TUGAS 1 PENGANTAR ILMU KOMPUTER

09 September 2019 21:54:51 Dibaca : 894

FITUR-FITUR DAN MANFAAT/ KEGUNAAN/ FUNGSI SMARTOHONE BAGI MANUSIA

SPESIFIKASI

Tipe                                           Smartphone

Shape                                        Bar

OS                                            Android

OS ver                                       Android 7.1 Nougat

SIM                                           NanoSIM

                                                 Dual SIM

                                                 Dual Standby

CPU                                          Qualcom MSM8917 Sn apdragon 425

Quad-core                                 Cortex-A53

Kecepatan CPU                          1.4 GHZ

Storage                                      16 GB

                                                  32 GB

RAM                                           2 GB

                                                  3GB

External Storage                          microSD up to 128GB

Battery                                       Non-removable Li-ion 3000 mAh

Ukuran Layar                              5 inches

Resolusi                                      720 x 1280 pixels

2G                                              GSM 2/3/5/8

CDMA BC0

3G WCDMA 1/2/5/8

TDS-CDMA 34/39

4G (LTE) TDD-LTE 34/38/39/40/41

FDD-LTE 1/3/5/7/8

Kamera Utama 13 MP

Kamera Depan 5 MP

Fitur Wi-Fi

Hotspot/Tethering

GPS

Bluetooth

Flash

Dimensi 140.4 x 70.1 x 8.35 mm

Berat 137 g

 

FITUR-FITUR SMARTPHONE

1. 2G

     2G bisa disebut sebagai generasi kedua, teknologi kedua ini hadir untuk menggantikan generasi pertama (1G). 2G merupakan jaringan telekomunikasi selular, diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standar di finlandia oleh RADIOLINJA  (sekarang bagian dari elisa) pada tahun 1991.

2. 3G

    Generasi ketiga (3G) juga dapat disebut UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service). selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms,dan browsing), generasi ketiga (3G) juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, serta video calling.

3. 4G

   4G (Generasi Keempat) merupakan singkatan dari fourth-generation technology. Dapat dikatakan bahwa generasi keempat (4G) merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh, dimana suara data maupun arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

4. SIM

   SIM (Sitem Informasi Manajemen), SIM mempunyai beberapa ukuran seperti mini SIM Card sering kita pakai biasanya, microSIM Card memilikinukuran jauh lebih kecil dari pada miniSIM Card, Nano SIM Card lebih kecil dari microSIM Card.

5. GSM

Global System for Mobile (GSM) Merupakan teknologi digital penyokong jarigan 2G. GSM telah digunakan oleh 80 perssen dari ponsel diseluruh dunia.

6. HSDPA

    HSDPA (High Speed Dowlink Paket Access) merupakan upgrade ke WCDMA, kecepatan HSDPA memungkinkan download lebih cepat ke ponsel 3G.

7. HTML

    HyperText markup languange (HTML) biasanya digunakan untuk membuat sebuah halaman web, serta akan menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajahan web internet serta formating hypertext

8. MULTITOUCH

   MULTITOUCH pada layar samrtphone kemampuan layar sentuh untuk mengenali dua bahkan lebih titik sentuh pada permukaan layar secara bersamaan.

9. PPI PIXEL DENSITY

   PPI (Pixel Per Inch0 sebuah ukuran yang sering digunakan pada Pixel Density merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mengacu pada jumlah Piksel (Pixel), atau elemen gambar, yang disajikan di dalam space diberikan pada sejumlah konteks yang berbeda.

10. MEMORI

   Memori merupakan sebuah perangkat berfungsi mengolah data maupun instruksi. Dapat didikatakan sebakin besar memori yang digunakan maka semakin banyak pula data maupun instuksi yang dapat diolah.

11. CARD SLOT

    Card slot merupakan istilah lain dari memori eksternal. cardslot berfungsi untuk penyimpanan data, seperti memori internal pada sebuah ponsel.

12. GPRS

    GPRS ( General Packet Radio System) merupakan penyempurnaan dari GSM. GPRS dpat digunakan oleh penggun agar tetap tetap terhubung dengan internet dimana saja dan kapan saja.

13. WI-FI

     WI-FI ( Wireles Fidelity) meruipakan jarigan tanpa kabel melamelainkan menggunakan frekuensi tinggi

14. HOTSPOT

     Biasa kita temui hotspot pada sebuah smartphone, hotspot sendiri merupakan gambaran dari area atau lingkup tertentu serta  terjangkau oleh jaringan WLAN/Wi-Fi, melakukan koneksi jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi WI-FI Hotspot seperti pada smartphone, laptop maupun komputer.

15. Bluetooth

     Bluetooth merupakan sebuah peralatan media komunikasi tanpa kabel digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya dapat dimanfaatkan untuk tukar maupun transfer data.

16. USB

    USB (Universal Seril Bus) adalah teknologi yang memungkinkan kita menghubungkn alat eksternal seperti, printer, scaner, kamera digital,smartphone dll ke komputer.

17. RAM

    RAM adalah singkatan dari Random Access Memory berfungsi untuk menyimpan data sementara.

18. ROM

    ROM adalah  (Read Only Memory) merupakan perangkat atau peralatan proses pada CPU

19. OS

   OS atau Operating System merupakan perangkat lunak (software) sistem bertugas melakukan kontrol serta manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem.

20. CPU

   CPU atau Central Processing Unit. prosesor adalah sebuah komponen yang berbentuk chip yang tugasnya mengendalika semua komponen didalam perangkat smartphone ataupun tablet.

21. SMS

   SMS ( Short Messaging Service) merupakan pesan singkat dalam bentuk teks.

KEGUNAAN/FUNSI/MANFAAT SMARTPHONE BAGI MANUSIA

1. KOMUNIKASI ANTAR MANUSIA

      Dengan smartphone seseorang dapat melakukan komunikasi seperti untuk telepon suara, mengirim pesan sms, mms, dan layanan data.

2. MENCARI ILMU/INFORMASI

     Berselancar di dunia maya akan terasa lebih cepat dengan samrtphone yang menggunakan koneksi internet tanpa kabel generasi terbaru seperti 3G,3,5G,4G,4,5G,5G, dan seterusnya.

3. HIBURAN

   Smartphone dapat menayangkan berbagai format multimedia yang ada. Media streaming online juga dapat dengan mudah dijalankan di smartphone yang canggih tanpa banyak kendala.

4.APLIKASI

  Pengguna hp samrtphone dapat memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya.

5. PENYIMPANAN  DATA

  Kapasitas memori smartphone yang besar bisa berfungsi sebagai media penyimpanan data file.

6. GAYA

  Ada banyak orang yang menggunakan handphone smartphone untuk menunjang penampilan sehari-hari.

7. PENUNJUK ARAH

   Salah satu fungsi penting dari smartphone adalah untuk mendapatkan informasi arah mata angin, arah kiblat, dan lain sebagainya.

FAHRY

20 August 2019 14:01:50 Dibaca : 456

Fahry adalah namaku

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong