TUMBUHAN PEGAGAN ATAU RUMPUT KAKI KUDA

08 February 2013 12:15:41 Dibaca : 1802

  

 


 

Pegagan atau yang sering disebut rumput kaki kuda (Gorontalo) merupakan tumbuhan merambat yang mempunyai banyak manfaat. Tumbuhan ini mempunyai ciri menempel langsung dipermukaan tanah, akar keluar dari setiap bonggol, bercabang banyak dan membentuk tumbuhan baru, dan daun berbentuk ginjal, serta helai daun tunggal.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tumbuhan pegagan banyak dijumpai di ladang, pinggir selokan, padang rumput, dan tempat lembab dan terbuka. Pegagan atau rumput kaki kuda akan tumbuh subur di tempat yang mendapat sinar matahari. Tanaman ini juga dapat di tanam di dalam pot ataupun dipekarangan rumah.

Daun tumbuhan pegagan atau rumput kaki kuda dapat dijadikan sayur, misalnya lalab dan gado-gado. Selain itu daun pegagan atau rumput kaki kuda juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya penyakit darah kotor, gangguan pencernaan, kencing keruh, susah kencing, pembengkakan hati, campak, darah tinggi dan wasir. Daun pegagan juga sangat ampuh untuk merangsang nafsu makan dan mengobati mata yang bengkak.

 

SEMOGA BERMANFAAT

AyIeN ^_^

 

Lalu Safii.1999. “ Tumbuhan Menjalar di Sekitar Kita”

www.google.com//gambarpegagan

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong