Jurusan Matematika

18 September 2020 21:35:16 Dibaca : 7

Apa itu Matematika?Para mahasiswa di program studi Matematika mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Selain itu para mahasiswa juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meskipun pelajaran matematika sudah sangat dikenal oleh setiap orang, Program Studi Matematika malah kurang mendapatkan minat. Selain prospek kariernya yang masih sangat terbatas, mata kuliah ini pun kerap dianggap rumit. Namun sebenarnya, Jurusan Matematika mempelajari banyak hal yang tidak hanya sekadar perhitungan rumus-rumus.Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?Apabila kamu tertarik dengan dunia hitung menghitung dan punya kemampuan analisis yang kuat, maka program studi Matematika bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Di program studi ini kamu akan diajak untuk mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika yang kita kenal selama ini. Mata Kuliah Jurusan Matematika1Dasar-Dasar Matematika2Kalkulus3Metode Numerik4Algoritma dan Pemrograman5Aljabar Linear Elementer6Matematika Diskrit7Struktur Aljabar8Aljabar Linear9Praktikum Aljabar10Kalkulus Peubah Banyak11Geometri Analitik12Analisis Real13Fungsi Kompleks14Persamaan Diferensial Biasa15Persamaan Diferensial Parsial16Pemodelan Matematika17Program Linear18Riset Operasi19Aljabar Matriks20Teori Bilangan21Metode Statistika22Program Linier23Statistika Matematika24Teori Himpunan25Statistika Non Parametrik26Kolokium27Analisis Data Uji Hidup28Analisis Regresi29Matematika Keuangan30Teori Ruang Metrik31Teori Ruang Hilbert32Teori Kontrol Diskrit33Teori Kontrol Linear34Teori GraphKarakter Siswa Yang SesuaiTelitiTekunDetilKritisRasionalTerstrukturIndependenSenang berhitungSenang menganalisisSenang melakukan risetSenang memecahkan masalah Prospek Kerja Jurusan MatematikaMeski peminatnya sedikit, sebenarnya Ilmu Matematika bisa dimanfaatkan oleh berbagai macam bidang. Peluang kerja bagi lulusan matematika pun sangat luas, mulai dari di dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar, di korporat sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, hingga astronom dan aktuaris.Diskusi terkait jurusan iniApa yang dipelajari di jurusan ini ?Matematika di S1 itu berbeda dengan matematika SMA. Di S1 Matematika kita akan belajar banyak banget tentang matematika. Pertama, kita jadi tahu rumus-rumus matematika yg selama SMA kita gunakan itu asalnya dari mana, ceritanya gimana sih sampai akhirnya muncul rumus itu. Selain bisa membuka pikiran dan menambah wawasan kita, kalau sudah tahu cerita di balik sejuta rumus matematika, kita akan semakin menghargai ilmu matematika yang ternyata muncul sebagai solusi dari permasalahan kala itu. Contoh kecilnya, kita tidak akan bisa menghitung luas daerah yang tidak beraturan kalau integral tidak ditemukan oleh Riemann. Kedua, matematika menuntut kita untuk berpikir secara logis, sistematis dan dengan algoritma (alur) yang jelas. Nah ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, karena akhirnya dalam kehidupan sehari-hari pun kita jadi terbiasa untuk berpikir dan bertindak secara sistematis. Hidup jadi lebih efektif dan efisien hehe. Selain itu, di S1 Matematika kita juga dilatih untuk membuktikan berbagai macam teorema dan mempertanggungjawabkan setiap pernyataan matematika yang kita buat. Dalam kehidupan sehari-hari ini juga sangat berpengaruh. Kita akan menjadi lebih teliti dan berhati-hati dalam ucapan maupun tindakan. Karena pola pikir kita telah terbentuk untuk selalu berpikir logis dengan argumen yang kuat. Ketiga, di S1 Matematika ada beberapa bidang yang bisa dipilih sesuai minat kita. Ada aljabar, analisis, kombinatorik, matematika terapan dan matematika komputasi yang semuanya benar-benar memberikan pengetahuan baru untuk kita. Matematika SMA selama ini hanya secuil dari berjuta hal menarik yang ada di matematika. Kalau di SMA kita hanya bisa mencari solusi x, y dan z saja, di matakuliah-mata kuliah aljabar kita bisa mencari solusi sebanyak apapun. Di mata kuliah Analisis Riil, kita akan benar-benar yakin bahwa 1 lebih besar dari 0. Lucu? Tidak. Ini sangat keren karena yang belajar di S1 Matematika saja yang tahu caranya. Kemudian kita juga bisa memodelkan berbagai macam hal yang ada di dunia ini, misalnya penyebaran penyakit atau pertumbuhan tanaman. Gunanya apa? Ketika kita bisa memodelkan pertumbuhan tanaman, kita bisa meramalkan di tahun-tahun berikutnya akan seperti apa pertumbuhan tanaman tersebut sehingga kita bisa menyiapkan berbagai alternatif sesuai dengan kebutuhan atas tanaman tersebut. Kebayang kan, kalau banyak ahli matematika pasti berbagai permasalahan yang ada akan semakin mudah untuk diatasi. Selain itu, kecanggihan dunia saat ini juga tak lepas dari matematika yang menjadi dasar ilmu komputasi. Intinya, tidak ada yang tidak bermanfaat kalau kita belajar di S1 Matematika. Keempat, di semester awal kita juga masih belajar biologi, kimia, fisika sebagai mata kuliah pendukung karena banyak sekali aplikasi matematika dalam tiga bidang tersebut. Selain itu kita juga tetap belajar bahasa Indonesia, bahasia Inggris, kewarganegaraan dan juga Agama di semester awal. Semua itu sangat menunjang perkuliahan dan juga kehidupan kita.

7 orang menyukai ini Lihat 23 jawaban lainnyaMata kuliah penting ?Kalkulus,Analisis,Aljabar,Pemrograman,Logika,Metode Matematika