Review Jurnal Strategi Media
STRATEGI MEDIA
Tugas Individu
Oleh :
Maghfira Mirania Inaku (291418103)
1. Judul Jurnal :
STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT. PELABUHAN INDONESIA III DALAM HANDLING CRISIS PEMBERITAAN
2. Jurnal :
Jurnal Komunikasi
3. Volume :
Volume 9 No.1
4. Tahun :
2015
5. Penulis :
Agesty Sabreyna RM dan R. Bambang Moertijoso
6. Reviewer :
Maghfira Mirania Inaku
7. Tanggal terbit jurnal :
Maret 2015
Review Jurnal
Latar belakang :
Indonesia merupakan negara kepulauan yang dua pertiganya adalah wilayah perairan, dan terletak pada lokasi yang strategis karena berada di persilangan rute perdagangan dunia, sehingga peran pelabuhan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi maupun mobilitas sosial dan perdagangan di wilayah ini sangat besar. Pelabuhan menjadi faktor penting bagi pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian negara. Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III adalah badan usaha milik negara yang bergerak dalam sektor perhubungan dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab untuk mengelola Pelabuhan. Sebagai perusahaan milik negara Pelabuhan Indonesia III (Persero) berkewajiban untuk membuka informasi ke masyarakat luas dan juga untuk pembangunan yang lebih baik bagi perusahaan kedepan.Akses informasi di lingkungan Pelabuhan Indonesia III (Persero) berlangsung satu pintu melalui bidang Humas yang berada di Kantor Pusat Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya. Bagi praktisi Humas Media Relation merupakan suatu keharusan, bahwasannya humas memiliki peranan penting dalam menjalin hubungan dengan media, karena memang salah satu tugas yang dipikul seorang humas adalah mengenai wartawan
Tujuan penelitian :
Penelitian ini ditujukan untuk mengungkapkan dan menjelaskan bagaimana Strategi Media Relations dalam Handing Cisis Pemberitaan Media
Metode penelitian :
Pemberitaan media massa yang menggiring ke arah sisi negatif harus diseimbangkan. Hal yang dapat dilakukan adalahmempengaruhi pola fikirmasyarakat bahwa krisis tidak selalu memiliki sisi negatif, tetapi juga sisi positif. Humas Pelindo dalam mengatasi crisis pemberitaan media pasca krisis yaitu :
Ø Identifikasi
Humas di Pelindo III setiap hari melakukan monitoring pemberitaan media, monitoring pemberitaan media ada dua yakni media cetak maupun online.Untuk monitoring pemberitaan dari media cetak, pemberitaan tersebut dikelompokan dalam tabel rekapirulasi berita.
Ø Analisis
Semua pemberitaan mengenai Pelindo III (persero) terkontrol dengan baik, bila terjadi sebuah pemberitaan yang negatif maka pihak humas Pelindo III (Persero) melihat sebuah pemberitaan itu di lihat dari kreadibilitas sebuah media tersebut, cara penulisan sebuah pemberitaan, dan efek pemberitaannya. Untuk mengetahui kredibilitas suatu media, media online lebih banyak diragukan dari sisi kredibilitas mengingat orang yang tidak memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang memadai pun bisa mempublikasikan informasinya.
Ø Merespon Media
Penggunaan media massa merupakan salah satu strategi yang dianggap paling efektif untuk membantu melakukan tugas public relations dalam menjangkau masyarakat luas.
Hasil penelitian :
Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Humas Pelindo III (Persero) recovery pacsa krisis yakni dengan melakukan kegiatan :
Ø Konfrensi Pers
Konfrensi ini diadakan dengan tujuan untuk melakukan klarifikasi atau untuk memperbaiki citra perusahaan yang sempat rusak.
Ø Electronic Communication
Dengan perkembangan teknologi komunikasi ini, kegiatan media relations bisa dilakukan dengan menggunakan media elektronik, termasuk internet. kegiatan media relations dilakukan dengan pemanfaatan teknologi seperti website corporate dan Pengelolaan korespondensi surat elektronik. Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.
Ø Talkshow di Televisi dan Radio
Kegiatan ini dimaksudkan media massamenginterview langsung kepada narasumber yang berkaitan, untuk membahas suatu topik atau permasalahan yang sedang hangat dibicarakan oleh public
Kesimpulan :
Setelah melakukan penelitian pada Humas PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) kantor Pusat Surabaya mengenai Strategi Media Relations dalam Handling Crisis Pemberitaan Media, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pemberitaan negatif yang di muat di media massa mengenahiPelindo III (Persero) tidak semua termasuk dalam kategori krisis pemberitaan. Krisis pemberitaan mengenai Pelindo III (Persero) terjadi jika issue tersebut meluas masuk pemberitaan media nasional. Dan dalam menangani suatu pemberitaan maka Humas Pelindo III (Persero) harus melakukan beberapa tahapan yakni: Identifikasi, Analisis, dan Merespon Media. Melakukan kegiatan Media Relations menjadi suatu hal yang sangat penting, karena strategi tidak akan memiliki arti apabila Humas tersebut tidak melakukan kegiatan media relations.
Sumber :
https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1152/975