Jurnal penelitian komunikasi

04 February 2020 14:58:15 Dibaca : 1976

STRATEGI MEDIATUGAS INDIVIDUOleh :Anggun Eksan( 291418046)

Carilah jurnal ilmiah tentang Teori yang berkaitan dengan Strategi Media, kemudian buatlah resumenya dengan menyertakan naskah jurnal asli.Format penulisan resume :Judul jurnal : Strategi komunikasi komunitas virtual dalam mempromosikan tanggerang melalui media sosialJudul :Jurnal penelitian komunikasiVolume :Jurnal prnrlitian komunikasi vol.21 no.2, Desember 2018:173-186Tahun :2018Penulis :Tanty dewi permassanty, muntiani.Riviewer :Anggun EksanTanggal Terbit Jurnal : -

Hasil Riview : Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat, termasuk di Indonesia. Selain Facebook dan Twitter, media yang sangat populer dan tumbuh dengan cepat adalah Instagram. Jejaring sosial Instagram menjadi pilihan beberapa kelompok dalam melakukan aktivitas promosi, salah satunya komunitas AboutTNG yaitu komunitas virtual yang memanfaatkan Instagram dalam mempromosikan Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami strategi komunikasi komunitas AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan konsep komunitas virtual, promosi, dan teori strategi komunikasi Machmud Machfoedz dengan menganalisis strategi pesan dan strategi media. Dalam hal ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dan metode studi kasus untuk memperoleh hasil secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan dan strategi media yang digunakan AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang telah berhasil. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah followers akun Instagram @abouttng yang signifikan dan efek pesan yang disampaikan telah mengubah tindakan followers, yaitu followers mau mengikuti event-event yang diselenggarakan @abouttng hingga mau mengunjungi tempat yang dipublikasikan, seperti wisata alam, wisata sejarah, kuliner, dan ikon kota di Tangerang. Akun @abouttng mengembangkan beragam strategi pesan, mulai dari melakukan editing pada foto, menerapkan isi pesan, struktur, dan format pesan pada setiap konten yang diunggah, penulisan caption dengan berbagai cara kreatif, dan pengemasan pesan memanfaatkan fitur-fitur Instagram. TujuanBerdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan umum penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui jejaring sosial Instagram. Adapun tujuan khusus penelitiannya adalah: Untuk mendeskripsikan strategi pesan yang digunakan Komunitas Virtual AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui jejaring sosial Instagram. Untuk mendeskripsikan strategi media yang digunakan Komunitas Virtual AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui jejaring sosial Instagram.

Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Komunikasi Komunitas AboutTNG dalam mempromosikan Tangerang melalui jejaring sosial Instagram, penulis dapat menarik kesimpulan di antaranya sebagai berikut: Isi informasi yang disampaikan oleh akun Instagram @abouttng sangat beragam. Keberagaman isi informasi yang disampaikan @abouttng ini telah disesuaikan dengan kebutuhan target audiensnya yaitu kalangan muda yang tinggal di Tangerang. Pada strategi kreatif pesan, akun @abouttng mengembangkan pesan menjadi sangat menarik, mulai dari melakukan editing pada foto, pengembangan pesan agar lebih efektif, penulisan caption dilakukan dengan berbagai cara, dan pengemasan pesan memanfaatkan fitur Instagram. Dengan pemanfaatan fitur Instagram, @abouttng telah menciptakan pengalaman eksklusif untuk followers-nya, contohnya penggunaan hashtag (#) yang memudahkan pengguna men-tracking konten. Penyusunan hingga pemublikasian konten di Instagram @abouttng melalui beberapa tahapan yaitu pemilihan konten dari berbagai sumber, cross check informasi, editing foto, dan posting konten ke Instagram. Pada pengembangan pesan agar lebih efektif, @abouttng memperhatikan isi pesan, struktur pesan, dan format pesan. Bentuk kreatif pesan @abouttng selanjutnya adalah penulisan caption dengan menggunakan cara-cara kreatif. Pemilihan Media. Saluran komunikasi yang digunakan AboutTNG adalah saluran komunikasi tanpa awak atau saluran komunikasi tidak langsung berupa acara (event) dan media sosial. Media sosial yang paling sukses dalam mempromosikan Tangerang adalah Instagram karena memiliki jumlah followers terbanyak dan kenaikan jumlah followers-nya juga signifikan. Sejak 6 November 2016 hingga 25 Mei 2017 pengikutnya mengalami kenaikan dari 37.300 menjadi 101.661 pengikut. Instagram dimanfaatkan AboutTNG sebagai media untuk menyampaikan informasi yang beragam dan lebih update. Pada celah target audiens, @abouttng menerapkan pola update konten dengan menyesuaikan timeline yang telah ditentukan dan juga spontanitas. Strategi waktu yang diterapkan @abouttng untuk menjangkau audiens adalah dengan menyampaikan pesan sesuai pergantian waktu (pagi, siang, sore, dan malam) dan memanfaatkan momentum seperti peringatan hari raya dan weekend. . Efek pesan yang disampaikan @abouttng terhadap followers merupakan efek dari proses komunikasi yang cukup berhasil karena followers bersedia untuk melakukan tindakan setelah menerima pesan dari @abouttng. Efek pesan yang disampaikan akun @abouttng kepada followers dibagi menjadi dua, yaitu efek pesan berupa umpan balik yang bersifat positif dan umpan balik yang bersifat negatif. Efek pesan yang diberikan followers berupa umpan balik bersifat positif ada yaitu: a) followers mau memberikan berbagai feedback positif pada konten berupa like, komentar, mention, repost, dan menggunakan hastag @abouttng, b) followers turut berpartisipasi pada event yang diselenggarakan @abouttng, dan c) followers mengunjungi tempat yang dipromosikan @abouttng.

NASKAH JURNAL ASLI :https://www.researchgate.net/publication/330591603_Strategi_Komunikasi_Komunitas_Virtual_dalam_Mempromosikan_Tangerang_Melalui_Media_Sosial

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong