Fasilitas Kampus UNG

19 September 2020 00:09:39 Dibaca : 13

Universitas Gorontalo kampus yang berakreditas A sejak 2018 ini memiliki sarana dan prasarana yang bisa mendukung kegiatan di kampus. Misalnya perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga atau gelanggang tempat berkumpul mahasiswa. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa kita temukan hampir di semua universitas. Tapi ada juga lho, kampus dengan sarana yang tidak biasa. Seperti di Universitas Negeri Gorontalo yang memiliki hotel kelas bintang empat serta fasilitas seru lainnya, sebagai berikut:

Hotel DamhilUniversitas yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Gorontalo ini memiliki hotel bernama Hotel Damhil. Letaknya masih di dalam kawasan kampus, tepatnya di Jalan Ir. H. Joesoef Dalie. Di sini, terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para tamu. Antara lain gedung pertemuan (convention center) yang berkapasitas 600 orang.

Tempat ini biasanya digunakan pihak kampus saat mengadakan acara besar. Mahasiswa seperti kamu juga bisa memanfaatkannya lho. Misalnya sebagai lokasi pengadaan simposium, seminar, atau kegiataan jenis yang mengundang kehadiran banyak orang.

Di luar fungsinya sebagai penginapan, Hotel Damhil juga berperan menjadi tempat praktik dan laboratorium belajar mahasiswa, khususnya dari jurusan pariwisata. Tapi kamu yang berasal dari jurusan lain, seperti manajemen atau arsitektur, juga bisa kok memanfaatkannya untuk studi.  

Bagi kampus, kehadiran hotel memberi manfaat tersendiri, yaitu menjadi sumber pemasukan guna membiayai kebutuhan operasional. Lewat keuntungan tersebut diharapkan bisa menekan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari mahasiswa UNG.  

Asrama Mahasiswa Nah, kalau hotel kan ditujukan untuk tamu-tamu dari luar yang menginap di Gorontalo. Kalau buat mahasiswa dari luar daerah, Universitas Negeri Gorontalo menyediakan ada dua asrama mahasiswa. Jadi Quipperian tidak perlu khawatir mencari tempat tinggal atau indekos.

Asyiknya lagi nih, di dalam asrama mahasiswa terdapat fasilitas yang melengkapi kebutuhan kamu, seperti tempat ibadah, klinik kebugaran dan sarana olahraga. Mulai dari stadion sepakbola, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli sampai lapangan takraw, semuanya tersedia di sini. Fasilitas tersebut bisa kamu gunakan untuk melepas penat dan pastinya membuat tubuh jadi makin sehat.

Kampus juga mengerti kebutuhan mahasiswa untuk mendapat akses internet gratis. Oleh karena itu, di asrama mahasiswa tersedia Pusat Internet. Ada 30 unit komputer dengan kecepatan akses 256 kbps yang memudahkan browsing di dunia maya. kamu bisa memanfaatkannya untuk mengakses layanan jurnal online.  Selain mahasiswa, fasilitas ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Asrama BidikmisiDi kampus UNG, ada juga asrama Bidikmisi. Seperti namanya, tempat tinggal ini khusus bagi Quipperian yang menerima Beasiswa Bidikmisi. Asrama berlantai empat tersebut bukan hanya sebagai tempat tinggal selama kuliah. Tapi juga menjadi wadah pembinaan mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Caranya lewat program pembinaan Asrama Bidikmisi yang difokuskan pada peningkatan kualitas individu, serta kualitas iman dan taqwa dari mahasiswa.

Bagi kamu yang masih malu berbicara di depan umum, tempat ini pas banget untuk kamu. Alasannya, karena terdapat pelatihan public speaking yang bisa mendorong kamu berani tampil dan speak up di depan umum.

Kalau kalian memanfaatkan fasilitas asrama yang ada di kampus, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan. Pertama, menghemat uang saku selama masa kuliah. Kedua, menjadi sarana pelatihan soft skill. Seperti melalui training khusus yang diadakan di Asrama Bidikmisi. Ketiga, bagi Quipperian yang merantau, kamu akan punya keluarga baru.

Dengan tinggal di asrama, kamu bisa menambah teman dari berbagai jurusan dan daerah yang sama-sama kuliah di Universitas Negeri Gorontalo. Kamu tidak akan sendirian karena ada banyak teman yang bikin hari-hari kamu semakin ramai. Seru ya?

Radio KampusSelain hotel dan asrama, ada lagi fasilitas asyik di Universitas Negeri Gorontalo,yaitu radio kampus. Pendengarnya bukan cuma civitas akademika, melainkan juga masyarakat umum di kota Gorontalo. Lewat radio, berbagai berita terkait aktivitas mahasiswa di dalam kampus akan mudah tersiarkan. Sarana komunikasi ini juga menunjang eksistensi komunitas mahasiswa di kampus.

Buat Quipperian yang mengambil studi  komunikasi dan penyiaran, radio kampus bisa kamu manfaatkan sebagai lahan praktik. Kamu juga bisa mengembangkan minat di dunia penyiaran. Caranya dengan menjadi announcer atau staf lain yang mengurus radio kampus ini. Fasilitas radio memang punya banyak manfaat. Jadi nggak heran kan, kalau fasilitas ini menjadi kebanggaan sekaligus favorit mahasiswa UNG?  

PerpustakaanLast but not least, ada satu lagi fasilitas kebanggaan UNG yaitu perpustakaan. Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo ini termasuk salah satu yang terbaik di provinsi Gorontalo lho. Bahkan sudah terakreditasi A. Konsepnya berupa perpustakaan modern yang membuat orang-orang di dalamnya betah berlama-lama membaca.

Gedung perpustakaan yang terdiri dari dua lantai ini mampu menampung aktivitas mahasiswa di dalamnya. Ada banyak koleksi buku dari berbagai bidang untuk menunjang studi kamu. Selain itu, ada juga jurnal ilmiah, majalah dan surat kabar. Dari koleksi-koleksi tadi, 75% berbahasa Indonesia, 20% bahasa Inggris dan 5% bahasa lainnya.

Untuk membuat pengunjungnya semakin betah, perpustakaan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan dan akses wifi. Tidak diragukan lagi Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo akan menjadi fasilitas favorit Quipperian nantinya.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Universitas Negeri Gorontalo juga memiliki Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multimedia, serta Balai Bahasa dan Persiapan Studi Luar Negeri. Keberadaan sarana tersebut untuk menunjang mahasiswa yang berencana melanjutkan kuliahnya di luar Indonesia. Jadi, semakin jelas kan kalau Universitas Negeri Gorontalo adalah kampus yang tepat untuk studi? Selamat menikmati fasilitasi di kampus kamu ya, Quipperian!

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong