MANAJEMEN HIDUP

26 February 2013 14:39:30 Dibaca : 90

Dalam sebuah pendidikan mungkin kita sering mendengar kata “manajemen” seperti manajemen pendidikan atau manejemen ekonomi dan manajemen-manajemen lainnya. Tapi, perlu kita ketahui dalam kehidupan kita juga memiliki sebuah manjemen yang di sebut dengan “Manajemen Hidup”.

Dalam tulisan saya kali ini, saya menuliskan tentang “manejemen hidup” yang saya dapatkan ketika mengikuti program di asrama bidik misi yang di sampaikan oleh Bapak Udin Hamim.

Manajemen hidup merupakan langkah awal untuk mencapai sebuah kesuksesan yang kita inginkan. Manajemen hidup ini dapat kita lakukan dengan banyak cara dan langkah-langkah yang harus kita lakukan.

Manajemen hidup harus memiliki kualitas. Ada 4 kualitas dalam manajemen hidup, yaitu kepercayaaan, manejemen diri, tanggung jawab dan kejujuran. Empat kualitas ini jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh maka apa yang kita inginkan bisa tercapai.

Kepercayaan

Kepercayaan ialah satu hal yang perlu ada dalam manajemen hidup yang mengantarkan kita kepada keyakinan. Dengan keyakinan kita bisa melakukan segala sesuatunya tanpa rasa ragu dan bimbang. Selain dari pada itu, kepercayaan juga dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan orang-orang di sekitar kita. kepercayaan akan menciptakan manajemen hidup yang ideal.

Manajemen diri

Memanage diri atau mengatur diri merupakan manajemen hidup. Karena jika kita mampu memanege diri kita maka dengan mudah apa yang akan kita lakukan lebih terarah dan lebih terencana dengan maksimal. Memanage diri dengan memiliki perencanaan/planning terlebih dahulu dengan jadwal waktu yang telah kita rencanakan.

Tanggungjawab
tanggung jawab memiliki peran penting dalam sebuah kehidupan, dengan tanggung jawab setiap orang belajar menghargai dan belajar untuk tidak lepas tangan terhadap segala hal. Rasa tanggung jawab akan membuat hidup kita lebih terarah dalam melaksanakan sesuatu, membuat kita lebih mudah dalam setiap mengambil langkah, karena dengan rasa tanggung jawab kita meyakini satu hal dapat kita selesaikan.

Kejujuran

Kejujuran tidak hanya mendasar pada perkataan, namun juga perilaku. Kejujuran akan membuat orang lain di sekitar kita mempercayai kita. Dengan kejujuran pula, setiap hal yang kita lakukan akan menjadi lebih mudah karena akan selalu ada jalan apabila segala sesuatunya dilakukan dengan jujur, hidup akan lebih teratur, dan meringankan beban fikiran kita pada nantinya. Kejujuran tidak hanya kita lakukaan kepada orang lain, tapi belajarlah jujur terhadap diri kita sendiri.

kemudian dari beberapa sikap di atas merupakan kualitas dalam manajemen hidup, sikap sabar, tidak sombong dan rendah hati juga dapat di jadikan sebagai pelengkap beberapa sikap yang telah di sebutkan di atas. Sehingga, dapat membentuk pribadi yang berkarakter. Karena sesorang yang memiliki karakter dengan mudah bisa mencapai sebuah kesuksesan.

Kunci kesuksesan :

  1. Dekatkanlah diri kepada Allah swt.
  2. Taat kepada orangtua
  3. Hubungan baik terhadap sesama manusia.

Satu pesan yang dapat di ambil dari kesimpulan diatas adalah “lebih baik miskin harta dari pada miskin ilmu”

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong