DAMPAK COVID-19 PADA MAHASISWA UNG
Dengan adanya statement yang dikeluarkan dari WHO dan Pemerintah Indonesia, maka Indonesia melakukan upaya untuk menghentikan dan mengurangi pertumbuhan virus ini dengan cara lockdown di beberapa daerah, menerapkan PSBB atau Pembatasan Soial Berskala Besar, warga harus melakukan karantina diri, sebagian dunia industri melakukan pekerjaan secara daring, dan semua jenis pendidikan dilakukan secara daring atau online.
Dengan adanya perintah dan kesadaran diri untuk tetap berada di rumah dalam jangka waktu yang lama menimbulkan beberapa dampak kepada berbagai bidang. bidang yang dibahas dalam artikel ini ialah bidang pendidikan Pada bidang pendidikan, sistem dan media belajar jadi berubah dan menjadi sistem daring. Meskipun belum adanya penelitian yang dilakukan untuk menentukan apakah sistem pembelajaran secara daring lebih efektif dari pada sistem pembelajaran secara langsung, namun pendidikan secara daring realitasnya banyak murid dan mahasiswa yang tidak setuju dengan sistem pembelajaran daring dan lebih memilih untuk melakukan pembelajaran secara langsung.
Universitas Negeri Gorontalo adalah salah satu dari beberapa Universitas di indonesia yang merasakan dampak negatif dari COVID-19 berikut beberapa Dampak negatif COVID-19 yang melanda mahasiswa UNG:
1. Dampak Psikologis
Dampak psikologis yang dirasakan oleh mahasiswa dan pelajar yaitu ketika adanya perubahan sistem pembelajaran dari manual dan langsung ke daring yang menciptakan ketidaksiapan diri mahasiwa sehingga mengakibatkan untuk melakukan adaptasi paksa untuk mengikuti pembelajaran. Dengan adanya adaptasi secara dadakan dan paksa ini menimbulkan permasalahan jiwa seperti anxiety terhadap media pembelajaran baru, stress, bahkan hingga ke depresi.
2. Minimnya sosialisasi
Dengan adanya kondisi global pandemik, mengharuskan semua warga negara karantina diri atau meminimalisir kegiatan di luar rumah. Hal ini berdampak besar pada aktivitas dan sosialisasi mahasiswa, dikarenakan apabila mahasiswa sudah terbiasa melakukan kegiatan dan sosialisasi dengan teman di kampus, maka mengakibatkan mahasiswa tidak dapat berdisikusi secara langsung yang mana menciptakan rasa bosan dan bingung untuk melakukan kegiatan dirumah.
3. Dampak Akademik
Dampak akademik akibat perkuliahan secara daring yaitu menurunnya nilai seorang mahasiswa karena banyaknya faktor, salah satu faktornya yaitu belum adanya persiapan diri terhadap pembelajaran daring sehingga mengakibatkan pelajaran menjadi tertinggal jauh di belakang, dan faktor pendukung lainnya yaitu mahasiswa yang gagap teknologi.
4. Sulitnya DaringSulitnya pembelajaran saat daring yaitu dikarenakan harus menggunakan media yang memadai dan bergantung kepada internet. Hal ini menyebabkan pengeluaran biaya lebih hanya untuk membeli kuota internet.
5. Sulit mencari pekerjaan
Dampak ini dirasakan bagi mahasiswa fresh greduate yang sulit mencari pekerjaan karena ekonomi yang sedang turun.