STRATEGI MEDIA RELATIONS
STRATEGI MEDIATUGAS INDIVIDUOleh :Rahmawati Luneto( 291418052)
Carilah jurnal ilmiah tentang Teori yang berkaitan dengan Strategi Media, kemudian buatlah resumenya dengan menyertakan naskah jurnal asli.Format penulisan resume :Judul jurnal :STRATEGI MEDIA RELATIONS PT ASTRA INTERNATIONAL TBK DALAM MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM SATU INDONESIAJudul :STRATEGI MEDIA RELATIONSVolume :Jurnal Ilmiah Komunikasi / Volume 5 / Nomor 2 DesemberTahun :2016Penulis :Komang Gde Adikresna D, Hanny Hafiar, Heru Ryanto BudianaRiviewer :Rahmawati lunetoTanggal Terbit Jurnal : -
Hasil Riview :Media relations merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mempertahankan eksistensi perusa- haan, karena citra positif perusa- haan dapat memengaruhi publik untuk tetap menggunakan produk dari perusahaan tersebut dan tidak beralih ke produk lain. Sehingga,memiliki hubungan yang baik de- ngan perusahaan media merupakan hal yang sangat fundamental dalam mempertahankan kredibilitas peru- sahaan di mata publiknya. Hal ini “memaksa” setiap humas perusa- haan untuk memiliki strategi-strategi media relations untuk membentuk hubungan baik dengan media, baik secara institusi ataupun individu.PT Astra International Tbk bekerja sama dengan PT Tempo Group dalam pelaksanaan program CSR Semangat Astra Terpadu(SATU) Indonesia. Kerja sama ini merupakan strategi media relations dari PT Astra International untuk membentuk citra perusahaan se- bagai perusahaan kebanggan nasio- nal melalui pemberitaan-pembe-ritaan positif mengenai program satu indonesia di setiap perusa- haan media di bawah naungan PT Tempo Group.Pemaksimalan ke- giatan publisitas merupakan keun-tungan dari kegiatan media rela-tions, seperti yang dikatakan oleh Jefkins (dalam Soemirat danArdianto, 2007: 122) bahwa peranan. Hubungan pers adalah untuk memperoleh pemuatan atau penyi- aran secara maksimal tentang informasi PR (Public Relations)yang disampaikan untuk mem- berikan pengetahuan dan men- ciptakan pengertian publiknya.Program SATU Indonesia itu sendiri merupakan program CSR dari PT Astra International yang berbentuk sebuah program award yang diberikan kepada pemuda-pe- muda Indonesia yang telah mem- berikan kontribusi nyata dalam me- ningkatkan kualitas kehidupan ma- syarakat Indonesia. Selain pem- berian award, PT Astra International juga memberikan bantuan dana kegiatan sebesar Rp. 55 juta dan pembinaan kegiatan yang dilakukanoleh pemenang award. Rangkaian program ini dimulai pada Maret – Agustus 2014.
TujuanTujuan PT Astra International be- kerja sama dengan PT Tempoadalah jaringan dari PT Tempo yang sampai ke pelosok Indonesia, se- hingga akan memaksimalkan publikasi dan dokumentasi menge- nai Program SATU Indonesia.Berkenaan dengan hal tersebut,Karnanda Kurniadhi, External Com- munication Public Relation PT Astra International, mengatakan bahwa:Berdasarkan hasil wawan- cara dengan Karnanda Kurniadhi,selaku External Communication Public Relation PT Astra Inter- national, diungkapkan “PT Astra International melakukan strategi me- dia relations dengan bekerja sama dengan PT Tempo sebagai media partner tunggal dalam Program satu Indonesia. Hal ini dikarena- kan PT Tempo memiliki jaringan yang luas hingga pelosok diIndonesia, dimana begitu banyakkontributor–kontributornya di seluruh Indonesia yang berguna untuk penyebaran informasi mengenai Program SATU Indonesia. Selain itu juga PT Tempo Group memiliki visi dan persepsi yang sama dengan PTAstra yaitu semangat kepemudaan dan pendidikan untuk membangun Indonesia.”Kerja sama dengan PT Tem- po Group dalam pelaksanaan Pro- gram Satu Indonesia merupakan suatu keuntungan yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk untuk mendapatkan porsi berita yang lebih banyak. Selain itu juga, kerja sama ini memungkinkan PT Astra Inter- national Tbk untuk dapat mem- berikan masukan mengenai citra yang ingin dibentuk oleh PT Astra International Tbk dibenak publiknya,yaitu perusahaan kebanggan nasio- nal. Selain itu juga, sebagai peru- sahaan media ternama di Indonesia,kerja sama dengan PT Tempo memberikan keuntungan bagi PT Astra International.
KesimpulanBerdasarkan Berdasarkan data dan informasi yang telah dikum- pulkan, dianalisis, dan diinterpretasi selama penelitian ini. Peneliti sam- pai pada beberapa simpulan terkait strategi media relations PT Astra Internation dengan PT Tempo Group sebagai upaya untuk mem- publikasikan Program SATU Indo- nesia1. Dalam tahap memahami dan melayani media, petugas humas PT Astra International selalu menyama-kan filosofi dengan PT Tempo Group dalam melaksanakan Pro- gram SATU Indonesia. Melalui ke- selarasan filosofi ini PT Astra Inter- national berusaha untuk memahami dan melayani PT Tempo Group dalam usahanya untuk mempubli- kasikan program SATU Indonesia ke seluruh Indonesia. Melalui panel diskusi mingguan yang dihadiri oleh seluruh orang-orang yang terkait dengan program akan berkumpul dan merumuskan strategi – strategi yang diperlukan untuk mempubli- kasikan program. Setiap saran dan kebutuhan dari awak media PT Tempo Group untuk keperluan pu- blikasi akan dipahami dan disetujui jika saran dan kebutuhan tersebut memiliki data yang valid serta memiliki keungungan yang positif kepada PT Astra Internationa
NASKAH JURNAL ASLI :http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/987/940