RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

19 May 2015 12:07:09 Dibaca : 2282

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS VII SEMESTER I
KD 1.1, 2.1, 3.2, 4.2

DISUSUN OLEH:
1. DWI NOVITASSARI BARUWADI - 321 413 029
2. FAISAL SALEH - 321 413 115
3. MUHAMMAD REZKO S TONTOIYO - 321 413 075
4. NOVITYA FEBRIYANTY NANI - 321 413 162
5. WIWIN PASISINGI - 321 413 014

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Introducing Myself
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C. Indikator Pembelajaran

1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introduction my self.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introduction my self dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

D. Materi Pembelajaran

• Fungsi sosial :
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman.

• Struktur teks :
Myname is …, I’m …, I live in … ,What’s your name?, Where do you come from?

• Unsur kebahasaan :
 Kosa kata : name, old, live, favorite, spell
 Tata bahasa : to be (is , am , are)
 kata ganti : I, he, she, they
 kata ganti kepunyaan : my, your,his, their
 ucapan
 tekanan kata
 intonasi.

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (5 menit)
1. Salam
2. Doa
3. Mengecek kehadiran
4. Apersepsi
5. Menyampaikan KD dan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan didalam kelas.
2. Kegiatan inti
1. Mengamati :
• Peserta didik memperhatikan pemodelan tentang perkenalan yang dimodelkan langsung oleh guru
2. Menanyakan :
• Guru memberikan pertanyaan kepada siswa menyangkut pemodelan dari perkenalan diri (name, adress, religion, etc)
• Peserta menjawab beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh guru
• Peserta didik saling bertanya yang berkaitan dengan topik dengan bimbingan guru
3. Mengumpulkan informasi :
• Pesera didik mencermati dan mencatat penjelasan guru tentang konsep-konsep (yang berkaitan dengan topik introducing myself)
• Mengidentifikasi kosakata yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
• Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentu bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
4. Mengasosiasi
• Menyusun percakapan tentang perkenalan diri secara benar kemudian mendemonstrasikan.
5. Mengkomunikasikan
• Peserta didik melaksanakan diskusi tentang tugas.
• Melaporkan atau menyapaikan tentang hasil pekerjaannya kepada guru atau teman.
• Sesama teman atau guru memberikan umpan balik hasil pekerjaan.

3. Penutup
1. Melaksanakan refleksi pembelajaran
2. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang topik introducing myself.
3. Melaksanakan remedial dan pengayaan (tugas rumah).
4. Menutup pembelajaran dengan berdoa

F. Penilaian

1. Penilaian sikap
Indikator pencapaian pembelajaran Bentuk penilaian observasi Teknik penilaian Instrumen/soal
Melakukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
Observasi Lembar observasi Terlampir

2. Penilaian pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
1. Mengidentifikasi kosa kata yang terkait dengan topik pemaparan jati diri secara individual dengan memperhatikan unsur kebahasaan

2. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self. Lisan

Tulisan Short answer, dan performance.

Various Answer • Listen to your teacher and repeat after him/her
• Please practice with your classmates using the expressions below

Let me introduce myself use the clues below

3. Penilaian keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Mempraktekkan cara memeperkenalkan diri secara benar sesuai topic introducing myself dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, danunsur kebahasaan. Lisan Performance Now, please introduce yourself in front of the class.

G. Media/alat, Sumber belajar :
Media : Gambar, lembar kerja siswa, power point, video
Alat : pulpen, spidol, pensil, karton, laptop
Sumber belajar : laboratorium, buku, pemodelan,

MATERI PEMBELAJARAN
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pembelajaran

1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introduction myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introduction myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

Penyajian Materi
1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri.
Fungsi sosial : memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan dengan guru dan teman.
Struktur teks :
Hello, what is your name? (guru, diikuti siswa)
My name is Eko
Where do you come from?
I come from Swiss
Unsur kebahasaan :
 Kosakata
 Tata bahasa : be (am, is, are)
Kata ganti : I, she, they, you, it, he
Kata ganti kepunyaan : my, her, your, his, their, our
2. Mengidentifikasi kosakata dalam memperkenalkan diri.
Model A
Hello, my name is Edo.
I am twelve years old.
I am a student of SMP Negeri 2 Biak.
I live in Biak, Papua.
I like swimming and reading books.
My favorite collor is green.
My favorite food is fried rice.
Nice to met you.

Model B
Video Introduce Yourself – Easy English Conversation Practice – ESP
https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q

Woman A : Hello! My name is Nancy
What’s your name?
Woman B : Hello! I’m a teacher.
What do you do?
Man A : Hello! I like golfing.
What do you like doing?
Woman C : Hello! I enjoy meeting new people.
Do like meeting new people?
Man B : Hello! I like reading books.
What kind of books do you like?
Man C : Hello! I’m a clown in my free-time.
What do you do in your free time?

Model C

Model D

Referensi :
• Buku Siswa Bahasa Inggris, When English Rings a Bell SMP/MTS kelas VII
• https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
• Kreasi sendiri

LEMBAR KERJA SISWA
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pembelajaran

1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introducing myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

Penyajian Utama
Activity 1

Activity 2

Activity 3

Activity 4
Listen to your teacher reading the text and fill out the missing words/phrases!

Activity 5

Activity 6
Video Introduce Yourself – Easy English Conversation Practice – ESP
https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q

Activity 7

Activity 8

Kunci Jawaban
Activity 1 : listening and speaking form (repeat words)
Activity 2 : various answer
Activity 3 : group performance
Activity 4 : 1. last name
2. nickname
3. play the violin
4. older than
5. monk
6. housewife
7. favorite
8. subject
9. painting
10. best people
Activity 5 : various answer
Activity 6 : various answer based on performance
Activity 7 : pairs performance
Activity 8 : individual performance

Sumber:
Activity 1, 2, 3, 5 7 : When English Rings a Bell VII (Buku Siswa)
Activity 4 : Own creation
Activity 6 : https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
Activity 8 : Own creation

PENILAIAN
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.4 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator Pembelajaran

1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introducing myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.

A. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Dasar:
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Melakukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
Observasi Lembar pengamatan Terlampir

• Kriteria Penilaian Aspek Sikap
NO Butir Sikap Nilai
1. Jujur 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
2. Berani 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
3. Percaya diri 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
4. Berkomunikasi dengan baik 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
5. Kerja sama 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
6. Peduli sosial 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah

• Rubrik penilaian:
No Nama Item Penilaian
Jujur Berani Percaya Diri Berkomunikasi dengan Baik Kerja Sama Peduli Sosial

• Pedoman Penilaian

Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal
2. Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
1. Mengidentifikasi kosa kata yang terkait dengan topik pemaparan jati diri secara individual dengan memperhatikan unsur kebahasaan

2. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self. Lisan

Tulisan Short answer, dan performance.

Various Answer • Listen to your teacher and repeat after him/her
• Please practice with your classmates using the expressions below
• Let me introduce myself use the clues below

• Kriteria Penilaian Aspek Pengetahuan
NO Butir Sikap Nilai
1. Kosakata (vocabulary) 5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
2. Kelancaran (fluency) 5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancer
3. Pengucapan (pronunciation) 5 = hampir sempurna
4 = ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
4. Intonasi (Intonation) 5 = hampir sempurna
4 = ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
5. Pilihan Kata (diction) 5 = sangat tepat
4 = tepat
3 = cukup tepat
2 = kurang tepat
1 = tidak tepat
6. Pemahaman (understanding) 5 = sangat paham
4 = paham
3 = cukup paham
2 = kurang paham
1 = tidak paham
• Rubrik penilaian:
No Nama Item Penilaian
Kosakata Kelancaran Pengucapan Intonasi Pilihan Kata Pemahaman

• Pedoman Penilaian

Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal

3. Aspek Penilaian Keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Mempraktekkan cara memeperkenalkan diri secara benar sesuai topic introducing myself dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, danunsur kebahasaan. Lisan Performance Now, please introduce yourself in front of the class.

• Kriteria Penilaian Aspek Pengetahuan
NO Butir Sikap Nilai
1. Tujuan Komunikatif 5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
2. Pilihan Kosakata 5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
3. Pilihan Tata Bahasa 5 = sangat tepat
4 = tepat
3 = cukup tepat
2 = kurang tepat
1 = tidak tepat
• Rubrik Penilaian
No Nama Item Penilaian
Tujuan Komunikatif Pilihan Kosakata Pilihan Tata Bahasa

• Pedoman Penilaian

Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal