Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan

04 February 2020 22:57:15 Dibaca : 1953

TUGAS INDIVIDU : RESUME STRATEGI MEDIA 

oleh : Mulya Pateda (291418074)

Judul Jurnal                  Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan

Judul                             Jurnal Komunikator

Volume                         Volume B Nomor 2 November 2016

Tahun                            2016

Penulis                          Farida Siti Solikhah

Reviewer                       Mulya Pateda

Tanggal Terbit Jurnal     -

 

Latar Belakang

Keberadaan Media Relations adalah untuk menjembatani fungsi antara public relations sebuah perusahaan dan media massa/ wartawan sebagai penyebar informasi dalam masyarakat. Inti dari tugas public relations adalah berkomunikasi, maka hubungan atau relasi yang baik dengan media sebagai control of society harus dijalankan dengan baik. Perusahaan Telkom sendiri sudah meraih banyak prestasi dari segi bisnis, tak hanya itu, berbagai sabetan prestasi juga berhasil mereka boyong dalam kategori citra terbaik. Namun di balik itu, Telkom pun sempat menerima berita negatif terkaitan dengan aksi protes dari pelanggan Indi home. Keberadaan berita negatif ini perlu ditangani dengan teliti karena berdampak pada tuntuhnya citra baik perusahaan yang akan berpengarug pada segi bisnis produk maupun layanan jasa perusahaan tersebut. Maka, diperlukan pengelolaan atas informasi dengan menjalin hubungan yang baik dengan media massa maupun wartawan. untuk itu, Public Relations melakukan media relations guna memperlancar publisitas dan informasi yang disebarkan media kepada khalayaknya. Telkom Divisi Regional IV dipilih sebagai objek kajian dalam penelitian jurnal ini karena berhasil menyabet penghargaan perusahaan dengan citra terbaik berdasarkan survei nasional tahun 2016. 

Tujuan 

Bagaimana strategi media relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jateng dan DIY untuk meningkatkan citra perusahaan?

Metodologi

Metode dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif sebab pendekatan kualitatif mampu menjelaskan fenomena yang belum diketahui dan dapat memaparkan wawasan mengenai sesuatu yang baru sedikit diketahui dan dapat memberikan rincian yang komplek.

Hasil

Pola koordinasi informasi di lingkup Telkom Regional IV terpandang rapih. Segala informasi yang terdapat pada Pusat Telkom Regional IV dan Witel, terlebih dahulu harus disampaikan kepada  Manajer Purel Divisi Regional IV yang selajutnya akan di sampaikan kepada media eksternal. Hal ini dilakukan untuk menyemakan image dan memeriksa kelayakan informasi yang akan dipublikasikan. 

Strategi Komunikasi Public Relations dengan Media 

Strategi yang digunakan public relations dalam proses media relations merujuk pada Teori yang dipaparkan oleh Sumirat dan Ardianto yaitu :

1) By Serving the media (melayani media), public relations menjadi mediator penghubung antara media dan sumber informasi.

2) By establishing a reputation for rebility (membangun reputasi untuk keandalan), public relations berupaya untuk meningkatkan reputasi perusahaan dengan sedikit atau tanpa distorsi. Pendekatan “mirror” ini beranggapan bahwa apa yang disiarkan media merupakan.

3) Menempatkan opini potongan di koran lokal

4) Mengirim surat ke editor koran lokal, public relations melakukan publisitas dari surat pembaca

5) Publikasi internal, laporan berkala

6) website perusahaan telkom dapat diakses semua orang

7) Menyediakan salinan yang baik 

Kesimpulan 

Dalam penelitian ini strategi media relations untuk meningkatkan citra perusahaan berhasil memberikan manfaat yang membuahkan baiknya hubungan antara public relations dengan wartawan dalam memberikan informasi seputar keluhan pelanggan Telkom pada rubrik berita pembaca. Kondisi ini mampu meminimalisir pemberitaan negatif kepada Telkom sekitar 90%. 

 

Naskah asli jurnal :

file:///D:/CAMPUS%20ASSIGMENT/SECOND%20YEAR/4rd%20SEMESTER/STRATEGI%20MEDIA/JURNAL%20MULYA.pdf

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong