BOTANI TUMBUHAN RENDAH 431-416-005

02 September 2018 22:26:24 Dibaca : 2307

FAMILY CUCURBITACEAE
A. KARAKTERISTIK CUCURBITACE
Kebanyakan Cucurbitaceae adalah tanaman tahunan atau tahunan dengan relatif akar dan tunas tipis. Banyak spesies abadi memiliki akar tuberous atau pachypodia, dan mereka tunas herba mati dan tumbuh kembali secara tahunan siklus (bentuk kehidupan hemikriptofit). Pachypodia dapat mencapai diameter lebih dari satu meter (mis., di Baijiania yunnanensis). Keluarga juga termasuk beberapa spesies semak (Acanthosicyos horridus, Gambar 29, Corallocarpus glomeruliflorus, Momordica spinosa) dan lianas dengan kayu, abadi batang hingga 10 cm (Alsomitra, Bayabusua, Coccinia grandis, Siolmatra, Zanonia; Carlquist 1992). Satu-satunya pohon dalam keluarga, Dendrosicyos socotranus (Gbr. 27), hasil dari kasus ekstrim dari pachycauly, dengan batang hingga 1 m dengan diameter (Olson 2003).
, jarang sekali berupa semak atau perdu, biasanya memanjat dengan menggunakan sulur-sulur alat-alat pembelit yang merupakan metamorfosis cabang, dahan atau kadang-kadang daun penumpu. Daun tunggal, berlekuk, berbagi, sampai mejemuk menjari, tanpa daun penumpu, biasanya duduk tersebar. Bunga aktinomorf, hampir selalu berkelamin tunggal, berumah satu, tetrasiklik, pentamer. Bagian ujung daun-daun mahkota tersusun seperti katup.
(Simphson, 2006)
Benang sari berjumlah 5, jarang bebas, kebanyakan sedikit banyak berlekatan satu sama lain, kepala sari beruang dua, dengan ruang sari terlipat, menghadap ke luar, kelima-limanya bergabung membentuk sinandrium di pusat, atau empat dari kelima kepala sari itu berpasang-pasangan. Bakal buah tenggelam, kebanyakan beruang tiga, dalam, dalam masing-masing ruang terdapat dua tembuni yang membengkok keluar dengan kebanyakan sejumlah besar bakal biji (ada kalanya hanya satu), masing-masing dengan dua selaput kulit biji. Tangkai kepala putik dengan kepala putik yang berbagi tiga seperti garpu. Buahnya pada umumnya berupa buah buni, jarang seperti buah kendaga. Biji tanpa endosperm.
B. Habitat
Distribusinya pada dasarnya adalah tropis dan subtropis, dengan jumlah spesies yang relatif sedikit daerah beriklim sedang di dunia. Udara bagian dari semua spesies sensitif terhadap embun beku. Sebagian besar berasal dari Asia Barat dan indonesia ditemukan di kaki perbukitan atau dataran tinggi Pegunungan Di Indonesia tumbuhan Semangka Bayi termasuk invasif karena aslinya dari daratan Afrika dan Asia. Tumbuhan Jari Kaki Pria ini mampu tumbuh sampai 4 inci per hari, jadi termasuk golongan spesies yang tumbuh super cepat. Penyebaran benih selain dengan manusia, juga mungkin disebarkan oleh burung, tikus, dan mamalia lainnya, seperti babi. Tumbuhan Labu Kecil mampu menyelimuti apa saja, bahkan mampu membunuh vegetasi apapun yang berada di bawahnya. Mula-mula dia memanjat pada tanaman inang. Lama-kelamaan sulur|tendrils dan batangnya membelit batang inangnya. Bila tumbuhan ini mampu mendapatkan sinar matahari maka semakin pesatlah pertumbuhannya dan perlahan tapi pasti membelit dan menutupi vegetasi inangnya.

C. Reproduksi
Bunga dengan kelopak dan mahkota, berkelamin tunggal (sangat jarang biseksual), epigynous, biasanya pentamerous dan aktinomorfik, jarang zigomorfik; corolla aestivation valvate, contort, quincuncial; kelopak (3–) 5 (–10), keseluruhan, 2-lobed atau fringed, jarang dengan skala basal; nektar yang dibentuk oleh mesofil jaringan atau rambut; beberapa spesies dengan minyak bunga kelenjar; androecium dari 3–5 alternipetalous benang sari; thecae 1 atau 2, berbeda atau berkonotasi bersama filamen dan / atau kepala sari mereka; benang sari sering bergabung atau berkonotasi dalam dua pasangan, filamen atau benang sari kadang-kadang berkonotasi ke kolom tengah; biasanya anthers basifiks dan thecae longitudinal dehiscent, lurus atau berbagai bengkok atau dilipat, jarang membentuk cincin horizontal; gynoecium dengan (1–) 3 (-5) karpel, inferior atau semi-inferior; stylodia berbeda atau berkonotasi menjadi gaya tunggal; stigma keseluruhan, lobulasikan, atau dibagi; 1-seeded, biasanya soft-shelled atau hard-shelled beri, kurang sering kapsul, jarang samara atau achenes.
D. Manfaat
Sebagian besar dijadikan sebagai makanan, obat, dan contohnya aspera Cogn Telah digunakan sebagai makanan kaya minyak di Meksiko sejak masa pra-kolonialaya dengan antioksidan, biji semangka dapat memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tubuh tetap sehat. Selain rendah kalori, buah semangka juga mengandung lycopene yang bisa mengurangi kanker. Biji semangka mengandung senyawa arginin yang mencegah tekanan darah terlalu tinggi.

E. Klasifikasi
Keluarganya Cucurbitaceae terdiri dari 97 genera dan 940–980 jenis
1. Alosomitra
Klasifikasi Gambar

Kingdom: Plantae
(unranked: Angiosperms
(unranked: Eudicots
(unranked: Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Alsomitra
Species: A. macrocara

Biasanya Liana yang abadi, berkayu, panjang 30–50 m, batang hingga 15 cm diam, utuh, jarang 3 lobus, Panjang 16 cm; tangkai daun dengan kalus berbentuk cincin basal; tanaman muda dengan c. 1 cm, lonjong, serang, daun auriculate, distichous; sulur dengan elon-terjaga keamanannya, tidak melelehkan bantalan perekat. Laki-laki dan perempuan bunga di malai atau racem; tabung-wadah berbentuk lonceng; kelopak pertama benar-benar berkonotasi dengan orifice lobus 5 menit, pada anthesis yang merobek (2) 3 (4) bagian tidak beraturan; kelopak sempit eliptik, akut, papillose di puncak; benang sari 3, disisipkan dekat mulut tabung; filamen pendek; semua kepala sari 2-thecous atau dua kepala sari 2-thecous dan satu 1-thecous; thecae lurus, vertikal, papillose berbulu; serbuk sari kecil (sumbu kutub 19–26mm, khatulistiwasumbu c. 21mm), 3-colporate, perforasi ke tidak jelas rugul ( pistillode 3, menit; indung telur ellipsoid; placentae 3, apikal; banyak ovula; stylodia 3; stigma berdaging, 2-lobed. Buah yang besar, bulat telur-bulat telur ke kapsul berbentuk silinder bulat telur, berdiameter 20–25 cm., dehiscent oleh celah 3-memancar apikal menjadi 3 katup, matang coklat. Bijinya banyak, pipih, subkini cular ke eliptik, 25-30 oleh 20-23 mm; testa halus, margin dengan sayap besar, membranous, lateral diperluas, seperti kupu-kupu, 10–12 cm lebarnya; kotiledon tersisa dalam biji selama perkecambahan. Satu spesies, A. Macrocarpa (Blume) M. Roem., di Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini; di hutan dataran rendah hutan tropis di tanah liat yang subur; berbunga Desember-Januari, berbuah Maret– Juni (di Jawa).
2. Bayabusua
Klasifikasi Gambar
Regnum : plantae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales Familia: Cucurbitaceae
Tribus: Gomphogyneae
Genus: Bayabusua
Species: B. clarkei

Liana yang berumur, abadi, berkayu, 20-40 m panjang. Daun luas berseri-seri, utuh; tanaman muda dengan daun basal 4-verticillate; sepuluh-dril sepanjang 15 cm, dimasukkan aksilaris, selalu dengan melingkar, bantalan perekat peltate. Bunga jantan di tegak, paku atau racemes aksila; bunga betina soliter atau dalam kelompok kecil; wadah-tabung shal- bentuk cangkir rendah; sepal hampir berbeda, secara luas tumpul-segitiga; corolla rotate; kelopak lebar obovate, hampir berbeda, refleks, ungu-merah, tertutup rapat dengan rambut multisel; benang sari 3, disisipkan di dekat pusat tabung; filamen berbeda; dua kepala sari 2-thecous (setengah thecae cara berkonotasi), satu 1-thecous, krim putih, agak berdaging; thecae lurus, bujur; serbuk sari menengah (sumbu kutub c. 34mm, khatulistiwa sumbu c. 21mm), 3-colporate atau sebagian syncolporate, striate (van der Ham, 1999).
Banyak ovula. Buah a kapsul cylindrical-clavate, c. Panjang 20 cm, buka-ing dengan 3 katup, matang coklat. Banyak biji, dikompresi; testa sangat halus, coklat kusam, margin kasar 8-9 spined, dengan luas melingkar sayap membranous, c.5 cm diam. Satu spesies, Bayabusua clarkei (Raja) W.J.de Wilde, endemik di Semenanjung Malaysia; di hutan pegunungan bawah (200–800 m a.s.l.), luar biasa langka; berbunga di Februari, Juni, Agustus .; berbuah Des. – Feb. foveolate. Biji 1–9, (kecil) dikompresi, ellipsoid; testa tebal, hitam, jarang beraturan, unwinged. n¼ 16 (Thakur dan Sinha 197).
3. Gomphogyne

Klasifikasi Gambar
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Violales
Family : Cucurbitaceae
Genus : Trichosanthes
Spesies :Trichosanthes anguina L.
Pemanjat, pemanjat, atau pendaki herber tahunan atau habis-habisan lers, hingga 5 m panjang; akar berserat. Daun sederhana atau pedately 5– (7–9) -foliolate, petiolulate, ovate menjadi subcircular. Bunga jantan di racemes atau tirani, bunga betina di racemes atau fasikula (jarang soliter), seringkali dengan 1–2 sulur kecil di atas gagang bunga dekat dengan bunga; tabung-wadah berbentuk piring, direduksi; sepal panjang segitiga; corolla rotate; kelopak bunga panjang, putih; benang sari 5, disisipkan di dekat pusat tabung; filamen pendek, berbeda, menyimpang; kepala sari semua 1-thecous; thecae lurus atau lengkung; serbuk sari menengah (sumbu kutub 33–40mm, khatulistiwa sumbu 21–32mm), 3-colporate, striate (Khunwasi 1998; de Wilde dkk.2007a).
Ovarium atau subclavate, 3-locular di apex dan 1-locular di pangkalan; ovula sedikit; stylodia 3, pendek; stigma 2-fid. Buah oveolate. Biji 1–9, (kecil) dikompresi, ellipsoid; testa tebal, hitam, jarang beraturan, unwinged.n¼ 16 (Thakur dan Sinha 1973). Dua spesies, G. Cissiformis Griff. Dan G. nepa- lensis W.J. de Wilde & Duyfjes, di Asia; gunung lereng, hijau sepanjang tahun dan hutan gugur, atau terbuka menggosok.
4. Hemsleya
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Tidak termasuk: Angiospermae
Tidak termasuk: Eudikotis
Tidak termasuk: Asteridae
Ordo: Dipsacales
Famili: Caprifoliaceae
Genus: Linocera L.

Dioecious, biasanya perennial dan tuberous clim- berserabut atau trailer. Meninggalkan pedal (3–) 5–9 (–11) - foliolate, jarang sederhana. Bunga jantan di tirani, bunga betina di racemes; wadah-tabung memutar; sepal oblong atau lanset; corolla sangat bervariasi dalam bentuk; kelopak selubung, lonjong atau bulat telur, putih ke oranye-coklat tua; benang sari 5; filamen pendek, berbeda; kepala sari semua 1-thecous; serbuk sari menengah (sumbu kutub 33–40 mm, khatulistiwa sumbu 21–29mm), 3-colporate, (tidak jelas) striate (Khunwasi1998; de Wilde dkk.2007a).
Indung telur 3-lokular di puncak dan 1-lokular di pangkalan; placentae 3; banyak ovula; stylodia 3, pendek; stigma 2-lobed. Buah klavata-silinder untuk kapsul globose, membuka secara aprik triradiately. Biji dikompresi; testa keras dengan (atau jarang tanpa) yang melingkari kayu (jarang membran) sayap, seragam dalam lebar atau diperluas sepanjang chalaza-micropyle sumbu. n¼ 14 (Samuel et al.1995). Sekitar 30 spesies kebanyakan di Cina, beberapa di Himalaya, Indochina, Malesia Timur.
5. Gynostemma
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Tidak termasuk: Angiospermae
Tidak termasuk: Eudikots
Tidak termasuk: Rosidae
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Gynostemma G
Spesies: G. pentaphyllum

Dioecious atau monoecious, herba kecil atau woody climbers dengan atau tanpa tuberous root- persediaan. Daun 3-9-foliolat (jarang sederhana), selebaran petiolul, margin dentate. Bunga jantan di pani cles, bunga betina di fasik; tabung-wadah direduksi, berbentuk piring; sepal segitiga; daun mahkota memutar; kelopak segitiga panjang, putih kehijauan, subulasikan; benang sari 5, disisipkan di dekat pangkal tabung; filamen berkonotasi menjadi kolom tengah; kepala sari 1-thecous, berkonotasi menjadi kepala pusat; 130H. Schaefer dan S.S. Renne thecae lurus, pendek-ellipsoid; serbuk sari kecil untukmenengah (sumbu kutub 20–35mm, khatulistiwa sumbu 15–23mm), 3-colporate, striate (Khunwasi 1998; deWildeetal.2007a).
Ovarium subglobose, (2) 3–5-lokular; ovula 2 per lokus; stylodia (2) 3 atau 5, pendek; stigma 2-fid. Buah berry kering atau kapsul, (sub) bulat, hingga 10 mm diam membuka secara aprik triradiately. Biji 1–5, berbentuk bulat telur atau subtriangular; testa verrucous, tidak bersayap atau dengan sayap yang melingkar sempit.n¼11 (Gaoet al. 1995).Sekitar 10 spesies di India, Sri Lanka, Cina,Taiwan, Jepang, Indomalesia, Nugini; dihutan basah, belukar, dan padang rumput.
6. Neoalsomitra
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Tidak termasuk: Eudikots
Tidak termasuk: Rosidae
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae

Dioecious (jarang monoecious), abadi (jarang tahunan), herba untuk pendaki berkayu, hingga 30 m panjang, dengan atau tanpa batang bawah tuberous dan dalam beberapa spesies dengan basis bengkak yang mencolok (pachypodium); bagian bawah batang di N. schefferiana (Cogn.) Hutch. dihiasi dengan keras, hijau, 1–2 (–4) cm duri panjang. Daun-daun lobed atau 3-5-foliolat, subkutubuler. Perbungaan banyak bunga, panik. Bunga di malai atau racemes; wadah-tabung berbentuk cangkir; sepal dis- tinct; corolla berputar atau berbentuk cangkir; kelopak sangat pendek-berkonotasi di pangkalan, kekuningan atau kehijauan; benang sari 5, disisipkan secara terpusat; filamen berbeda atau bawaan; kepala sari semua 1-thecous; thecae lurus; polen kecil hingga sedang (sumbu kutub 17–36mm, sumbu khatulistiwa 17 35mm),3 colporate, striate (Khunwasi, 1998).
Indung telur cylindrical-clavate, 3-locular di apex dan uni lokular di pangkalan; ovulasi 5 (–10) per plasenta; stylodia 3, pendek; stigmas reniform; staminoda 0 atau 5. Buah kapsul silinder-klavata, soliter atau dalam kelompok, hingga 8 cm panjang, gundul atau puber, apex truncate, membuka triradiately.
Biji com- ditekan, sebagian besar bertanduk atau berbentuk bintang; testa halus tubercled atau halus dengan margin sempit atau lebar, dengan sayap tembus membran. Sekitar 12 spesies, NE India, Malesia, S China, Nugini, Australia, Fiji; di jurang lembab, hutan gugur, padang rumput dataran rendah dan kering untuk- est, hutan cemara primer, hutan hujan pesisir, tepi sungai.

A.Neoalsomitra angustipetala sebuah Tumbuhnya umbi dengan eophyll sederhana. B Male inflores- kesunyian.C Porsi perbungaan wanita.D, E Bunga jantan. F Bunga betina.G Buah buahan. (de Wilde dan Duyfjes 2003; artis J. van Os)
7. Fevillea L
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Dicotyledoneae
Ordo: parietales
Suku: passifloraceae
Marga: passitlra
Spesies: Passiflora quadrangualaris
Dioecious, perennial, woody climbers, hingga beberapa meter panjang meninggalkan pedal 3–7-lobed atau 3–5-foliolate, dengan 2 kelenjar di ujung distal tangkai daun, atau kelenjar marginal di ujung utama pembuluh darah; sulur pendek atau sangat panjang, apikal 2-fid. Bunga jantan di malai atau fasik, aliran perempuan- ers soliter atau berpasangan; wadah-tabung wadah-dibentuk menjadi berbentuk cangkir; sepal 2 mm, menyatu dengan kelopak di atas; kelopak suborbicular atau oblong-hastate, kehijauan, kuning, oranye, atau kusam coklat, 4 mm panjang, margin bawah menyatu dengan sepal dan memperpanjang tonjolan kelenjar ance, masing-masing petal dengan median uncinate append- usia; benang sari 5, disisipkan di dekat bagian tengah bunga; filamen pendek, berbeda; kepala sari semua 2-thecous; thecae lurus, vertikal; pollen medium- ukuran (sumbu kutub 27–33mm, sumbu ekuator c. 21–34mm), 3-colporate, (kasar) striate (Khunwasi, 1998).
Ovarium obconical, subtrigonous, 3-lokular di puncak dan 1-lokular di pangkalan; placentae 3; ovula 4 per lokus; stylodia 3; stig- mas 2-fid; staminoda 5 atau 0. Buah a globose atau pepo atau kapsul ovate-oblong sepanjang 3,5–16 cm, 3–13 cm dalam diam., Tidak berasap atau circumscissile dehiscent di sepanjang bekas luka kelopak mata, memucat hijau, coklat atau kemerahan. Biji 10–17, orbicular, dikompres, besar, hingga 62 cm dan 3–9 g kering berat badan, atau jauh lebih kecil (dalam F. Anomalosperma M. Nee c. 110,2 cm), kaya minyak; testa pucat coklat, halus untuk striate-verrucous atau pustulate, sering dengan margin sempit seperti sayap. Delapan spesies, dari Meksiko Selatan ke Argentina Utara, juga di Karibia; bisa- tanaman opy di hutan basah atau basah. Fevillea cordifolia L. banyak dibudidayakan untuk biji kaya minyak, dan ini dan F. Trilobata Saya Punya telah digunakan selama berabad-abad oleh pribumi Selatan Orang Amerika sebagai lilin, pencahar, dan penangkal untuk beberapa jenis keracunan (Gentry dan Wettach 1986). Tuan jamur Uromyces novissimus Speg. (Monoson dan Rogers 1978).
8. Anisosperma
klasifikasi Gambar
Kingdom: plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpigiaales
Family: Erythroxylaceae
Genus: Erythroxylum
Spesies: E. Coca
Dioecious, perennial, woody climber, hingga beberapa meter panjang, dengan caudex hingga 5 cm diam. Daun-daun tidak bulat, sederhana, sedikit bulat telur, berakumulasi; sepuluh- mengayunkan kekar, panjang, apikal 2-fid. Bunga jantan di fascicles ketiak, bunga betina soliter atau di pasangan; wadah-tabung piring berbentuk cangkir- berbentuk; sepal 2 mm panjang, menyatu dengan kelopak atas; kelopak bujur-panjang, putih kehijauan, 4 mm panjang, margin bawah menyatu dengan sepal, masing-masing petal dengan tambahan median yang tidak dipotong; benang sari 5, disisipkan di dekat pusat bunga; filamen pendek, berbeda; kepala sari semua 2-thecous; thecae lurus, vertikal; serbuk sari berukuran sedang (sumbu kutub 29mm, sumbu khatulistiwa 31mm), 3-colporate, striate (Khunwasi, 1998).
Ovarium sepenuhnya inferior. Buah bulat telur atau lonjong, subtrigonous, dan segera apiculate, dehiscent oleh longitudinal perpecahan. Biji c. 15-20, suborbicular, terkompresi, 3,5–3,5 cm, lebar 3–4 cm, dan c. Tebal 1,5 cm; testa coklat kekuningan, striate-verrucous, dengan margin seperti sayap yang luas. Satu spesies, A. Passiflora (Vell.) Silva Manso, dari hutan galeri di Brasil. Data filogenetik molekuler menunjukkan bahwa ini genus monotypic adalah saudara Fevillea (Nee et al.2010).
8. Cyclantheropsis
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cucurbita L.
Spesies: Cucurbita moschata
Dioecious, perennial, herba ke kayu lunak pendaki dengan panjang 5 m, dengan batang bawah tuberous. Daun seluruhnya atau 3–5-lobed, pisau bulat telur, pangkal cordate, apically akut; sulur apikal 2-fid. Bunga kecil; bunga jantan di kepompong aksiler, bunga betina 3–6, dalam tirani atau monokasia; wadah-tabung berbentuk piring; sepal segitiga, 0,5-1 mm; corolla biasa; kelopak segitiga, c. 1 mm, berbeda, kuning kehijauan; benang sari 1, sentral; tliecae 2, horizontal, setengah lingkaran, di bagian atas kolom, membentuk cincin split; pollen medium- ukuran (sumbu kutub 29–34mm, sumbu ekuator 24-27mm), 3-colporate, striate (Khunwasi 1998).
Indung telur dikompresi; plasenta 1, apikal; ovul 1; stylodia 3, pendek; stigma 2-fid; staminoda 3, kecil. Buah-buahan 1–4, samara bertekanan eliptik, hingga 55 kali 22 mm, tidak berasap, matang coklat. Penyendiri biji, elips dan pipih, hingga 11 mm; testa pucat coklat, sedikit kasar; germination hypogeal (Zimmermann, 1922).
Tiga spesies, dua di Timur dan Selatan tropis Afrika, dan satu endemik di Madagaskar; di bawah hutan cemara darat, hutan gugur, dan bushland. 132 H. (Schaefer dan S.S. Renner

