Cara Menghadapi Ujian Nasional

19 February 2013 12:22:45 Dibaca : 11

Membahas tentang ujian nasional para siswa pasti akan berpikir tentang bagaimana nasib mereka akan lulus atau tidak. Mereka akan gugup saat menjalani ujian pertama.
Maka dari itu untuk menyelesaikan masalah tersebut kita mengambil upaya sebagai berikut :
a. Jauh sebelum melaksanakan ujian para siswa hendaknya membuat rangkuman dari materi yang telah diberikan oleh guru, karena dengan menulis materi tersebut secara tidak langsung kita sudah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

b. Untuk yang suka dengan gambar-gambar, bisa membuat rangkuman materi dalam bentuk gambar, sesuai kreasi masing-masing yang penting bisa dimengerti.

c. Sehari sebelum melaksanakan ujian, disarankan agar melihat ruangan yang akan dipakai untuk ujian, dimana tempat duduk yang akan ditempati, dan memperhatikan tiap sudut ruangan meskipun itu adalah kelas yang biasa di tempati, agar saat ujian tidak terganggu karena merasa asing dengan ruangan tersebut.

d. Sehari sebelum ujian harus mempersiapkan segala keperluan untuk ujian, seperti pensil, mistar, tanda pengenal, penghapus, dan jam tangan.

e. Mempelajari kembali rangkuman materi yang telah dibuat.

f. Jika ingin belajar kembali sebelum ujian jangan membuka catatan jika semalam belajar melalui rangkuman atau gambar karena itu bisa membuat pikiran kacau.

g. Bersikaplah tenang saat ujian, yakinlah kalau anda bisa menjawab pertanyaan tersebut.

h. Jika tetap merasa gugup saat ujian, pergilah ke kamar mandi dan bercermin, katakan pada diri sendiri “aku pasti bisa”.

i. Jangan lupa berdo’a sebelum dan sesudah ujian ujian.

j. Sisakan waktu untuk memeriksa kembali jawaban yang sudah diyakini.

k. Jika pengawas ujian sudah mengatakan waktu yang tersisa, jangan takut, tetaplah tenang, yakinlah kalau anda bisa menaklukan waktu yang tersisa.

 

selamat mencoba:)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll