Perkembangan IT
1. Jelaskan Perkembangan IT ( Information Technologi ) dalam Pembelajaran.
Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komuni kasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat sejalan dengan perkembangan teknologi telekomunikasi, termasuk jaringan komputer. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung juga telah dikembangkan sebagai upaya untuk mendukung dan Mempermudah aktivitas kehidupan manusia dan organisasi, termasuk kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan sudah mulai memasyarakat, mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, sampai ke perguruan tinggi (Sahid, 2013).
2. Temukan dan jelaskan bentuk-bentuk media pembelajaran berbasis TIK serta bagaiman penerapannya dalam pembelajaran.
1) Media Visual: media yang mampu menampilkan informasi dalam bentuk yang hanya dapat dilihat atau dibaca, misalnya gambar, foto, grafik, diagram, bagan, poster, kartun, komik, buku,
2) Media Audial: media yang mampu menyajikan informasi dalam bentuk yang hanya dapat didengar, misalnya radio, tape recorder, laboratorium bahasa, player MP3.
3) Projected still media: media yang memerlukan proyektor untuk menampilkan informasi dalam bentuk gambar/tulisan yang tidak bergerak, misalnya transparansi slide,slide Power Point, micro film.
4) Projected motion media: media yang memerlukan proyektor untuk menampilkan informasi dalam bentuk gambar/tulisan yang dapat bergerak, misalnya film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
5) Internet. Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protoco) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia
6) Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional (Aditiya, 2013).
7) Electronic Learning (E-learning).
e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning.
3. Manfaat komputer dalam pembelajaran berbasi TIK.
Menurut Sutrisno (2011) bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dimana peserta didik berpikir kritis, peningkatan keterampilan, bekerja sama, membantu interaksi yang kompleks antar kelompok. Sementara menurut Rusman (2007) dalam Setiadi (2016) manfaat TIK antara lain: 1) Komunikasi dapat dilakukan secara cepat, 2) bagi yang telah menguasai TIK, kegiatan Komunikasi Mudah dilakukan, 3) komunikasi dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung, 4) komunikasi bisa dilakukan secara individu atau grup, dan 5) jumlah dan jenis pesan bisa besar dan beragam.
Daftar Pustaka
Niarsa, Aditiya (2013). Studi kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Universitas Negeri Semarang
Sahid (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Universitas Negeri Yogyakarta
Setiadi, Suwito (2016) Aktivitas Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga SMP Negeri 3 Galang
Sutrisno, (2011), Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta, Gaung Persada Press