Literasi dan Digiital
RINGKASAN
“Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”
Bunz (dikutip indrajit, 2005; 38) menjelaskan “literacy” kemudia berkembang menjadi “Technology” sehingga dikenal dengan “technology literacy”yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebgai alat untuk mempermudah mencapai tujuan.
Ada 5 aspek yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan Kognitif dan teknis (Wijaya, 31) yaitu :
a. Access (akses) : mengetahui, mengumpulkan atau mendapatkan informasi.
b. Manage (Mengelola) : Menerapkan skema klasifikasi atau organisasi
c. Integrate (Meng-integresikan) : mengambarkan ulang informasi, termasuk membuat ringkasan, membandingkan, dan menggaris bawahi.
d. Evaluate (meng-evaluasi) : memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan atau efiseisi dari informasi.
e. Reate (Menciptakan) menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi menerapkan mendesign membuat atau menulis informasi.
A. Tingkat Kematangan literasi TIK
1. Level 0 – jika seorang individu sama sekali tidak tahu
2. Level 1 – jika seorang individu pernah memiliki pengalaman satu dua kali melibatkan Teknologi
3. Level 2 – jika seorang individu telah berkali-kali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam aktivitasnya.
4. Level 3 – jika seseorang individu telah memiliki standar penguasaan dan pemahaman terhadap informasi
5. Level 4 – jika seseorang individu telah sanggup meningkatkan secara signifikan (dapat dinyatakan secara kuantitatif).
6. Level 5 – jika seseorang individu telah menganggap informasi dan teknologi sebagian bagian yang tidak terpisahkan.
B. Literasi Informasi
a. Elemen-Elemen Literasi Informasi
1) Visual Literacy (kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar
Visual literacy terbagi menjadi 3 konstruksi, yaitu: (1) Pembelajaran visual (visual learning), (2) Pemikiran visual (visual thinking), (3) Komunikasi visual (visual communication).
2) Media Literacy (Kemampuan mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik)
3) Computer Literacy (Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia).
4) Digital Literacy (Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital
5) Network Literacy Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving).
C. Model Pencarian Informasi
1. Starting (Mulai), pencarian informasi
2. Chaining (Menghubungkan), mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada.
3. Browsing (Menjelajah), penelusuran semi langsung atau terstruktur
4. Differentiating (Pembedaan), kegiatan membedakan sumber informasi untuk menyaring informasi
5. Monitoring (Memantau),
6. Extracting (Mengambil Sari), pencarian informasi lebih bersifat sistematis.
D. Literasi Komputer
Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.
E. Literasi Digital
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber.
F. Manfaat Literasi Digital
a. Menghemat waktu
b. Belajar lebih cepat
c. Menghemat uang
d. Membuat lebih aman
e. Selalu memperoleh informasi terkini
f. Selalu terhubung , Membuat keputusan yang lebih baik
g. Dapat membuat anda bekerja
h. Membuat lebih bahagia dan Mempengaruhi dunia.
G. Literasi Internet
Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong