DAMPAK NEGATIF KULIAH ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

04 August 2021 12:18:27 Dibaca : 78

Penyebaran covid-19 memaksa mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran yang baru ini tentu membuat mahasiswa berkompromi dengan keadaan. Suka dan dukanya banyak. Kuliah Online ini dilalukan secara daring melalui media zoom, google meet, google classroom, dan lain-lain.

Kuliah online kini menjadi salah satu alternative bagi yang memiliki kesibukan kerja yang cukup padat, namun masih ingin menuntut ilmu ke jenjang lebih tinggi. Hal ini semakin berkembangnya teknologi modern seperti internet.

Banyak mahasiswa mulai mengeluhkan proses perkulihan dilakukan secara daring. Mulai adanya kebosanan dengan sistem ini, banyaknya tugas yang diberikan dosen, dan adanya kerinduan untuk berjumpa dengan kawan-kawan serta ingin merasakan kuliah tatap muka yang menurut mereka sangat membantu dalam memahami ilmu secara efektif. Berikut dampak negatif kuliah online :

A. Tergantung pada jaringan

Masalah utama yang sering terjadi saat kuliah online adalah ketergantungan pada jaringan. Apabila jaringan mengalami gangguan atau tidak ada sinyal, maka kuliah pun menjadi terganggu. Sehingga mahasiswa yang mengalami masalah pada sinyal dapat tertinggal penyampaian materi yang sudah di jelaskan oleh dosen.

B. Masalah pada perangkat untuk sebagian kalangan

Dalam hal ini, sebagian kalangan sulit untuk mengikuti pembelajaran online. Karena pada keterbatasan ekonomi sehingga tidak dapat membeli perangkat elektronik ataupun meminjam perangkat elektronik untuk mengikuti perkuliahan,. Adapun pembelajaran yang tidak dapat diakses oleh semua orang yang membutuhkannya, terlebih di daerah terpencil yang jauh dari sinyal internet.

C. Tergantung kepada sikap kedisiplinan

Dalam kuliah online ini, kita memulai perkuliahan melalui zoom/google meet. Apabila seorang mahasiswa kurang disiplin, maka akan tertinggal dalam pembelajaran yang sudah dimulai.ADVERTISEMENT

D. Diskusi kurang fleksibel

Terkadang dalam beberapa materi ada yang sulit dijelaskan apalagi melalui media online yang mau tak mau harus bertemu secara tatap muka.

E. Beberapa mata kuliah tidak dapat diajarkan secara online

Ada beberapa mata kuliah yang perlu praktikum agar mahasiswa dapat lebih paham dan mengerti. Misalnya beberapa program kuliah di bidang IPA yang menuntut penelitian dan praktikum di lab.

F. Berubahnya peran dosen

Peran dosen yang semula menguasai pembelajaran secara konvensional, kini dituntut untuk mengetahui pembelajaran yang menggunakan ITC.

G. Kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa

Dalam kuliah online ini, interaksi antara dosen dan mahasiswa sangatlah minim, sehinggal memperlambat terbentuknya nilai dalam proses belajar dan mengajar.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong