PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH
STRATEGI MEDIA
TUGAS INDIVIDU
Oleh :
Ayub Husain
291418054
PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH
Judul Jurnal : Penerapan Strategi Minp Mapping
Judul : penerapan strategi mind
Volume : Volume 3, No. 2
Tahun : 2018
Penulis : Musaffak dan Fida Pangesti
Reviewer : Ayub Husain
Tanggal Terbit Jurnal :september 2018
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan penggunaan strategi mind mapping. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Artikel ilmiah yang digunakan oleh peneliti sebagai data dalam penelitian ini adalah 1 (satu) kelas. Artikel ilmiah yang sudah didapatkan dari mahasiswa diolah dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, yaitu kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan menggunakan strategi mind mapping meningkat. Pertama, menunjukkan kemenarikan, kesesuaian judul dengan isi, penulisan ejaan sesuai, dan diksi sesuai, menunjukkan isi artikel, makna khusus dalam menulis judul artikel ilmiah. Kedua, menunjukkan kelengkapan isi, kesesuaian isi, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sesuai, dan paragraf sudah padu dalam menulis pendahuluan artikel ilmiah. Ketiga, menunjukkan kelengkapan substansi permasalahan, kesesuaian antara urgensi masalah dengan isi, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu dalam menulis pembahasan artikel ilmiah. Keempat, menunjukkan kelengkapan substansi permasalahan, kesesuaian isi dengan intisari permasalahan, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, kohesi, dan koherensi dalam menulis kesimpulan artikel ilmiah. Kelima, menunjukkan penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai bahasa Indonesia, kesesuaian dengan penulisan daftar pustaka, dan kelengkapan unsur penulisan daftar pustaka dalam menulis daftar pustaka artikel ilmiah. Kata kunci: artikel ilmiah, kemampuan menulis, strategi mind mapping
PENDAHULUAN
Kemampuan menulis artikel ilmiah merupakan kegiatan yang sering diterima mahasiswa dari dosennya. Dengan menulis artikel ilmiah, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menulisnya, sehingga berimbas pada semua tugas yang diterimanya. Di samping itu, tagihan tugas untuk setiap matakuliah biasanya berbentuk artikel ilmiah. Proses menjadikan mahasiswa berkualitas dapat diawali dengan pembinaan dan pengembangan kemampuan menulis artikel ilmiah. Kemampuan menulis artikel ilmiah merupakan kegiatan yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis mereka dengan cara penuangan dalam bentuk tulisan berkualitas. Berdasarkan hasil refleksi awal, diketahui bahwa mahasiswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan menulis artikel ilmiah. Kesulitan itu berupa kurangnya kemampuan mahasiswa dalam penulisan judul pada aspek kemenarikan judul, kesesuaian, ejaan, dan diksi yang digunakan; penulisan pendahuluan pada aspek kesesuaian pendahuluan, keruntutan, kelengkapan, ejaan, tanda baca, diksi, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu; penulisan pembahasan pada aspek kesesuaian pembahasan, keruntutan, kelengkapan, ejaan, tanda baca, diksi, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu; penulisan penutup pada aspek kesesuaian penutup, kelengkapan, ejaan, tanda baca, diksi, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu; dan penulisan daftar pustaka pada aspek ejaan daftar pustaka, tanda baca, kesesuaian, dan kelengkapan daftar pustaka. Semua itu terjadi karena strategi pembelajaran selama ini kurang bervariasi dan masih banyak pengajar yang menggunakan teknik konvensional yang lebih mementingkan hasil akhir penulisan dari pada proses menghasilkan sebuah tulisan ilmiah yang berkualitas.
Menulis seperti itu bisa dilakukan dengan cara menulis terus-menerus. Cara nalar dan perolehan bahan bacaan yang banyak menentukan kandungan isi tulisan (Kellog, 2008, hal. 2). Artikel ilmiah adalah karya cipta yang di dalamnya mengandung topik yang berkaitan dengan tugas perkuliahan bagi mahasiswa yang diperesentasikan dalam kegiatan seminar atau lokakarya (Sudarmanto, 2007, hal. 237).
METODE PENELITIAN
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Semua fakta, baik secara lisan, tulisan, dan nilai-nilai yang berasal dari sumber data manusia yang diamati, dicatat, didokumentasikan, dan dideskripsikan kemudian dikaji untuk menemukan makna temuan penelitian yang diperoleh. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti ingin mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis judul, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka artikel ilmiah mahasiswa dengan penerapan strategi mind mapping. Pembuatan mind mapping dapat diselesaikan satu kali pertemuan. Pertemuan berikutnya dituangkan menjadi artikel ilmiah. Artikel ilmiah dapat diselesaikan dalam dua kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar mahasiswa secara individual berupa artikel ilmiah. Mahasiswa yang dimaksud adalah mahasiswa IIB pengambil matakuliah Membaca Pemahaman, Prodi Pendidikan dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Iilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Mahasiswa tersebut berjumlah 53 mahasiswa. Peneliti menggunakan instrumen penjaring data. Instrumen penjaring data menjadi indikator dalam permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif.
PEMBAHASAN
A. Kemampuan mahasiswa dalam menulis Artikel Ilmiah pada Aspek Judul
Kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan judul menunjukkan kemenarikan, judul dengan isi sesuai, penulisan ejaan sesuai, dan diksi sesuai, menunjukkan isi artikel, makna khusus.
B. Kemampuan mahasiswa dalam menulis Artikel Ilmiah pada Aspek Pendahuluan
Kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan pendahuan menunjukkan kelengkapan isi, isi sesuai, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, dan paragraf padu.
C. Kemampuan mahasiswa dalam Menulis Artikel Ilmiah pada Aspek Pembahasan
Kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan pembahasan menunjukkan kelengkapan substansi permasalahan, urgensi masalah dengan isi sesuai, gagasan sudah runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu
D. Kemampuan mahasiswa dalam menulis Artikel Ilmiah pada Aspek Kesimpulan
Kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan kesimpulan menunjukkan bahwa substansi permasalahan lengkap, isi dengan intisari permasalahan sesuai, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, kohesi, dan koherensi.
E. Kemampuan mahasiswa dalam menulis Artikel Ilmiah pada Aspek Daftar Pustaka
Kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan daftar pustaka meningkat.
4. KESIMPULAN
Kemampuan mahasiswa dalam menulis judul artikel, pendahuluan artikel, pembahasan artikel, penutup artikel, dan daftar pustaka artikel dengan penerapan strategi mind mapping meningkat. Berikut penjabaran selengkapnya. Pertama, penulisan judul menunjukkan kemenarikan, judul dengan isi sesuai, penulisan ejaan sesuai, dan diksi tepat, isi artikel sesuai, dan bermakna khusus sesuai tema. Kedua, penulisan pendahuluan lengkap, isi sesuai, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah sesuai, dan paragraf sudah padu. Ketiga, penulisan pembahasan menunjukkan kelengkapan substansi permasalahan, kesesuaian antara urgensi masalah dengan isi, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, dan paragraf sudah padu. Keempat, penulisan kesimpulan menunjukkan kelengkapan sesuai substansi permasalahan, kesesuaian isi dengan intisari permasalahan, gagasan runtut, penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, diksi sesuai, kalimat sudah efektif, kohesi, dan koherensi. Kelima, penulisan daftar pustaka menunjukkan penulisan ejaan sesuai, penulisan tanda baca sesuai, penulisan daftar pustaka sesuai pedoman, dan unsur penulisan daftar pustaka lengkapan.
DAFTAR RUJUKAN
Abdurrahman, A. (2000). Quantum Leaming: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa. Adnan, Z. (2005 ). Merebut Hati Audiens Intemasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Bermawy, & dkk (Penyunt.). (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pusaka Insan Madani. Blumner, J. (2008). Beyond the Reactive: WAC Programs and the Steps Ahead dalam Joumal on Writing Across the Curriculum. Michigan, USA: University of Michigan. Haryanto, & dkk. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta: Buku Kedokteran EGC. Indriati, E. (2006). Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Kellog, R. (2008). Training Writing Skills: A Cognitive Developmental Perspective Journal of Writing Research. . USA: Department of Psychology, Saint Louis University. Musaffak dan Fida Pangesti. Penerapan Strategi Minp Mapping... Halaman 197–207 Jurnal Belajar Bahasa, ISSN 2502-5864, E-ISSN 2503-0329 Volume 3, No. 2, September 2018 207 Nasucha, Y., Rohmadi, M., Wahyudi, A., & Kusumawati, Y. (2009). Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Mata Kuliah Wajib Pengembangan Kepribadian. Yogyakarta: Media Perkasa. Sudarmanto, Y. (Penyunt.). (2007). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Keprbadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo. Supadi, d. (2007). Fokus Menyelesaikan Soal-soal Ujian Nasional SMP. Jakarta: PT Kawan Pustaka. Susi, P. (Penyunt.). (2010). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia. Tim Dosen UM. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.