Strategi media relations
STRATEGI MEDIATUGAS INDIVIDUO
Oleh: viska Agustiani r nani (291418070)
Carilah jurnal ilmiah tentang Teori yang berkaitan dengan Strategi Media, kemudian buatlah resumenya dengan menyertakan naskah jurnal asli.Format penulisan resume
Juduljurnal : Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya Dalam Mengelola Publisitas Di Media Massa
Judul :Strategi media relations
Volume: 4
Tahun: 2016
Penulis: Anneke Lawrencia Alim
Riviewer: viska Agustiani r nani
Tanggal Terbit Jurnal : -
Hasil Riview :
pendahuluan :
Beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak bermunculan hotel-hotel di Surabaya dan menyemarakkan kompetisi di antara hotel. Menurut Badan Pusat Statistik Provisi Jawa Timur, pada tahun 2012 terdapat 123 hotel di Surabaya, tahun 2013 terdapat 109 hotel dan pada tahun 2014 terdapat 125 hotel (http://jatim.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/291). Selain itu, menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jawa Timur pada bulan Juli 2015 mencapai 48,20 persen. Menurut klasifikasi bintang, TPK hotel bintang 4 pada bulan Juli 2015 mencapai 58,61 persen dan merupakan TPK tertinggi dibanding TPK hotel berbintang lainnya.Selanjutnya TPK bintang 5 sebesar 49,90 persen, diikuti hotel bintang 2 sebesar 47,08 persen, bintang 3 sebesar 42,04 persen, dan hotel bintang 1 sebesar 39,14
Tujuan :P
relations adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut (Cutlip, 2006, p.6). Secara umum, public relations dapat diartikan sebagai penyambung lidah perusahaan dalam hal mengadakan hubungan timbal balik dengan pihak luar dan dalam perusahaan. Tidak hanya bertugas sebagai saluran informasi dari perusahaan kepada publiknya, melainkan juga merupakan saluran informasi dari publik kepada perusahaan. Informasi yang datang dari publik merupakan opini publik sebagai umpan balik dari informasi yang diberikan oleh perusahaan. Demikian pula fungsi public relations sebagai sumber informasi, tidak hanya bagi pihak luar saja, melainkan juga merupakan sumber informasi bagi publik di dalam perusahaan, terutama bagi pimpinan perusahaanSimpulan :
Dari hasil penelitian selama kurang lebih 3 bulan di Hotel Grand Darmo Suite Surabaya, strategi media relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya dalam mengelola publisitas di media massa adalah melalui hubungan interpersonal yang dilakukan oleh Public Relations Grand Darmo Suite dengan wartawan media massa, di mana hubungan interpersonal yang dilakukan adalah melalui pendekatan secara individu (personal approach) melalui social conversation seperti WhatsApp, BBM dan Line serta melalui social media hotel maupun pribadi sepertiFacebook, Twitter, Instagram dan Path yang digunakan dalam menjalin komunikasi sehari-hari. Selain itu,hubungan personal ini juga dilakukan dalam bentuk melakukan kegiatan bersama di luar jam kerja seperti makan malam dan berlibur atau rekreasi bersama. Strategi media relations yang juga dilakukan adalah dengan rutin membuat dan mengirimkan press release ke media massa
Naskah jurnal asli :
https://media.neliti.com/media/publications/78791-ID-strategi-media-relations-hotel-grand-dar.pdf