STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL MELALUI BRAND AMBASSADOR PADA CAKEKINIAN
STRATEGI MEDIA
Tugas Individu
Oleh :
Abd. Wahid ibrahim
( 291418057 )
Judul Jurnal ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL MELALUI BRAND AMBASSADOR PADA CAKEKINIAN
Judul STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL
Volume Vol 7, No 2
Tahun 2018
Penulis Dea Widya Firmansyah
Reviewer Abd. Wahid ibrahim
Tanggal Terbit Jurnal -
v Latar Belakang
Persaingan bisnis dan ekonomi di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini sesuai dengan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Indonesia yang mengatakan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) Indonesia pada triwulan I-2018 mengalami peningkatan sebesar 106,28 dibanding dengan triwulan IV-2017. Meningkatnya persaingan bisnis dan ekonomi tersebut ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang dipicu oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi ini dapat dilihat dengan munculnya internet di Indonesia yang perkembangannya terus meningkat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data bahwa sampai pada tahun 2017 pengguna
internet di Indonesia mencapai angka 143 juta orang, yang mana angka tersebut lebih dari 50 persen populasi di Indonesia sebanyak 262 juta orang.
Strategi pemasaran berperan penting dalam sebuah bisnis agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik. Strategi pemasaran yang paling banyak digunakan adalah dengan menerapkan
iklan. Menurut Khatri (2006), iklan merupakan hal yang penting karena iklan dapat mengatur bagaimana konsumen membeli sebuah produk. Berbagai macam jenis iklan diterapkan oleh
perusahaan baik secara visual maupun non-visual agar mendapatkan perhatian dari konsumen yang dituju. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menampilkan brand
ambassador yaitu seorang selebritas sebagai media promosi produk/layanan. Penggunaan brand ambassador dinilai cukup efektif karena dengan menggunakan brand ambassador akan
meningkatkan brand recognition dan brand recall yang berpengaruh positif terhadap intensitas pembelian (Misra & Beatty dalam Crouch, dkk. 2016).
v Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Cakekinian dengan menggunakan brand ambassador.
v Metodologi
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan penelitian pada penelitian ini adalah pemilik Cakekinian dan tiga orang konsumen Cakekinian secara acak.
v Hasil
Berdasarkan hasil penelitian, Cakekinian menggunakan Instagram dan website sebagai media komunikasi dengan konsumen. Upaya yang dilakukan Cakekinian dalam memaksimalkan media komunikasi pemasaran dan peningkatan penjualan adalah dengan menggunakan selebritas sebagai brand ambassador. Tujuan utama dari Cakekinian adalah membuktikan bahwa produk bisnis kue dengan menggunakan brand ambassador dapat bersifat sustainable serta menghasilkan profit. Cakekinian menetapkan Arief Muhammad sebagai brand ambassador. Selain menjadi brand ambassador, Cakekinian juga memposisikan Arief Muhammad sebagai pemilik agar dapat dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Dampak yang dihasilkan dari pemilihan Arief Muhammad adalah tingkat penjualan yang tinggi serta informasi tentang Cakekinian tersebar secara luas dan cepat.
v Kesimpulan
Cakekinian menetapkan pria dan wanita berumur 17 sampai 28 tahun sebagai segmen utamanya, lalu membagi target konsumen menjadi tiga aspek, yaitu demografi, pendapatan, dan geografi. Cakekinian ingin memposisikan diri sebagai brand yang selalu terkini dan mengikuti tren dalam membuat produk-produknya. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Cakekinian untuk mencapai tujuan salah satunya adalah dengan
merekrut seorang public figure yaitu Arief Muhammad sebagai brand ambassador. Tipe strategi pemasaran yang ditetapkan oleh Cakekinian adalah tipe strategi penetrasi pasar untuk meningkatkan nilai produk yang ada dengan cara penetapan harga lebih rendah dibanding pesaingnya, membuat seasonal campaign, dan meningkatkan anggaran iklan untuk meningkatkan aktivitas publisitas. Cakekinian memiliki tujuan untuk membuat bisnis yang bekerja sama dengan selebritas ini menjadi bisnis yang sustainable dan dapat berskala nasional.
v Sumber
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5907