Manfaat Software (Program IT)

21 March 2013 16:50:29 Dibaca : 501

Software atau sebagian orang mengenalnya yaitu perangkat lunak merupakan sesuatu yang hanya bisa kita rasakan kehadirannya ataupun manfaatnya tanpa kita bisa memegangnya, tapi kita bisa mengoperasikannya. Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free.

Software (perangkat lunak) merupakan sekumpulan program komputer yang berguna untuk menjalankan dan menunjang suatu pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Suatu program biasanya ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman khusus yang bisa didefinisikan oleh komputer. Secara garis besar software terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket, dan bahasa pemrograman.

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh, seperti program aplikasi bisa membantu kita dalam pengerjaan tugas-tugas kuliah contohnya adalah mapinfo, global mapper, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ataupun bisa memberikan kita hiburan dikala kita membutuhkan suatu hiburan seperti winamp, Jet audio, permainan (games), dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Trend penggunaan media komunikasi online mulai meningkat di akhir tahun 90an. Media komunikasi online menjadi salah satu alternative untuk berkomunikasi yang sangat fleksibel dan bervariasi. Jika dulu anda mendapat kesulitan untuk menelepon keluar negeri karena sangat mahal tarifnya, kini dengan video call, video chat dan sejenisnya anda bisa berhemat lebih banyak. Bukan hanya itu, sumbangsih dunia komunikasi online atau lebih spesifik produk IT terasa sekali manfaatnya disemua lini usaha maupun kehidupan secara umum. Dan secara jujur ini juga sangat membantu dalam bidang pendidikan praktis maupun pendidikan umum di sekolah yang merupakan lini kehidupan yang secara tidak langsung menentukan masa depan kita secara umum.

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu aspek pendukung suksesnya sebuah proses pendidikan. Jika anda mempunyai seorang murid yang sangat berbakat dan cerdas namun karena minimnya sarana dan prasarana pendukung maka bisa jadi bakat dan potensi anak tersebut tidak bisa digali dengan maksimal. Dengan berkembangnya software aplikasi yang beragam dan berguna unruk berbagai bidang maka bidang pendidikan juga mendapat manfaatnya khususnya dalam penyediaan media belajar dan sumber belajar. Media pembelajaran sebagai fasilitas untuk mendukung pemahaman siswa terhadap materi belajar yang sedang diterangkan oleh guru. Dengan adanya media pendukung misalnya dari internet maka siswa bisa langsung mempelajari beberapa hal baru yang mungkin tidak bisa ditemuinya di kehidupan sehari-hari. Selain itu, sekarang juga sudah marak software aplikasi khusus untuk dunia pendidikan yang bersifat edukatif dan menarik. Software ini banyak memberi peluang pada berkembangnya potensi siswa dalam pembelajaran bahasa misalnya. Dalam perkembangannya beberapa sekolah bisnis juga mempunyai software khusus untuk belajar bertransaksi atau melakukan kegiatan bisnis secara online.

Dengan semakin majunya bidang teknologi maka semakin banyak pula pilihan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Ada juga bentuk game yang digunakan untuk simulasi bisnis perusahaan keluarga. Dengan game atau software ini user bisa bermain role play seakan mereka sedang memainkan peran sebagai manager atau CEO sebuah perusahaan garment milik keluarga mereka. Meski juga ada banyak hal negatif yang bisa timbul dari media komunikasi online tetapi manfaatnya tetap lebih besar asal digunakan dengan benar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong