KETIDAKADILAN GENDER TERHADAP PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN

07 February 2020 19:29:37 Dibaca : 707

Gender adalah serangkaian karakteristik yang terikat kepada dan membedakan maskulinitas dan femininitas. Karakeristik tersebut dapat mencakup jenis kelamin, hal yang ditentukan berdasarkan jenis kelamin, atau identitas gender. 

Meski tidak tercacat oleh sejarah peran perempuan Indonesia tidak perlu di pertanyakan lagi dan beberapa nama yang sudah kita ketahui atau tokoh-tokoh yang sudah memperjuangkan seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Rara Gusik, Cut Muetia. Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh dalam memperjuangkan pergerakan perempuan. Mendengar nama Raden Adjeng Kartini atau yang dikenal dengan nama Raden Ayu Kartini, adalah seorang tokoh pahlawan yang berasal dari tanah jawa dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi. Di mana seorang wanita pribumi juga bisa berpikiran maju, berpendidikan dan tidak terikat akan adat jawa.

Seperti apa yang saya alami di sekitar lingkungan banyak sekali yang mengatakan " Perempuan tidak perlu pendidikan" adalah sebuah kata yang menekankan " Ibu rumah tangga" di mana perempuan tak perlu duduk dibangku pendidikan semuanya akan kembali menjadi ibu rumah tangga, seakan-akan perempuan tidak mempunyai hak kebebasan berpikir atas dirinya sendiri. Dan saya harap dengan dunia yang semakin maju tidak ada lagi permasalahan pendidikan perempuan. 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong