STRATEGI MEDIA RELATIONS
- STRATEGI MEDIA
TUGAS INDIVIDUOleh :Zenita Eka Putri( 291418060 )
Carilah jurnal ilmiah tentang Teori yang berkaitan dengan Strategi Media, kemudian buatlah resumenya dengan menyertakan naskah jurnal asli.Format penulisan resume :Judul jurnal :STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK UNTUK MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN.Judul :STRATEGI MEDIA RELATIONSVolume :Vol. 8 No. 2 (November 2016) Hal : 94 - 112Tahun :2016Penulis :Farida Siti SholikhahRiviewer :Zenita Eka PutriTanggal Terbit Jurnal : -
Hasil Riview :Latar BelakangMedia Relations pada perusahaan berfungsi untuk menjalin relasi dengan media, yang berguna untuk mengetahui kondisi pasar dan juga audience. Inti kegiatan yang di lakukan oleh Public Relations adalah berkomunikasi, dikarenakan wartawan dan media massa mempunyai keterkaitan yang erat dalam kegiatan Public Relations. Percepatan arus informasi didukung dengan adanya pusat telekomunikasi. Telkom Indonesia atau Telkom Group merupakan satu – satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom menyediakan rangkaian layanan telekomunikasi seperti komunikasi seluler, sambungan telepon kabel tidak bergerak, telepon nirkabel tidak bergerak, layanan jaringan, interkoneksi serta layanan komunikasi data dan internet. Telkom Group juga menyediakan Berbagai layanan dibidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed servises, layanan IT enable dan e-Playment, e-Commerce dan layanan portal lainya yang telah melayani pelanggan telekomunikasi di Indonesia (www.telkom.co.id/tentangtelkom.2016 ).TujuanTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui strategi media relations Telkom Regional IV dalam meningkatkan citra perusahaan.MetodologiJenis metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebab pendekatan kualitatif mampu menjelaskan fenomena yang belum diketahui dan dapat memberikan rincian yang komplek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dikarenakan peneliti berusaha memaparkan strategi media relations. Dengan objek penelitian pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jateng dan DIY.HasilAnalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman, yang memiliki 3 jenis kegiatan, yaitu :Reduksi Data Adalah suatu bentuk analisis yang mempertajam, memilih, membuang, memfokuskan, menyusun data dengan suatu cara dimana suatu kesimpulan akhir dapat digambarkan. Disini peneliti memeriksa semua data yang telah diperoleh memastikan data sudah lengkap dan runtut serta membuang data yang tidak diperlukan dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga diperoleh kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.Model Data Display Adalah kumpulan informasi yang tersusun dengan pendeskripsian kesimpulan dan pengambilan tindakan. Bentuk data yang paling sering adalah teks naratif, disini peneliti telah mendapatkan informasi yang tersusun terkait dengan penelitian sehinga peneliti akan mengerti apa yang terjadi dan dapat mengerjakan suatu analisis data maupun langkah lainnya.Penarikan atau verivikasi kesimpulan dari awal pengumpulan data peneliti mulai memutuskan mengenai makna sesuatu, mencatat keteraturan, pola penjelasan, konfigurasi yang memungkinkan, serta sebab dan akibat prosisi dalam penelitian yang dilakukan. Disini peneliti mulai menarik kesimpulan dan melakukan verivikasi berdasarkan semua hal yang telah didapatkan dari reduksi dan sajian datanya untuk membuat kesimpulan (Ardianto, 2011)
KesimpulanPenelitian yang dilakukan oleh Susilo (2013) strategi media relations untuk meningkatkan citra perusahaan membuahkan publisitas, sehingga citra positif perusahaan dapat terangkat lagi dengan sering munculnya pemberitaan positif mengenai perusahaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan perusahaan. Sedangkan dalam penelitian ini strategi media relations untuk meningkatkan citra perusahaan memberikan manfaat yang membuahkan jalinan hubungan yang baik antara public relations dengan wartawan, sehingga memperlancar koordinasi antara public relations dengan wartawan dalam memberikan informasi seputar keluhan pelanggan Telkom pada ruprik surat pembaca. Koordinasi ini mampu meminimilasirkan pemberitaan negatif tentang Telkom.
NASKAH JURNAL ASLI :http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/download/2396/2587