TUGAS PENGANTAR ILMU KOMPUTER

09 September 2019 21:35:25 Dibaca : 1032

FITUR  DAN  FUNGSI  ALAT  PADA  LAPTOP  

A.KEYBOARD             

1.       Pengertian Keyboard

         Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi  sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bias menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

2.       Fungsi Keyboard

          Fungsi keyboard secara umum pada komputer, yaitu untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan lalu kemudian menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) dan selanjutnya perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut dapat dimengerti oleh processor.

B.MOUSE

       Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan,tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks,ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”.Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.

  Fungsi  Mouse:

a.    Untuk mengeksekusi suatu program Mouse memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan mouse untuk membuka file atau                   menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click.                                 

b.    Untuk memilih objek Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulaidari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam                     program penulisan seperti MicrosoftWord. Dengan menggunakan mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.                                                                   

c.    Melakukan drag dan drop.

d.    Mendapatkan informasi melalui hover mouse.

e.    Melakukan operasi scroll.

f.    Fungsi lain mouse yang umumnya di gunakan pada bahasa program.

C.CHASING

     Chasing adalah bagian paling luar dari laptop chasing pada laptop berfungsi untuk memasang semua perangkat laptop seperti: motherboard, lcd, dan perangkat lain. Chasing pada laptop juga berfungsi untuk melindungi perangkat keras yang ada didalam laptop.

D. LCD

    LCD salah satu perangkat penting di laptop yang memiliki fungsi menampilkan hasil dari proses komputer seperti gambar atau teks.

E. TOUCHPED

     Pada touchpad memiliki tugas untuk menggerakan pointer pada layar monitor, touchpad ini sama seperti mouse, kalau laptop untuk menggerakannya menggunakan touchpad sedangkan komputer untuk menggerakannya menggunakan mouse.

F. BATERAI

    Baterai memiliki fungsi menyimpan daya listrik pada laptop, dengan adanya baterai laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung langsung ke arus listrik. Biasanya laptop bisa bekerja menggunakan baterai sampai 8 jam.

G. KIPAS 

 

Kipas memiliki tugas atau fungsi untuk mendinginkan laptop seperti prosessor, sehingga laptop bisa bekerja dalam waktu yang lebih lama.

H. DVD

      Perangkat laptop selanjutnya yaitu DVD yang memiliki fungsi membaca data-data dari CD, fungsi yang lainnya DVD bisa burning pada CD

I.PROSSESOR

  Perangkat komputer yang satu ini merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran penting dalam laptop karena prosessor memiliki fungsi sebagai otak dari komputer. Semua kegiatan akan melewati prosessor terlebih dahulu.

 

J.RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)

 Random accsess memory merupakan salah satu perangkat yang ada di komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara, kecepatan kerja pada laptop sangat dipengaruhi oleh besarnya RAM, semakin besar RAM maka kerja laptop akan semakin cepat begitu juga sebaliknya semakin kecil RAM maka semakin lama kerja laptopnya.

                          

Pelatihan TIK 2019

20 August 2019 15:48:47 Dibaca : 559

Pelatihan TIK yang menyenangkan selasa 20 agustus 2019

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong