Manfaat air bagi kehidupan

07 February 2013 18:16:33 Dibaca : 37

  Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, air tersusun atas 2 atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada 1 atom oksigen, dan rumus kimia air yaitu H2O.Air sifatnya tidak berwarna, berasa dan tidak berbau pada kondisi standar.

  Air adalah senyawa yang paling penting dalam kehidupan karena tidak ada senyawa yang bisa memiliki sifat-sifat seperti air yang artinya tidak ada senyawa yang dapat menggantikan kedudukan air. (http://catatankimia.com/catatan/sifat-air.html).

  Air sangat di butuhkan oleh semua makhluk hidup baik tumbuhan, hewan, maupun manusia untuk kelangsungan hidup. Tubuh manusia akan dehidrasi jika kekurangan air, karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada air. Air juga bermanfaat untuk menambah tenaga, menurunkan stres, diet, dan mempelancar sistem pencernaan.Pada tumbuhan air sangat di perlukan untuk proses pembuatan makanan, tumbuhan akan layu bila tidak di beri air.

  Di Indonesia banyak terdapat daerah yang kekurangan air bersih, diantaranya daerah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Banyak penduduk Indonesia yang meninggal akibat dari kekurangan air bersih.

  Untuk mengatasinya Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi dan lembaga lainnya telah melakukan upaya teknis untuk mendapatkan pasok air bersih. Untuk menambah pengalaman, perusahaan dari Australia memberikan pengalaman dengan mengenalkan penemuan teknologi desalinasi dengan tenaga surya suatu alternatif teknologi untuk mendapatkan air bersih.

 Teknologi desalinasi dengan tenaga surya tersebut terbukti mampu menghasilkan air berkualitas tinggi. Dari air laut hingga air terkontaminasi menjadi air bersih layak minum. Dengan kemampuan teknologi surya air bersih dapat diperoleh dengan harga murah dan mudah.

  Panel-panel tenaga surya digunakan untuk meningkatkan suhu air dalam scholar collector sehingga penguapan atau kondensasi dalam panel meningkat lebih sempurna. Panel didisain secara canggih, geometris, mudah perawatannya dengan kinerja optmal dan dipastikan harganya terjangkau. Alat ini dapat memroses air dari sumber apapun menjadi air bersih tanpa meniggalkan emisi gas rumah kaca.

  Teknologi itu mencakup teknologi Zero Liquid Discharge (ZLD) yang mampu mengubah limbah. Hasilnya merupakan kombinasi antara air munum dengan garam (hasil fraksinasi garam). Garam ini memberi nilai tambah karena bermanfaat dijadikan garam meja atau garam untuk kolam renang dan magnesium klorida yang dihasilkan pun dapat digunakan oleh industri tambang sebagai penekan debu. Hasil sampingan fraksinasi ini dapat dijual dan menghasilkan uang dan yang lebih penting lagi adalah minimnya dampak lingkungan hidup yang dapat terjadi.

  Penemu hak paten Peter Johnstone mengatakan teknologi ini telah diterapkan di 26 negara. Ia juga berharap bisa membangun pabrik di Indonesia dengan investasi 10 juta USD. Dengan itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia untuk memperoleh air bersih dan menciptakan lapangan pekerjaan. (http://www.technology-indonesia.com/energi/konservasi-energi/274-masyarakat-indonesia-kekurangan-air-bersih).

  Untuk itu, marilah kita melestarikan air agar kelak kita tidak akan kekurangan air. Gunakanlah air seperlunya, dan jangan boros menggunakan air sebab, masih banyak daerah" di Indonesia yang kekurangan air bersih yang tidak seberuntung daerah kita yang banyak terdapat air bersih.:)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong