Rangkuman hasil diskusi mendeley

29 September 2017 20:26:39 Dibaca : 1247

RANGKUMAN HASIL DISKUSI MENDELEY

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian

Berdasarkan hasil diskusi kami mengenai software mendeley. Dimulai dengan pertanyaan “ bagaimana pendapat kalian tentang penggunaan aplikasi mendeley? “. Dari pertanyaan tersebut semua mahasiswa mulai menjawab dengan pendapat masing-masing.

Mendeley merupakan aplikasi yang mudah untuk mencantumkan apa yang ingin di ambil dari jurnal yang kita butuhkan, lebih mudah dalam mengerjakan tugas, sangat membantu dalam membuat daftar pustaka, tetapi tidak akan muncul nama kotanya. aplikasi Mandeley juga bagus dan bermanfaat untuk kita dalam membuat sitasi dan mencari referensi yang di jurnal yang kita tidak tau atau tidak jelas.

Adapun kekurangan dari mendeley ini adalah nama autor pada daftar pustaka secara otomatis disingkat. saat import file hanya bisa untuk koleksi digital dengan format pdf dan doc, dan untuk merestore, login atau sinkronasi data harus menggunakan laptop atau komputer yang sama.

Dan mungkin itu salah satu kekurangan dari aplikasi mendeley ini. Karena semua aplikasi pasti memiliki kekurangan. bagusnya aplikasi ini menurut keuntungannya secara otomatis dapat terlihat daftar pustakanya. Jadi sumbernya jelas, sehingga terhindar dari plagiat.

Aplikasi mendeley ini hanya terbatas untuk membuat daftar pustaka dari jurnal atau teks book saja. karena jika kita menggunakan buku pegangan, lebih baik membuat secara manual saja. sebab pada aplikasi mendeley sebelum kita menggunakannya untuk pembuatan dapus terlebih dahulu kita harus mengsyncronkan.

Software Mendeley ini seharusnya dipublikasikan melalui sosialisasi oleh lembaga pendidikan baik pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah maupun jenjang pendidikan tinggi. Sehingga kekeliruan dalam membuat sitasi atau kutipan dan membuat daftar pustaka dari karya orang lain bisa dikurangi serta tindakan plagiarisme yang disengaja maupun tidak disengaja dapat dihindari.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong