RESUME JURNAL ILMIAH STRATEGI MEDIA

04 February 2020 10:27:06 Dibaca : 2502

STRATEGI MEDIA

Tugas Individu

Oleh:

Alvionita Bolowantu

(291418033)

 

1.      Judul Jurnal                       Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya                                                                                                                                                                         Dalam Mengelola Publisitas Di Media Massa

2.      Judul                                 Strategi Media Relations

3.      Volume                              VOL 4. N0.1 TAHUN 2016

4.      Tahun                                2016

5.      Penulis                              Anneka Lawrencia Alim

6.      Reviewer                           Alvionita Bolowantu

7.      Tanggal Terbit Jurnal        30 Maret 2016

 

·         Latar Belakang

Media relations, yaitu mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Dalam mengelola relasi, public realitions Hotel Grand Darmo Suite menjalin hubungan secara personal dengan wartawan media massa dan dengan institusi media massa, serta melakukan kegiatan media realitions berupa mengirimkan press release dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris, mengadakan special event, wawancara pers, press luncheon dan melakukan media visit.  Pada dasarnya public realitions merupakan proses komunikasi kepasa public untuk menjalin relasi yang baik sehingga tercapai tujuan untuk membangun, membina dan menjaga citra yang positif. Kita yang hidup dalam masyarakat komunikasi massa seperti ini, sangat menggantungkan kebutuhan informasi pada media massa, maka kegiatan komunikasi dalam konteks public realitions pun banyak memanfaatkan kehadiran media massa untuk berkomunikasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi. Media massa sangatlah penting bagi kegiatan dan program public realitions. Menurut Bungin (2006, p.72), media masaa adalah media komunikasi dan informmasi yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal pula. Menjalin hubungan baik dengan media massa ini dilakukan oleh public realitions Hotel Grand Darmo Suite yang berada di bawah Sales and Marketing Department.

 

·         Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana Strategi Media Realitions hotel Grand Darmo Suite Surabaya dalam mengelola publisitas di media massa.

·         Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitiab ini adalah studi kasus. Menurut Pawito (2007, pp. 140-141), studi kasus merupakan suatu metode ilmiah yang lazim diterapkan untuk memberikan penekanan pada spesifikasi dari kasus yang diteliti. Dalam studi kasus yang dapat diaangkat menjadi kasus adalah individu, keluarga, kelompok, organisasi, institusi, nilai atau corak budaya atau bahkan wilayah.

Subjek Penelitian, ini adalah Hotel Grand Darmo Suite Surabya. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi media realitions Hotel Grand Darmo Suite Surabaya dalam mengelola publisitas, khususnya publisitas di surat kabar The Jakarta Post. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu objek penelitian yang menjadi informasn, yaitu Assiant Public Realtions executive Grand Darmo Suite Surabya, karena menjalin hubungan langsung dengan wartawan dan mengatur kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan media realitions di Hotel Grand Darmo Suite Surabaya.

Analisis Data, dalam penelitian ini model analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan oleh Miles & Huberman. Menurut Miles & Huberman 1984, aktivitas analisis data kualitatif dilakaukan secara interaktif dan berlangsung scara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sampai tuntas dan datanya sampai jenuh.

 

·         Hasil Penelitian

-          Temuan Data

1.      Megelola Relasi

Peneliti menemukan bahwa di Hotel Grand Darmo Suite tidak hanya mengelola relasi dengan wartawan sebagai pekerja media massa saja tetapi mengelola relasi dengan media massa sebagai institusi. Media massa sebagai institusi maupun dengan wartawan sama pentingnya bagi Hotel Grand Darmo suite untuk mengelola relasi yang dilakukan dengan berkomunikasi secara intens dengan dua arah.

2.      Mengembangakan Strategi

Peneliti menemukan dalam tahap mengembangkan strategi, strategi ini adalah untuk berkomunikasi dengan pihak hotel yang menjadi khalayak sasaran kegiatan komunikasi. Di mana strategi ini kemudian dikembangkan menjadi taktik yang digunakan public realition Grand Darmo Suite dalam mengelola publisitas di media massa, yaitu memahami dan melayani media, membangun reputasi sebagai orang yang dapat selalu dipercaya, menyediakan salinan yang baik, bekerja sama dalam penyediaan materi, menyediakan fasilitas verifikasi dan membangun hubungan personal.

3.      Mengembangkan Jaringan

Peneliti menemukan dalam tahap mengembangakan jaringan ini, public realitions Grand Darmo Suite Memiliki hubungan baik degan organisasi kewartawanan dan dengan profesi yang berasal dari luar organisasi kewartawanan.

-          Analisis dan Interpretasi

1.      Strategi Media Realitions Hotel Grand Darmo Suite

Keputusan strategiy public realitions yang dibuat itu adalah untuk menyampaikan apa yang menjadi grand starategy perusahaan supaya memahami tujuan-tujuan yang sudah ada dan tetap berada di dalam jalur yang tepat. Di mana pada akhirnya strategi jugalah yang membatasi taktik yang dilakukan.

2.      Strategi Media Relations oleh Public Realitions Hotel Grand Darmo Suite

Menjalin relasi dengan pihak media adalah strategi awal yang dilakukan oleh Public Realitions Grand Darmo Suite. Karena jika tidak menjalin relasi terlebih dahulu, tidak ada hubungan yang perlu dikelola relasinya. Hubungan public realitions dan media sangat penting, terutama dalam penyampaian pesan dari perusahaan kepada public. Media sebagai perantara perusahaan dengan publik, menyajikan informasi bagi public melalui media massa.

 

·         Kesimpulan

Hasil penelitian dari Hotel Grand Darmo Suite surabay, strategi media realitions Hotel Grand Darmo Suite Surabaya dalam mengelola publisitas di media massa adalah melalui hubungan interpersonal yang dilakukan oleh public realitions Grand Darmo Suite dengan wartawan media massa, di mana hubungan interpersonal yang dilakukan adalah melalui pendekatan secara individu (personal approach) melalui social conversation seperti WhatsApp, BBM, dan Line serta melalui social media hotel maupun pribadi yang digunakan dalam menjalin komunikasi sehari-hari. Selain itu, hubungan personal ini juga dilakukan dalam bentuk melakukan kegiatan bersama di luar jam kerja seperti makan malam dan berlibur atau rekreasi bersama. Strategi media realitions yang juga dilakukan adalah dengan rutin membuat dan mengirimkan press release ke media massa minimal satu kali dalam sebulan bagi pihak wartawan dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang disesuaikan dengan masing-masing karakrwe media dan rutin membuat special event dalam momen-momen tertentu seperti Lebaran, Natal, Tahun baru dan lainnya.

 

·         Sumber

http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4846

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong