Mendeley

04 October 2018 00:13:10 Dibaca : 1151

      Menurut Lukman (2013), mendeley adalah piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam menyusun karya tulis ilmiah atau skripsi selain itu mendeley juga mempermudah kita untuk menemukan jurnal yang kita gunakan. Aplikasi mendeley ini dapat menghindari penulis dari plagiat dan dapat mencantumkan sumbernya dengan benar. Plagiarisme tidak bisa dilakukan karena jika kita melakukan hal tersebut maka sama saja kita mencuri karya orang lain.

     Kesimpulannya aplikasi Mendeley dapat mendeteksi plagiat, mencari jurnal/ artikel, penyimpanan online secara gratis, aturan penulisan dan parafpase. Aplikasi Mendeley membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase.

Fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam Mendeley adalah sebagai berikut:

  1. Mendeley Desktop, berbasiskan Windows, Macinthos dan Linux.
  2. Metadata dapat langsung dibuat dari file PDF.
  3. Back-up dan sinkronisasi dilakukan melalui komputer secara silang dengan akun private secara online.
  4. PDF viewer untuk membuat catatan, text highlighting dan tampilan secara full-screen.
  5. Pencarian dapat dilakukan melalui teks lengkap.
  6. Filtering, tagging dan pemberian nama file secara otomatis pada file PDF.
  7. Pembuatan sitasi dan daftar pustaka melalui Microsoft Word, OpenOffice.org dan LibreOffice.
  8. Impor dokumen dapat dilakukan langsung dari website eksternal (seperti PubMed, Google Scholar, Arxiv, Science Direct, ProQuest, Springer) melalui ikon browser bookmark.
  9. Sinkronisasi terhadap hasil ekspor dalam format BibTeX.
  10. Private groups untuk bekerjasama dan saling berbagi terhadap anotasi dari dokumen hasil penelitian.
  11. Public groups untuk berbagi (share) daftar bacaan yang tersedia.
  12. Fitur social networking (newsfeeds, comments, profile pages, dan sebagainya).
  13. Statistik dari dokumen yang banyak dibaca, pengarang dan publikasi.
  14. iPhone dan iPad app.

Beberapa hal yang harus perhatikan dalam memilih artikel atau jurnal yang digunakan:

  • Jurnal Ilmiah selalu diterbitkan secara berkala, terbit setiap tahun (dinyatakandengan“Volume”) dan dalam setahun bisa terbit lebih dari satu kali (dinyatakan dengan“Nomer”.
  • Diterbitkan oleh lembaga penerbit atau institusi keilmuan(misal: Organisasi Profesi, PerguruanTinggi, LembagaRiset, Penerbit, dll).
  • Struktur utama artikel adalah: Judulartikel, NamaPenulis, Abstrak, Isi, Kesimpulan, DaftarPustaka.

      Untuk pemula penguna aplikasi ini sebaiknya melihat tutorialnya terlebih dahulu kemudian mengikuti langkah-langkah yang ditutorial tersebut agar mempermudah kita dalam penggunaan aplikasi ini. Jika kita tidak mengikuti langkah-langkahnya dengan benar maka kita akan merasa bahwa penggunaan aplikasi ini sangat sulit.

Kelebihan:

  • Aplikasi Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa/peserta didik dalam hal sitasi atau penulisan pustaka apalagi dalam penulisan karya ilmiah (makalah, jurnal dan tugas akhir mahasiswa).
  • Aplikasi Mendeley sangat membantu mahasiswa dalam pembuatan referensi atau mengatur referensi misalnya pembuatan daftar isi, catatan kaki atau foot note, dan daftar pustaka, aturan penulisannya juga sudah teratur sesuai dengan aturan yang digunakan.
  • Perangkat lunak mendeley, penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen sehingga mahasiswa mampu menghindari plagiarisme.

Kelemahan:

  • Tidak memiliki kemampuan database search
  • Import file hanya bisa untuk koleksi digital dengan format pdf dan doc, semua file yang kita upload ke Mendeley akan terunggah ke website Mendeley.
  • Restore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, jika berbeda komputer atau new installation OS maka Mendeley menolak dan meminta untuk login ke website untuk melakukan sinkronisasi

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong