Uji Korelasi Menggunakan Aplikasi RStudio
Nama : Rara Zuhriya Pakaya
NIM : 411422078
Kelas / Prodi : A / Pendidikan Matematika
Semester : V (Lima)
Mata Kuliah : Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu : Agusyarif Rezka Nuha, S. Pd, M. Si
Data yang digunakan dalam pengujian korelasi ini diambil dari skripsi yang berjudul : "Korelasi Presepsi Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 1 SMK PGRI Kota Mojokerto". Pengujian ini dilakukan untuk melihat adanya korelasi antara motivasi belajar dan pemahaman matematis peserta didik terhadap hasil belajar matematika.
Berikut hasil pengujian korelasi menggunakan aplikasi RStudio :
Berdasarkan hasil pengujian berikut penjelasanya :
Data yang diuji : Data Skor Pemahaman Matematis dan Data Skor Motivasi Belajar adalah dua variabel yang sedang diuji untuk melihat apakah ada korelasi di antara keduanya.
1. t = 2.9336, df = 29, p-value = 0.006486 :
- t: Nilai statistik uji t, yang menunjukkan seberapa kuat hubungan linier antara dua variabel. Semakin besar nilai t, semakin kuat hubungannya.
- df: Derajat kebebasan, yang menunjukkan jumlah data yang digunakan dalam pengujian.
- p-value: Probabilitas mendapatkan hasil uji yang sama atau lebih ekstrem jika tidak ada hubungan linier antara dua variabel.
2. Alternative hypothesis: true correlation is not equal to 0 : Hipotesis alternatif ini menyatakan bahwa ada hubungan linier antara dua variabel, baik positif maupun negatif.
3. 95 percent confidence interval: 0.1493515 0.7120223 : Interval kepercayaan 95% ini menunjukkan rentang nilai korelasi yang mungkin terjadi. Dalam hal ini, intervalnya adalah 0.1493515 sampai 0.7120223. Artinya, kita dapat yakin dengan tingkat kepercayaan 95% bahwa korelasi populasi berada di antara dua nilai tersebut.
4. Sample estimates: cor 0.4783754 : Ini adalah estimasi korelasi sampel, yang menunjukkan kekuatan dan arah hubungan antara dua variabel. Dalam hal ini, nilai korelasi adalah 0.4783754, yang menunjukkan korelasi positif yang cukup kuat.
Hasil pengujian korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Skor Pemahaman Matematis dan Skor Motivasi Belajar. Hal ini dibuktikan oleh nilai p-value sebesar 0.006486 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05, sehingga hipotesis nol ditolak. Artinya, terdapat cukup bukti untuk menyatakan bahwa terdapat korelasi positif antara kedua variabel tersebut. Korelasi positif menunjukkan bahwa semakin tinggi Skor Pemahaman Matematis, semakin tinggi pula Skor Motivasi Belajar.
Kategori
Blogroll
- Masih Kosong