RESUME JURNAL ILMIAH STRATEGI MEDIA

04 February 2020 17:31:02 Dibaca : 1839

STRATEGI MEDIA

Tugas Individu

Oeh :

Nur Iman G. Maarifat

(291418095)

 

  1. Judul Jurnal              Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer                                   Melalui Media Sosial Instagram
  2. Judul                         Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial
  3. Volume                      15  NO.2
  4. Tahun                        MEI 2018
  5. Penulis                      Made Resta Handika
  6. Reviwer                     Nur Iman G. MAarifat   
  7. Tanggal Terbit           -
  •        Pendahuluan

        Globalisasi Ekonomi merupakan suatu proses aktivitas ekonomi dan perdagangan, dimana berbagai negara di seluruh dunia menjadi kekuatan pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa hambatan atau batasan teritorial negara. Globalisasi ini erat kaitannya dengan yang namanya perdagangan bebas. Semenjak adanya era globalisasi ini segalanya sudah menjadi berkembang dan luas, seperti cara produsen untuk memasarkan suatu produknya kepada konsumen. 

         Tidak heran lagi jika bisnis kuliner di Bali sedang naik daun. Tentu setiap pembisnis kuliner tidak lepas dari yang namanya strategi pemasaran yang bertujuan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis kulinernya. Dahulu untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis kulinernya membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak hanya untuk mempromosikan melalui media cetak, tetapi di jaman yang serba digital ini untuk mempromosikan suatu restoran tidaklah semahal dulu dan lebih efektif karena tidak sepenuhnya menggunakan media cetak.

         Seiring berkembangnya jaman, kemajuan teknologi sangatlah cepat, lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Data ini didukung oleh survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) yang menemukan bahwa pada tahun 2016 sebanyak 132.7 juta penduduk Indonesia telah terhubung ke internet. Jumlah ini menunjukkan kenaikan 51.8% dibandingkan jumlah pengguna internet pada tahun 2014. Kenaikan dalam jumlah besar ini dapat dimanfaatkan dalam bidang pemasaran dengan biaya promosi rendah namun dengan pencapaian luar biasa.

          Semenjak adanya teknologi ini tentu membuka mata kita bahwa jarak bukanlah sebagai penghalang lagi, lain hal dengan cara konvensional yang dahulu sangatlah ribet dan lebih banyak mengeluarkan cost untuk memasarkan. Sama halnya dengan Teknik pemasaran dengan bantuan media teknologi membuat tidak adanya batasan dari segi geografis. Semenjak masuknya teknologi ini berbagai cara baru untuk memasarkan dan memprommosikan suatu barang atau jasa sangatlah beranekaragam, seperti dengan menggunakan media sosial. Media Sosial adalah suatu grup aplikasi berbasis internet yang menggunkan ideologi dan tehnologi Web 2.0,dimana pengguna dapat membuat atau bertukar informasi pada aplikasi tersebut dan Social media memberdayakan masyarakat untuk menjadi penyebar informasi Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia yaitu facebook, twitter, Instagram, pinterst, snapchat dan lain lain.

  •      Metode Penelitian

           Jenis penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan desain penelitian Kualitatif. Populasi yang akan digunakan oleh peneliti adalah Owner The Night Market Café & Co-Working Space dan Pengunjung The Night Market Café & Co-Working Space yang sesuai dengan tujuan dan manfaat penelitian. Pertimbangan yang dimaksud berupa pemahaman terhadap masalah yang diteliti serta dianggap paling tahu mengenai hal yang peneliti harapkan. 

          Tehnik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan dari ketiganya,Secara langsung dari responden yang terpilih sebagai sampel, dimana meliputi data identitas responden.

  •      Hasil Penelitian

          Hasil dari penelitian dari sisi Owner The Night Market Café & Co-Working Space adalah informan 1 ini sudah menerapkan marketing mix dengan baik dansudah memikirkan strategi untuk jangka pendek dan jangka panjang untuk The Night Market Café & Co-Working Space kedepannya. The Night Market Café & Co-Working Spacetidak hanya menggunakan satu pendekatan, informan mengkombinasikan beberapa pendekatan baik konvensional maupun digital, dan baru-baru ini informan mulai mengembangkan strateginya lagi dengan memanfaatkan marketing mix yang dikolaboprasikan dengan dunia digital. Alhasil memberikan dampak yang sangat positif terhadap The Night Market Café & Co-Working Space, jika informan tidak melakukan strategi ini tentu The Night Market Café & Co-Working Spaceakan terkalahkan oleh jaman dan berakhir tutup. Setelah menjalankan strateegi tersebut informan mulai memaanfaatkan Influencer untuk lebih meningkatkan penjualan dan mempromosikan The Night Market Café & Co-Working Spaceke kalangan public. Influencer yang digunakan dari luar kota hingga dalam kota.

  •      Kesimpulan

         Sangat penting menggunakan media sosial terutama instagram dibandingkan dengan menggunakan cara konesional dikarenakan kemajuan teknologi saat ini. Dengan menggunakan strategi social media marketing khususnya Instagram, bisa lebih menekan cost dalam pembiyayaan marketing. 

         Influencer memberi manfaat dengan meningkatkan pemasaran di media sosial serta lebih memberikan manfaat postif dan meningkatkan pemasaran.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong