strategi media gerakan kampanye
STRATEGI MEDIA
TUGAS INDIVIDU
Oleh :
Nurul Hayati Unonongo ( 291418052)
1. Judul jurnal :
Strategy Kampanye Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018
2. Judul :
STRATEGI MEDIA (Jurnal Komunikasi, 10(1), 48–55.)
3. Volume :
10 No. 1 Maret 2019
4. Tahun :
2019
5. Penulis :
Siti Qona’ah
6. Riviewer :
Nurul H Unonongo
7. Tanggal Terbit Jurnal : -
Diterima: 17-2-2019 Direvisi: 26-2-2019 Disetujui: 1-3-2019
Hasil Riview :
Ø Latar Belakang
Dalam aktivitas kehidupan kegiatan sehari-hari, manusia tidak lepas dalam menggunakan plastik, tetapi dengan meningkatnya penggunaan plastik mengakibatkan Polusi didaratan dan lautan sehingga menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kehidupan ekosistem dunia. Berdasarkan laporan PBB, dunia menggunakan 5 milyar kantung plastik setiap tahunnya dengan 13 juta ton plastik terbuang di laut setiap tahun yang bisa disamakan dengan satu truk sampah penuh plastik setiap menitnya. Jumlah plastik yang diproduksi dalam kurun 10 tahun terakhir telah melampaui total plastik yang diproduksi satu abad sebelumnya.
Di Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. “Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, sampah plastik sangat berbahaya," ujar Susi. Lebih lanjut beliau menyampaikan “berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut “.(Puspita, 2018)
Novrizal Tahar Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan “Komposisi sampah plastik di Indonesia semakin meningkat. Sejak tahun 2005 sampai 2016 terjadi peningkatan komposisi sampah plastik kita, dari 11 persen menjadi 16 persen. Jadi ini kondisi yang memprihatinkan.” (Kadobnov, 2018) Kondisi sampah plastik yang mengkhawatirkan ini mendorong PBB memerintahkan berbagai pihak untuk bertindak. PBB meminta pemerintah untuk memberlakukan kebijakan yang mengekang produksi penggunaan tunggal plastic. "Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah hari terpenting PBB untuk mendorong kesadaran dan tindakan di seluruh dunia untuk melindungi lingkungan kita," tulis PBB dalam situs resmi World Environment Day. (Juniman, 2018)
Ø Tujuan
PT Danone-AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Minuman Ringan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. Sebagai perwujudan visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan, AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari Perlindungan Sumber Daya Air, Pengurangan C02, OPTimalisasi Kemasan dan Pengumpulan Sampah Kemasan dan Distribusi Produk secara Berkelanjutan yang dilakukan bekerja bersama pemaku kepentingan dan karyawan
.
Ø Metodologi
Metodologi pada penelitian ini menggunakan metodologi kualititatif dengan metode studi kasus. Menurut (Kriyantono, 2006) “metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis”.
Ø Hasil
PT Danone Aqua Dalam memperingati Hari Lingkungan Sedunia 2018 dengan melaksanakan Kampanye Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua pada tanggal 5 Juni 2018, sebagai wujud tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan dalam mengatasi sampah plastik di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan. Kampanye ini merupakan bentuk dukungan PT Danone Aqua kepada upaya pemerintah dalam mengurangi sampah plastik yang masuk ke laut sebesar 30 persen dan melakukan pengelolaan sampah sebesar 70 persen pada tahun 2025
Berikut ini Kampanye Gerakan #BijakBerplastik yang dilaksanakan oleh PT Danone Aqua Inovasi Desain Terbaru. Danone-Aqua meluncurkan inovasi desain kemasan Aqua terbaru dari 100% bahan daur ulang, dan 100% dapat didaur ulang, dalam acara Our Ocean Conference 2018 di Bali tanggal 2930 Oktober 2018. Desain ini adalah sebuah awal pencapaian yang penting untuk mencegah tambahan sampah di laut dengan menerapkan prinsip sirkular “reduce-reuse-recycle”.
Circularity Tour Selain dengan Inovasi Design kemasan baru, PT Danone-AQUA dalam mengkampanyekan Gerakan #BijakBerplastik bersama sejumlah Influencer dan media mengeksplorasi siklus daur ulang sampah plastik dalam acara yang bertema Circularity Tour yang diselenggarakan pada 18 – 19 Desember 2018. Dalam acara ini, peserta mengunjungi beberapa lokasi untuk melihat langsung berbagai inovasi yang dapat dilakukan dalam pengelolaan sampah plastik. Circularity Tour bertujuan untuk menyelaraskan perspektif antara para pemangku kepentingan dalam memahami isu pengelolaan sampah plastik dan pentingnya kolaborasi lintas sektoral. (Timeisndonesia.co.id, 2018)
Ø Kesimpulan
PT Danone Aqua telah melaksanakan Strategi kampanye Gerakan #BijakBerplastik dalam rangka merayakan hari lingkungan sedunia 2018. Gerakan #BijakBerplastik ini berkerjasama dengan pemangku Kepentingan dari berbagai layar belakang untuk berkerjasama dan memberikan solusi dalam permasalahan limbah plastik di Indonesia.
Dengan strategy kampanye gerakan #BijakBerplastik melalui inovasi design baru dan kegiatan circularity tour PT Danone Aqua telah melaksanakan tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan tindakan dalam mendukung serta mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup.
NASKAH JURNAL ASLI :
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom