sabar

22 March 2013 15:14:59 Dibaca : 3656

Hai kawan semaua, semoga kalian baik-baik saja. Hari ini saya akan berbagi sesuatu yang aku ketahui kepada kalian semoga bermanfaat untuk kita semua. Saya akan menceritakan tentang pentingnya sabar dalam kehidupan.

Sabar dapat kita artikan dengan “menahan”, dari kata ini kita memaknai bahwa sabar adalah upaya untuk mejauhkan diri dari sesuatu atau meninggalkan segala sesuatu yang tidak baik untuk mendapatkan ridho allah SWT. Jika kita lihat dalam alquran kata sabar itu sangatlah banyak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan. Hal tersebut tidak jadi mengherankan bagi kita, karena sabar merupakan poros sekaligus asas segala macam kemuliaan ahlak.

Bahkan Muhammad Al Khudhairi mengatakan “saat kita ingin menelusuri kebaikan dan keutamaan maka kita akan menemukan bahwa sabar selalu menjadi asas dan landasannya”. Allah berfirman dalam surah al baqarah ayat 155 yang artinya “hai orang yang beriman jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar”. Dari ayat tersebut kita mengambil suatu makna bahwa jika kita ingin mencapai suatu kesuksesan maka kita harus sabar. Jadi mekanisme sabar adalah menjadikan hati kita besih dari prasnagka yang tidak baik, membuat kita akan selalu berfikir dengan positif, dan menjadikan kemenangan bagi kita atas dorongan tipu daya setan. Semoga allah selalu membimbing kita kejalan yang lurus. Amin.....