Perkembangan IT
Nama: Wiwi Pratiwi Halid
Kelas: B
1. Perkembangan IT ( Information Teknologi) dalam pembelajaran
Perkembangan teknologi informasi dan komuni- kasi (TIK) terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal tersebut dikarena oleh kuatnya era globalisasi, di mana komputer dan internet dengan sifatnya yang dinamis merupakan fasilitas yang telah mendominasi berbagai aktivitas ke- hidupan, sehingga aktivitas pendidikan, perkan- toran, komersial dan industri secara mutlak me- merlukan ketersediaan fasilitas tersebut. Karak- teristik masyarakat itu dikenal dengan istilah ma- syarakat berbasis pengetahuan, artinya komunitas yang menguasai pengetahuan, berpeluang untuk memanfaatkan informasi serta menjadikan infor- masi sebagai nilai tambah dalam kehidupannya.(Di, Kota, & Patmanthara, 2010)
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet.(Adri, 2008)
Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning (Adri, 2008)
2. Bentuk-bentuk media pembelajaran berbasis TIK serta bagaimana penerapanaya dalam pembelajaran
Media Pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/konkrit. Alat-alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta meningkatkan daya serap dan daya ingat siswa dalam balajar. Media dapat menumbuhkan sikap positip siswa terhadap materi dan proses belajar. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik apabila menggunakan media yang tepat sehingga siswa termotifasi untuk mencintai ilmu pengetahuan yang sedang dipelajarinya. Seorang guru dapat efektif dan efisien dalam menyajikankan materi pelajaran apabila dapat memanfaatkan media secara baik dan tepat(Sujoko, 2013)
Sistem teknologi informasi-komunikasi nirkabel yang terpadu dengan perangkat pengolah informasi berbasis jaringan sehingga dimensi ruang dan waktu tidak lagi membatasi dua pihak atau lebih untuk saling berinteraksi. Perkembangan ini ditandai pula dengan maraknya perangkat lunak maupun keras aplikasi multimedia yang mudah digunakan (useable) sehingga memungkinkan untuk digunakan beragam bidang, tak terkecuali pendidikan. Saat ini teknologi komputer banyak dipakai untuk mengembangkan ragam.(AGUNG W. SUBIANTORO, 2011)
Perangkat pembelajaran seperti modul, alat evaluasi, atau lembar kerja. Pengembangan media instruksional berbasis teknologi informasi komputer ini dikenal sebagai Computer-based Instruction (CBI), atau dikenal juga sebagai multimedia pembelajaran. selain perangkat lunak, aplikasi multimedia juga didukung dengan adanya perangkat keras yang memungkinkan bergabungnya beragam bentuk media termasuk data dan teknik pengendalian sehingga memunculkna kondisi interaktif. Supriatno(AGUNG W. SUBIANTORO, 2011)
Umar Hamalik (1986), Djamarah (2002) dan Sadiman, dkk (1986), mengelompokkan media ini berdasarkan jenisnya ke dalam beberapa jenis :
1. Media auditif, yaitu media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti tape recorder.(Adri, 2008)
2. Media visual, yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan dalam wujud visual. (Adri, 2008)
3. Media audiovisual, yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, dan media ini dibagi ke dalam dua jenis(Adri, 2008)
a) audiovisual diam, yang menampilkan suara dan visual diam, seperti film sound slide(Adri, 2008)
b) Audiovisual gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak, seperti film, video cassete dan VCD. (Adri, 2008)
4. Manfaat komputer dalam pembelajaran TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah sekumpulan perangkat dan sumber daya teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, penciptaan, penyebaran, penyimpanan dan pengolahan informasi atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisa, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi.(Sujoko, 2013)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
1) teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(Riyana, 2004)
2) Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. Dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya.(Riyana, 2004)
3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.(Riyana, 2004)
KESIMPULAN:
Perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat yang dapat memudahkan kita terutama pada mahasiswa untuk mecari informasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mencari tugas serta keperluan lainya hal ini juga dapat dimanfatkan bagi orang-orang yang memiliki keahlian pada dunia informatika dalam bidang ekonomi. Internet memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tidak terbatas. Manfaat dari teknologi informasi ini dapat mempercepat medapatkan informasi yang kita perlukan,dapat meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran lebih interaktif
Daftar pustaka
Adri, M. (2008). P e m a n f a a t a n T e k n o l o g i I n f o r m a s i d a l a m P e n g e m b a n g a n M e d i a P e m b e l a j a r a n 1, 1–10.
AGUNG W. SUBIANTORO, M. P. (2011). 2011. Aplikasi Komputer Media Pembelajaran Biologi.
Di, I., Kota, S. M. A., & Patmanthara, S. (2010). Analisis Pelaksanaan Uji Online Pada Kompetensi Teknologi Informasi Komunikasi ( TIK ) Dan Kesiapan, 28–37.
Riyana, C. (2004). Peranan teknologi dalam pembelajaran, 1–16.
Sujoko. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun, 1, 71–76.