PEMBINAAN KARAKTER ANAK USIA DINI

19 February 2013 12:25:15 Dibaca : 18

Pembinaan karakter bagi para anak-anak maupun orang dewasa sangatlah perlu, karena dengan adanya pembinaan karakter kita mampu membina atau memperbaiki sikap yang seharusnya diperbaiki. Pembinaan karakter saat ini sangat tidak disukai oleh kebanyakan anak, karena mereka menganggap selalu saja diatur-atur oleh pihak-pihak tertentu. Pada hakikatnya, anak-anak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kehidupannya, baik untuk meningkatkan pengetahuan, maupun untuk pengembangan kepribadian dan ketrampilannya. Untuk meningkatkan kehidupannya itu, anak-anak akan selalu berusaha mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Usaha yang dilakukan itu disebut dengan pendidikan. Pendidikan merupakan suatu usaha yang disadari untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia yang dilaksanakan di dalam maupun di luar.

Pembinaan karakter seharusnya di terapkan lebih awal dalam lingkungan keluarga, karena jika tidak di terapkan lebih awal maka dalam lingkungan hidupnya akan sangat tidak terarah. Lingkungan pertama yang dia kenali yaitu keluarga, dalam masa tumbuh setiap anak peran keluargalah yang menentukan perlu memiliki sebuah ketrampilan untuk mengetahui bakat serta karakter yang dimiliki setiap anak. Tingkat kecerdasan yang dia miliki saat dia masih anak-anak sangatlah kurang sehingga dibutuhkan peran keluarga dalam meningkatkan kecerdasan serta ketrampilan yang dimiliki oleh setiap anak. Orang tua hanya berperan dalam tumbuh kembang anak saat dia berada dalam lingkungan keluarga, ketika dia berada di lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat maka dia akan mendapatkan pendidikan karakter yang baru dari lingkungan tersebut, tergantung apa yang dipelajari dan apa yang diketahui.

Pendidikan karakter yang anak dapatkan di sekolah sangatlah berpengaruh pada tenaga pendidik/guru, jika anak tidak mendapatkan pendidikan karakter yang baik dari lingkungan sekolah maka karakter/sifat yang dia miliki akan menjadi buruk, sehingga akan terbawa hingga dia dewasa nanti. Dalam lingkungan sekolah perlu adanya bimbingan-bimbingan yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembang seorang anak. Maka dari itu karakter serta ketrampilan dari seseorang anak perlu diasah ketika dia berusia dini, jika tidak, sangat sulit mengubah kebiasaan buruk dalam diri jika memiliki tempramen yang sangat kurang. Maka tenaga pendidik, orang tua, lingkungan sekitar dan masyarakat sangat berpengaruh dalam membangun karakter seorang anak.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll