Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan
TUGAS INDIVIDU : RESUME STRATEGI MEDIA
oleh : Mulya Pateda (291418074)
Judul Jurnal Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan
Judul Jurnal Komunikator
Volume Volume B Nomor 2 November 2016
Tahun 2016
Penulis Farida Siti Solikhah
Reviewer Mulya Pateda
Tanggal Terbit Jurnal -
Latar Belakang
Keberadaan Media Relations adalah untuk menjembatani fungsi antara public relations sebuah perusahaan dan media massa/ wartawan sebagai penyebar informasi dalam masyarakat. Inti dari tugas public relations adalah berkomunikasi, maka hubungan atau relasi yang baik dengan media sebagai control of society harus dijalankan dengan baik. Perusahaan Telkom sendiri sudah meraih banyak prestasi dari segi bisnis, tak hanya itu, berbagai sabetan prestasi juga berhasil mereka boyong dalam kategori citra terbaik. Namun di balik itu, Telkom pun sempat menerima berita negatif terkaitan dengan aksi protes dari pelanggan Indi home. Keberadaan berita negatif ini perlu ditangani dengan teliti karena berdampak pada tuntuhnya citra baik perusahaan yang akan berpengarug pada segi bisnis produk maupun layanan jasa perusahaan tersebut. Maka, diperlukan pengelolaan atas informasi dengan menjalin hubungan yang baik dengan media massa maupun wartawan. untuk itu, Public Relations melakukan media relations guna memperlancar publisitas dan informasi yang disebarkan media kepada khalayaknya. Telkom Divisi Regional IV dipilih sebagai objek kajian dalam penelitian jurnal ini karena berhasil menyabet penghargaan perusahaan dengan citra terbaik berdasarkan survei nasional tahun 2016.
Tujuan
Bagaimana strategi media relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jateng dan DIY untuk meningkatkan citra perusahaan?
Metodologi
Metode dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif sebab pendekatan kualitatif mampu menjelaskan fenomena yang belum diketahui dan dapat memaparkan wawasan mengenai sesuatu yang baru sedikit diketahui dan dapat memberikan rincian yang komplek.
Hasil
Pola koordinasi informasi di lingkup Telkom Regional IV terpandang rapih. Segala informasi yang terdapat pada Pusat Telkom Regional IV dan Witel, terlebih dahulu harus disampaikan kepada Manajer Purel Divisi Regional IV yang selajutnya akan di sampaikan kepada media eksternal. Hal ini dilakukan untuk menyemakan image dan memeriksa kelayakan informasi yang akan dipublikasikan.
Strategi Komunikasi Public Relations dengan Media
Strategi yang digunakan public relations dalam proses media relations merujuk pada Teori yang dipaparkan oleh Sumirat dan Ardianto yaitu :
1) By Serving the media (melayani media), public relations menjadi mediator penghubung antara media dan sumber informasi.
2) By establishing a reputation for rebility (membangun reputasi untuk keandalan), public relations berupaya untuk meningkatkan reputasi perusahaan dengan sedikit atau tanpa distorsi. Pendekatan “mirror” ini beranggapan bahwa apa yang disiarkan media merupakan.
3) Menempatkan opini potongan di koran lokal
4) Mengirim surat ke editor koran lokal, public relations melakukan publisitas dari surat pembaca
5) Publikasi internal, laporan berkala
6) website perusahaan telkom dapat diakses semua orang
7) Menyediakan salinan yang baik
Kesimpulan
Dalam penelitian ini strategi media relations untuk meningkatkan citra perusahaan berhasil memberikan manfaat yang membuahkan baiknya hubungan antara public relations dengan wartawan dalam memberikan informasi seputar keluhan pelanggan Telkom pada rubrik berita pembaca. Kondisi ini mampu meminimalisir pemberitaan negatif kepada Telkom sekitar 90%.
Naskah asli jurnal :
file:///D:/CAMPUS%20ASSIGMENT/SECOND%20YEAR/4rd%20SEMESTER/STRATEGI%20MEDIA/JURNAL%20MULYA.pdf