Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley

26 September 2017 14:39:47 Dibaca : 35

Nama : Ririn R. Masulili

NIM : 431415058

Kelas : C

Rangkuman Hasil Diskusi

      Aplikasi microsoft word adalah suatu aplikasi yang dapat membantu dalam pembuatan , penulisan , pengeditan buku-buku, dokumen, laporan , surat, artikel ilmiah dan juga gambar sesuai dengan keinginan.

Manfaat Microsoft Word

1. Membuat surat resmi yang rapi dan terstandar menggunakan fasilitas template yg telah tersedia.

2. Membuat rancangan buku (booklet) dengan mudah tanpa perlu memikirkan halaman mana saja yang harus berada pada lembar yg sama.

3. Memudahkan membuat brosur berlipat tanpa harus membagi bidang secara manual.

4. Memudahkan membuat surat yg sama dengan alamat tujuan yang berbeda-beda dengan menggunakan fasilitas mail merge.

5. Membuat laporan yang menarik menjadi lebih mudah karena kemudahan dalam meletakkan gambar dan menata paragraf secara kreatif.

     Mendeley adalah sebuah aplikasi yang merupakan piranti lunak dengam memiliki kemampuan dalam menolah database ilmiah berupa e-journal, e-book, dan referensi lainnya. Mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam menyusun karya tulis ilmiah atau skripsi.

      Aplikasi Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa/peserta didik dalam hal sitasi atau penulisan pustaka apalagi dalam penulisan karya ilmiah (makalah, jurnal dan tugas akhir mahasiswa). Setiap penulis dapat mengidentifikasi kualitas dan keaslian (baca melacak) setiap referensi yang digunakan. Disamping itu dengan perangkat lunak mendeley, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen sehingga mahasiswa mampu menghindari plagiarisme. Mendeley akan mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti ScienceDirect, ProQuest, Clinical Key tentunya akan sedikit bermasalah khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut. Kita bisa menggunakan jurnal yang berbayar namun harus dibeli terlebih dahulu pada situs resmi jurnal tersebut. Jika file sudah tersedia pada perangkat komputer dapat langsung dimasukan kedalam aplikasi mendeley. Jadi aplikasi mendeley ini bukanlah aplikasi yang digunakan untuk membeli jurnal-jurnal, namun hanya untuk mempermudah kita dalam pengaturan informasi/referensi yang banyak kita dapatkan. Tentu dengan kemudahan ini kita dapat secara langsung juga memasukan sitasi dan daftar pustakanya.

Menurut Kusmayadi (2014:9), Fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam Mendeley adalah sebagai berikut:

1. Mendeley Desktop, berbasiskan Windows, Macinthos dan Linux.

2. Metadata dapat langsung dibuat dari file PDF.

3. Back-up dan sinkronisasi dilakukan melalui komputer secara silang dengan akun private secara online.

4. PDF viewer untuk membuat catatan, text highlighting dan tampilan secara full-screen.

5. Pencarian dapat dilakukan melalui teks lengkap.

6. Filtering, tagging dan pemberian nama file secara otomatis pada file PDF.

7.Pembuatan sitasi dan daftar pustaka melalui Microsoft Word, OpenOffice.org dan LibreOffice.

8. Impor dokumen dapat dilakukan langsung dari website eksternal (seperti PubMed, Google Scholar, Arxiv, Science Direct, ProQuest, Springer) melalui ikon browser bookmark.

9. Sinkronisasi terhadap hasil ekspor dalam format BibTeX.

10. Private groups untuk bekerjasama dan saling berbagi terhadap anotasi dari dokumen hasil penelitian.

11. Public groups untuk berbagi (share) daftar bacaan yang tersedia.

12. Fitur social networking (newsfeeds, comments, profile pages, dan

sebagainya).

13. Statistik dari dokumen yang banyak dibaca, pengarang dan publikasi.

14. iPhone dan iPad app.

      Untuk aturan penulisan daftar pustaka disesuaikan dengan institut dimana kita berada. Ini berhubungan dngan style penulisan bisa dilihat pada Microsoft word di menu reference. Disitu terdapat banyak style yang bisa digunakan. Hubungannya dengan aplikasi mendeley yaitu jika aplikasi sudah sinkron dengan Microsoft Word akan dengan otomatis daftar pustaka akan tersusun.
Adapun kekurangan Mendeley yaitu import file hanya bisa untuk koleksi digital dengan format pdf dan doc, semua file yang kita upload ke Mendeley akan terunggah ke website Mendeley, restore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, jika berbeda komputer atau new installation OS maka Mendeley menolak dan meminta untuk login ke website untuk melakukan sinkronisasi.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong