ILMU KOMUNIKASI KERJA APA?

06 August 2021 01:44:09 Dibaca : 33

   Jurusan Ilmu Komunikasi adalah prodi yang mempelajari tentang bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat sampai kepada sasaran yang dituju. Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, media, dan lain sebagainya.

   Ilmu Komunikasi sendiri merupakan pohon dari beberapa ilmu turunannya seperti Jurnalistik, Public Relation, Komunikasi Pemasaran, Advertising, Penyiaran, Performing Arts Communication, dan sebagainya.  

 "Jurusan Ilmu Komunikasi bisa kerja apa?" , "Oh Ilmu Komunikasi modal ngomong doang?" . Pertanyaan dan pernyataan ini sering terdengar di telinga Mahasiswa - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

   Bidang ilmu jurusan Ilmu Komunikasi sangat luas dan pesatnya perkembangan media di Indonesia, maka peluang karier bagi para lulusannya pun sangat terbuka lebar. Salah satu lapangan kerja utama bagi lulusan Komunikasi adalah media, baik itu di media cetak, elektronik, atau online. Di Prodi Ilmu Komunikasi biasanya masih terbagi menjadi beberapa konsentrasi lain. Berikut ini prospek kerja Ilmu Komunikasi :

1. Broadcasting

Broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Karirnya antara lain ; Produser program TV/Radio, Content creator media online, Videografer, Youtuber, Film maker, Sutradara, Penulis skenario.

2. Public Relations

PR atau dalam bahasa Indonesianya adalah Hubungan Masyarakat (Humas) adalah salah satu profesi yang pupuler dan menjanjikan di masa sekarang ini. Karirnya antara lain ; Hubungan masyarakat (humas) atau Public Relation Officer Marketing public relations ,Humas pemerintahan.

3. Media dan Jurnalisme

Jurnalistik adalah hal yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran dan seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan dan persuratkabara, banyak yang kerja sebagai ;

Jurnalis atau wartawan, Reporter atau penyiar TV/radio, Jurnalis online, Analis media, Peneliti media, Fotografer, Wartawan media online.

4. Periklanan/ Advertising

Studi Periklanan (Advertising) mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan. Adapun prospek kerja di industri periklanan sebagai ;

Copy writer, Designer grafis, Media planner, Account executive

5. Media Kreatif

Ketika lulus kuliah dari konsentrasi ini, maka prospek kerja ilmu komunikasi dari media kreatif bisa menjadi ;

Content creator media digital, Entrepreneur media digital, Produser program TV, Film maker   

   Selain itu, lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi PNS. Sebab, banyak instansi pemerintah pusat atau daerah yang membuka lowongannya untuk sarjana Ilmu Komunikasi

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong