Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer

10 September 2022 00:33:21 Dibaca : 9293

 

Pengertian Komputer

Komputer merupakan alat yang dipakai bagi mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan bagi menggambarkan orang yang perkerjaannya berhitung aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi manfaat kata ini kesudahan dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi nyaris eksklusif mengadakan komunikasi dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai bagi banyak tugas yang tidak mengadakan komunikasi dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat dirumuskan sbg suatu alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat memainkan pekerjaan sama selang komponen satu dengan yang lain bagi berproduksi suatu informasi berdasarkan program dan data yang berada. Adapun komponen komputer merupakan meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat memainkan tugasnya sbg pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam wujud print out (kertas).

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dst-nya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah semakin baik yang cocok bagi manfaat luas seperti "komputer" merupakan "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, berada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Sejarah Komputer

Sejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di cina. Hal ini ditandai dengan adanya abakus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Ya semacam pertambahan perkalian dsb. Biasanya alat ini digunakan untuk kegiatan perdagangan pada masa itu. Tapi sejarah komputer melalui abakus ini harus berakhir setelah ditemukan kertas di daratan eropa(Walau begitu sampai saat ini masih ada yang menggunakannya, sebatas untuk kepercayaan saja).

Butuh waktu sekitar 12 abad untuk penggantinya yaitu Pascaline muncul. Penemuan peralatan ini adalah awal Sejarah Perkembangan Komputer modern. Ditemukan oleh Blaise Pascal yang baru berusia 18 tahun saat menemukan. Kelemahan dari alat ini hanya dapat melakukan penjumlahan saja.

Namun Sejarah komputer dari pascaline kemudian dilanjutkan oleh Gottfred Wilhem von Leibniz yang memodifikasinya hingga dapat melakukan perkalian. Tapi pada tahun 1820 barulah komputer dan sejarah benar-benar berkembang setelah ditemukannya kalkulator mekanik yang dapat melakukan 4 aritmatika dasar.

Kemudian 1812, Babbage (Profesor Matematika Inggris) juga mengawali sejarah perkembangan komputer dengan menemukan Mesin Differensial berkekuatan tenaga uap. Tapi seolah tidak cukup Babbage juga membuat komputer general-purpose yang pertama dan disebut Analytical Engine.

Pada masa itu komputer dan sejarah tidak hanya dikuasai oleh Babbage saja, tercatat sejumlah ilmuwan seperti Herman Hollerith yang menerapkan kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Orang ini juga yang mendirikan Tabulating Machine Company (cikal bakal IBM)

Pada saat PD II banyak negara adu kekuatan termasuk dalam hal komputer. Ya! ternyata perang tidak hanya menimbulkan sisi buruk saja tapi juga berperan dalam sejarah perkembangan komputer. Contoh yang paling populer adalah Colossus (buatan inggris) yang dapat memecahkan kode rahasia jerman.

Tapi yang memiliki peran besar dari sejarah komputer adalah pemerintahan USA. Melalui H. Aiken(1900-1973) membuat kalkulator elektronik menggunakan sinyal elektromagnetik. Perkembangan sejarah komputer yang lain dai USA adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dibuat oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980). Kemudian sekitar tahun 1940-an komputer dan sejarahnya kembali berkembang yaitu melalui John von Neumann dengan penemuannya Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) yang menggunakan memori untuk menampung progam dan data. Inilah cikal bakal CPU. Nah! sekitar tahun 1956 sejarah perkembangan komputer dikejutkan oleh penemuan transistor. Dan dapat menggantikan tube vakum sehingga ukuran komputer dapat lebih kecil sebelumnya. Namun karena transistor dapat menimbulkan panas digantikalah dengan IC(integrated circuit). Sejarah komputer yang terakhir dan sampai kita gunakan sampai sekarang adalah penggunaan Chip menggantikan IC. Setelah itu sejarah perkembangan komputer menjadi semakin maju setelah IBM memperkenalkan personal computer (PC). Lalu akhirnya ada Laptop, HP, dsb Sejarah komputer diatas hanyalah kesimpulannya saja dan masih kurang lengkap.

1. Blaise Pascal

Blaise Pascal (1623-1662) lahhir di perancis, mengembangkan mekanisme dari kalkulator pertama di dunia dengan membawa 8 jumlah bilangan .

Sejarah teknologi komputer pertama itu bernama pascaline Pascal bekerja membuat kalkulator komputernya pada pada tahun 1642 saat dia baru berumur 19 tahun. Sebenarnya tujuan utama membuat mesin komputer kuno itu adalah untuk membantu ayahnya yang merupakan seorang juru pajak.

Dalam membuat kalkulator komputernya Pascal memiliki prinsip seperti berikut : Saat roda gigi dengan 10 gigi membuat satu rotasi (10), roda gigi kedua menggeser satu gigi sampai roda gigi berputar sampai sepuluh kali (100) yang menggeser roda gigi lain (1000).

Prinsip semacam ini sampai sekarang masih digunakan untuk odometers pada mobil, pompa air, pengukur meteran elektronik. Prinsip ini sudah lebih baik dari sempoa, sejarah awal komputer.

Akibat prestasinya Pascal menerima Royal Privilege pada tahun 1649 yang memberinya hak untuk membuat dan menjual mesin ciptaannya(kalkulator komputer). Pada tahun 1652 Pasca telah mengklaim memproduksi sebanyak 50 prototipe dan berhasil menjualnya sampai 36 mesin. Walaupun begitu bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Mengingat pascaline memiliki kerumitan dalam pengoperasiannya. Belum lagi pascaline hanya mampu menambah dan mengurangi. Membuat konsumen tidak begitu menyukainya. Akhirnya produksi terhenti pada tahun itu juga. Tahun 1652. Pascaline pun berakhir.

Tahun 1799. Design dasar dari pascal telah menginspirasi para ilmuwan yang lain. Meskipun tetap saja mesin yang dibuat oleh para ilmuwan itu juga gagal di pasaran. Namun ada satu anak ajaib yang bernama Gottfried Wilhelm Leibniz menemukan sebuah model yang mampu bersaing di pasaran. Juga Stepped Reckoner pada 1672 yang dapat melakukan penambahan, mengurangi, perkalian dan pembagian. Akhirnya datang juga seorang Leibniz yang menuliskan namanya dalam sejarah komputer. Dia bersusah payah selama 40 tahun menyempurnakan design pascal dan mampu memproduksi mesin yang dapat diandalkan dan diminati pasar.

2. Charles Babbage

Charles Babbage dianugerahi dunia dengan gelar Bapak komputer. Jelas ini bukan gelar sembarangan. Lalu hal-hal apa yang membuat orang ini menjadi tokoh penting dalam sejarah komputer dunia ini. Mari kita bahas bersama-sama... Babbage lahir lahir pada tanggal 26 Desember 1791 dan wafat pada 18 Oktober 1871. Dia berkebangsaan inggris dan merupakan seorang ahli matematika. Dia menjadi tokoh penting dalam sejarah perkembangan komputer setelah dia memberi gagasan tentang sebuah komputer yang dapat diprogam. Dia membuktikannya dengan membuat sebuah mesin. Namun sayangnya mesin itu tidak selesai.(Sekarang mesin itu disimpan di Musium Sains London).

3. Herman Hollerith

Lahir tanggal Februari 29, 1860 dan meninggalkan dunia pada November 17, 1929. Dia adalah keturunan Jerman dan Amerika. Lalu siapakah dia dan apa yang membuatnya berperan dalam perkembangan sejarah komputer. Peranan dalam sejarah komputer...adalah dialah yang membangun mesin tabulator berbasiskan punched cards. Dengan fungsi untuk mempercepat pemrosesan statistik yang terdiri dari jutaan data. Berikut kehidupan pribadinya sebagai salah saru orang dalam sejarah perkembangan komputer : Hollerith dilahirkan di Bufallo,New York. Dan juga hidup lama disana. Kemudian dia masuk ke universitas Columbia University School of Mines, dan menyabet gelar insinyur pada tahun 1879. Kemudian menyelesaikan gelar Ph.D pada tahun 1890 di Columbia University. Tahun 15 September 1890, Herman Hollerith menikah dengan Lucia Beverley Talcott. Pasangan ini dikarunia dengan 3 anak lelaki dan 3 anak perempuan. Pernikahan itu pun berakhir saat orang yang berjasa dalam sejarah perkembangan komputer ini meninggal pada tanggal 17 November 1929. Diatas adalah kisah pribadinya. Sekarang kita akan bahas mengapa dia menjadi orang yang berjasa dalam sejarah komputer. Hollerith mengembangkan cara untuk membuat pemicu sebuah koneksi eletrik untuk alat perhitungan dan penyimpan informasi. Cara ini berasal dari ide bahwa data dapat di kodekan

dengan angka. Dia melihat bahwa data dapat diletakkan (lubang) pada lokasi yang spesifik pada sebuah kartu (punched card). Kemudian kartu tersebut dapat dihitung atau diurutkan dengan mesin. Dan juga data dapat disimpan. Ini adalah ide dasar dari komputer zaman sekarang. Sebuah perjalanan panjang dari sejarah komputer ya. Berawal dari sempoa, pascaline kemudian Charles babbage

Berbagai Generasi Perkembangan Komputer

Dalam perkembangannya, komputer terbagi menjadi 5 generasi yaitu sebagai berikut :

1. Generasi pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer bagi mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, bagi mendesain pesawat terbang dan peluru kemudi.

Pihak sekutu juga menciptakan kemajuan lain dalam pengembangan daya komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus bagi memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Belakang suatu peristiwa pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua argumen. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain bagi memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dilindungi kerahasiaannya sampai satu dekade setelah perang hasilnya.

Usaha yang diterapkan oleh pihak Amerika pada saat itu berproduksi suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang memainkan pekerjaan dengan IBM, berhasil berproduksi kalkulator elektronik bagi US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan mempunyai rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik bagi menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik bagi setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat berhitung aritmatik dasar dan persamaan yang semakin kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa sekarang merupakan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang diciptakan oleh kerjasama selang pemerintah Amerika Serikat dan Univers ity of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat luhur yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini didesain oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang memainkan pekerjaan 1000 kali semakin cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang sampai 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori bagi menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer bagi beristirahat pada suatu saat dan kesudahan melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann merupakan unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer bagi dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang diciptakan oleh Remington Rand, dijadikan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric mempunyai UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah kesuksesannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi diciptakan secara spesifik bagi suatu tugas tertentu. Setiap komputer mempunyai program kode biner yang tidak sama yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit bagi diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama merupakan penggunaan tube vakum (yang menciptakan komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik bagi penyimpanan data.

2. Generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik susut drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang semakin kecil, semakin cepat, semakin dapat diandalkan, dan semakin hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini merupakan superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand menciptakan komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan bagi laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah luhur data, sebuah kemampuan yang sangat diperlukan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks bagi kebutuhan komputasi usaha dagang/jasa, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya berada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly merupakan bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan bagi menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai muncul berulang-ulang komputer generasi kedua yang berhasil di anggota usaha dagang/jasa, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga mempunyai komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini merupakan 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, nyaris seluruh bisnis-bisnis luhur menggunakan komputer generasi kedua bagi memprosesinformasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang berada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan usaha dagang/jasa. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kesudahan menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai muncul berulang-ulang pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang berlilit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang semakin mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang bagi memprogram dan mengatur komputer. Berbagai jenis karir baru muncul berulang-ulang (programmer, analis sistem, dan pandai sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai muncul berulang-ulang dan dijadikan semakin sempurna pada masa komputer generasi kedua ini.

3. Generasi ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor berproduksi panas yang cukup luhur, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kesudahan berhasil memasukkan semakin banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer dijadikan semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya merupakan penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin bagi menjalankan berbagai program yang tidak sama secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4. Generasi keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan dijadikan semakin jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan banyak tersebut dijadikan jutaan. Kemampuan bagi memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang diciptakan pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kemudi input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC diciptakan bagi mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat dibuat dan kesudahan diprogram bagi memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kesudahan, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa bagi menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi dijadikan dominasi perusahaan-perusahaan luhur atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menegosiasikan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu merupakan program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang semakin canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) bagi penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Banyak PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 dijadikan 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kesudahan, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang semakin kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) dijadikan komputer yang dapat diisi ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC berlomba dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh dijadikan terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan lain sebagainya. Ini semua masuk dalam gugusan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru bagi menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan semakin kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan bagi saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga bagi dapat saling mengadakan komunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal bagi membentuk kerjasama elektronik bagi menyelesaikan suatu bagian tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat dijadikan semakin sempurna dijadikan sangat luhur.

5. Generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima dijadikan cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima merupakan komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup mempunyai nalar bagi memainkan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan berusaha dapat dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan bagi menterjemahkan bahasa asing juga dijadikan mungkin. Sarana ini tampak sederhana. Namun sarana tersebut dijadikan jauh semakin berlilit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di anggota desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama merupakan kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan ditukarkan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU bagi memainkan pekerjaan secara serempak. Kemajuan lain merupakan teknologi superkonduktor yang memungkinkan arus elektrik tanpa berada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang merupakan negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibuat bentuk bagi merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa kesuksesan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Daftar Pustaka

https://p2kp.stiki.ac.id/id1/3068-2956/Sejarah-Komputer_55001_p2kp-stiki.html

https://unida.ac.id/teknologi/artikel/sejarah-komputer-dan-perkembangannya-dari-masa-ke-masa-.html

https://fossi.eng.unila.ac.id/sejarah-perkembangan-teknologi-komputer/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong