JURNAL EKONOMI SYARIAH
STRATEGI MEDIA
TUGAS INDIVIDU
Oleh: Musdalifa (291418040)
1. Judul Jurnal
Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual
2. Judul
Jurnal Ekonomi Syariah
3. Volume
Volume 05, Nomor 02, April 2019
4. Tahun
2019
5. Penulis
Chusnul Muali, Khoirun Nisa
6. Reviewer
Musdalifa
7. Tanggal Terbit Jurnal
April 2019
8. Hasil Reviewer
· Latar Belakang
Pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Perilaku konsumtif dan kecenderungan masyarakat dalam menentukan pilihan dengan cara yang instant, menjadi potensi sekaligus peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan daya jual.
Pada umumnya, pola pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha hanya berorientasi terhadap profit belaka, dengan meninggalkan keutamaan pemberdayaan dan edukasi bagi masyarakat. Jika menilik perkembangan teknologi terkini, paradigma strategi konvensional telah mengarah ke spiritual marketing atau pemasaran syariah, dengan berbantuan media sosial. Prinsip perusahaan dalam strategi pemasaran syariah mengimplementasikan dua konsep, yaitu keuntungan dan keberkahan yang dikenal dengan istilah Ta’awun.3 Aspek muamalah dalam syariat Islam yang mengandung hukum syar’i secara global, hendaknya tetap dipertahankan. Karya Cipta Sakinah mengubah konsep pengelolaan pemasaran dengan menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi melalui media sosial. Mengingat kemudahan yang mungkin ditimbulkan dengan menggunakan salah satu media sosial facebook membuat Karya Cipta Sakinah lebih memilih aplikasi tersebut agar lebih mudah menarik minat konsumen yang berdampak terhadap kenaikan konsumen.
· Tujuan Penelitian Strategi Pemasaran
Bertujuan sebagai perhatian khusus perusahaan merencanakan aktivitas dijadikan target pembelian bertujuan untuk kenaikan keuntungan. Hal ini sebagai tolak ukur perusahaan yang harus mampu memuaskan konsumen sehingga menaikkan profit keuntungan.11 Terdapat tiga macam dimensi strategi pemasaran dalam merebut mind share, yaitu segmentasi (pembagian variabel), targeting (target perusahaan), dan positioning (memposisikan diri). Berbeda pendapat dalam memaknai strategi pemasaran yang lebih menekankan strategi perusahaan tujuannya merebut perhatian konsumen.12 Strategi pemasaran syariah tidak lain merupakan strategi bisnis syariah yang mengarah pada proses penawaran, penciptaan terhadap stakeholder sebagai satu inisiator berprinsip Al-Qur’an dan Al-Hadits menggunakan akad yang baik.
· Hasil Dan Pembahasan
Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran yang dilakukan PT Karya Cipta Sakinah sebagai langka awal dengan menerapkan strategi pemasaran syariah terhadap bauran pemasaran yang terdiri dari 4 elemen yakni place, price, Product, place dan promotion. Produk yang ditawarkan oleh PT Karya Cipta Sakinah menggunakan bahan yang berkualitas dan telah mendapat izin legal dari pemerintah, seperti sertifikat rumah. Hal ini menjadi strategi pemasaran bagi Sakinah, untuk memperkuat pemasaran, PT Karya Cipta Sakinah memberikan kebebasan terhadap konsumen dalam memilih warna dan desain rumah
Strategi Pemasaran Syariah
PT Karya Cipta Sakinah Dalam strategi pemasarannya menerapkan strategi pemasaran syariah yang bersandar dan berpegang teguh pada strategi pemasaran yang dilakukan Nabi Muhammad Saw, yang mana beliau mengedepankan sikap kejujuran, transparan dan tidak ada unsur penipuan. PT Karya Cipta Sakinah menambah strategi promosi menggunakan teknologi, dan memilih aplikasi facebook dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Karena aplikasi facebook memiliki kemudahan bagi penggunanya dan memiliki jangkauan luas, hampir semua lapisan masyarakat mulai dari tingkat anak-anak sampai tingkat orang dewasa, dan dari masyarakat ekonomi rendah sampai orang elit atau pejabat memiliki akun facebook. Promosi yang diterapkan pada penggunaan facebook yang berbasis syariah memperhatikan kejujuran antara gambar yang di aploud dengan keadaan real. Strategi pemasaran dalam mempromosikan produk melalui facebook menampilkan gambar pada saat proses pembuatan, browsur pemasaran dan rumah yang telah jadi berdesain rumah yang indah, mewah, dan minimalis dengan berbagai model dan type. Adapun gambar yang diaploud pada akun facebook adalah keadaan yang real dilapangan sehingga tidak ada unsur penipuan, selain itu transaksi yang diterapkan tidak mengandung unsur riba sehingga banyak konsumen yang berminat untuk membelinya.
· Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Secara teoritis terjadi perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dari desain penelitian kualitatif lebih sulit dibanding dengan penelitian kuantitatif karena pada penelitian kualitatif itu tidak berpola. Moleong menyatakan bahwa hasil data Deskriptif merupakan prosedur dari metodologi kualitatif yang akan menghasilkan suatu data deskriptif terdiri dari prilaku seseorang yang diamati dan katakata tertulis.
· Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di PT Karya Cipta Sakinah yang bergerak di bidang UM (Usaha menengah) yang merupakan usaha milik perorangan. Dan kini telah memiliki tiga perumahan diantaranya: Sakinah Recidence, Griya Mega Sakinah dan Mutiara Sakinah. Strategi pemasaran syariah yang dijalankan PT Karya Cipta Sakinah mengedepankan unsur syariah yang terdiri dari promotion, price, place, dan product tanpa unsur gharar, maysir dan penipuan. PT Karya Cipta Sakinah menerapkan pemasaran syariah mengunakan media sosial berupa aplikasi Facebook dengan membuat akun, membuka dan menerima keluhan, pendapat, kritik dan saran dari masyarakat (konsumen). Bukan hanya dalam segi pemasaran saja yang melalui media sosial untuk mempermudah akses jual beli, perusahaan menyediakan angsuran cicilan/kredit melalui media sosial.
· Sumber Data Jurnal
http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/nisbah/article/view/1496/pdf