media sosial sebagai upaya mereka untuk mempromosikan lagunya agar dikenal masyarakat atau khalayak luas. Media sosial yang mereka gunakan yaitu youtube, twitter, facebook, instagram, soundcloud, dan email. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi band indie Mustache and Beard dalam melakukan promosi di media sosial dan bagaimana kekurangan dan kelebihan dari strategi komunikasi menggunakan media sosial sebagai media promosi bagi band indie Mustache and Beard. Berangkat dari hal tersebut dapat dilihat apakah media sosial merupakan salah satu media yang dapat membantu band indie Mustache and Beard dalam upaya mempromosikan lagunya, dan dengan adanya penelitian ini juga dapat diketahui bagaimana kelebihan dan kekurangan strategi komunikasi band indie Mustache and Beard dalam promosi lagu dan musik yang mereka ciptakan di media sosial.
2. HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Strategi komunikasi band indie Mustache and Beard dalam melakukan promosi di media sosial Strategi komunikasi promosi melalui media sosial dianggap dapat merubah pengetahuan, sikap, dan prilaku khalayak terhadap band indie Mustache and Beard. Dari hasil wawancara tersebut menunjukan bahwa dengan melakukan promosi melalui media sosial yang mereka gunakan seperti instagram, twitter, soundcloud, dan email membuat khalayak mengetahui tentang keberadaan band indie Mustache and Beard , dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi juga membuat khalayak menjadi tertarik untuk mendengarkan musik dan lagu yang diciptakan oleh Mustache and Beard , tidak hanya itu dengan promosi yang dilakukan band indie Mustache and Beard melalui media sosial terjadi perubahan prilaku yaitu penggemar atau pendengar menjadi loyal terhadap band indie Mustache and Beard, yang disebut loyal dalam konteks ini adalah dimana orang tersebut sudah menjadi penggemar yang fanatik baik dari musik, lagu, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan band indie Mustache and Beard . • Knowledge Changes Strategy (Strategi Perubahan Pengetahuan) Media sosial digunakan sebagai media promosi agar musik dan lagu yang mereka ciptakan dapat dengan mudah didengar masyarakat yang lebih luas tidak hanyak masyarakat di kota Bandung. Dengan banyak yang me-repost lagu yang mereka ciptakan dan kemudian dipromosikan melalui media sosial seperti soundcloud, instagram, dan twitter hal tersebut diharapkan agar masyarakat sadar dan tahu mengenai musik dan lagu band indie Mustache and Beard . Media sosial juga diyakini dapat membuat pendengar lebih detail dan lebih fokus terhadap lagu dan lirik yang mereka ciptakan. Mustache and Beard menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi komunikasi promosi agar khalayak sadar dan mengetahui lagu dan musik yang diciptakan. Diyakini dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi akan membuat band indie Mustache and Beard lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya masyarakat kota Bandung. Media sosial juga dapat menjadi wadah bagi band Mustache and Beard untuk memberikan informasi seputar kegiatan dan aktifitas yang mereka lakukan. Media sosial dianggap dapat membuat Mustache and Beard terhubung dengan para penggemar dan memungkinkan terbangunnya interaksi antara Mustache and Beard dan penggemar. • Attitude changes strategy (Strategi Perubahan Sikap) Dengan menggunakan media sosial mereka merasa terjadi perubahan sikap pada khalayak seperti banyak pendengar yang menjadi penasaran untuk melihat secara langsung aksi panggung dari Mustache and Beard setelah mereka mendengar lagu dan musik Mustache and Beard melalui media sosial soundcloud, selain itu banyak penggemar yang saat ini hafal dengan lagu mereka dan menanyakan mengenai lagu-lagu baru mereka melalui media sosial instagram, hal lainnya adalah ketika penggemar tertarik dan ingin membeli serta menggunakan produk yang ditawarkan oleh band indie Mustache and Beard . Bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh band indie Mustache and Beard melalui media sosial ternyata dapat merubah sikap khalayak dan membuat khalayak tertarik mengenai lagu, musik, dan hal-hal yang terkait dengan band indie Mustache and Beard . • Behavior Changes Strategy (Strategi Perubahan Perilaku) Bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh band indie Mustache and Beard melalui media sosial dapat merubah perilaku khalayak, Ari mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media sosial seperti soundcloud banyak pendengar yang hadir ketika mereka sedang manggung, kemudian setelah menggunakan media sosial banyak pendengar yang hafal lirik dari lagu yang mereka ciptakan dan ikut bernyanyi ketika mereka sedang tampil secara langsung. Kemudian Jaka Abima selaku bagian promosi dari band indie Mustache and Beard juga menyatakan bahwa saat ini banyak komen positif mengenai lagu, album, produk dan para personil Mustache and Beard dari penggemar di akun media sosial seperti instagram, twitter, dan soundcloud Mustache and Beard
2. Kelebihan dan Kekurangan Strategi Komunikasi Promosi Band Indie Mustache and Beard dalam menggunakan media sosial kelebihan band indie Mustache and Beard dalam melakukan strategi komunikasi promosi yaitu Mustache and Beard membuat suatu konsep dengan memberikan filosofi dan cerita pendek mengenai makna dari setiap karya yang mereka ciptakan. Menurut mereka tidak semua band sadar akan hal tersebut. Selain itu, Mustache and Beard mengemas pesan yang akan diinformasikan melalui media sosial berdasarkan “momentum’’. Seperti contohnya dalam waktu dekat ini mereka membuat campaign mengenai “Strumming in The Woods” yaitu kampanye yang bertema berkemah dan bermusik diatas gunung. Menurut mereka, kampanye tersebut dibuat untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan penggemar.
3. SIMPULAN
Berdasarkan penjelasan yang telah dijabarkan dalam skripsi ini, yang menyangkut tentang “Strategi Komunikasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Band Indie Mustache and Beard” maka peneliti dapat mengambil kesimpulan dari beberapa hal berdasarkan hasil penelitian, yaitu :
1. Strategi komunikasi promosi yang dilakukan band indie Mustache and Beard melalui media sosial instagram, soundcloud, twitter, dan email dianggap dapat merubah pengetahuan (Knowledge), sikap (Attitude), dan perilaku (Behavior) khalayak terhadap lagu dan musik yang diciptakan oleh Mustache and Beard. Media sosial sosial dianggap media yang tepat yang dapat membantu Mustache and Beard dengan mudah dikenal masyarakat yang lebih luas lagi, tidak hanya masyarakat di kota Bandung namun juga masyarakat di seluruh Indonesia. Semua media sosial yang digunakan dianggap dapat membantu mempromosikan karya yang diciptakan oleh Mustache and Beard sesuai dengan fungsinya masing-masing
2. Kelebihan dari strategi komunikasi promosi yang dilakukan band indie Mustache and Beard melalui media sosial adalah Mustache and Beard memberikan warna yang berbeda dengan memberikan filosofi dan cerita pendek mengenai makna dari lirik dan musik yang diciptakan yang ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015 | Page 4305 7 di share melalui media sosial. Selain itu, setiap pesan yang disampaikan melalui media sosial disampaikan berdasarkan “momentum” seperti membuat campaign-campaign yang terkait dengan musik dan lingkungan. Sedangkan, kekurangan dari strategi komunikasi promosi yang dilakukan band indie Mustache and Beard melalui media sosial adalah lebih kepada teknis, yaitu Mustache and Beard belum memaksimalkan beberapa media sosial yang harusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang keberhasilan dari promosi yang mereka lakukan melalui media sosial