Cyclantheropsis parviflora Sebuah Simpul dengan sulur bercabang dan perbungaan.B jantan bunga.C Kolom dan diskus.D Anther thecae, dalam rencana. E Bunga betina, tampak samping. F Sama, tampilan wajah. G Stylodia.H Ovarium, bagian longitudinal median. Saya Buah. J Benih, tampilan muka. K Sama, tampak samping. (Jeffrey 1967).
10 .Pteropepon
klasifikasi Gambar
Divisi: Angiospermae
Ordo: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Cucumis
Spesies: C. Sativum
Binomial name: Cucumis sativum
Monoecious atau dioecious, perennial, herba atau pendaki berkayu dengan akar berbonggol. Daun-daun seluruh atau 3–5-lobus, pisau subdeltoid, subcir- cular subcordate atau subtruncate dengan 2 lateral belang-belang kelenjar tepat di atas penyisipan tangkai daun di pangkalan; sulur apikal 2-fid. Bunga-bunga kecil; bunga jantan di malai atau tirani, betina bunga soliter atau sedikit di monochasia atau malai; wadah-tabung berbentuk piring; sepal linear, atau deltoid ke lanset; corolla rotate; petals ovate- lanset, berkonotasi di pangkalan, keputihan, kehijauan atau kekuningan.
Benang sari 1–3, disisipkan di pangkalan tabung; filamen pendek, rekuren, berbeda atau tidak ada atau berkonotasi ke dalam kolom tengah; kepala sari semua 1-thecous atau dua kepala sari 2-thecous, satu 1-thecous atau satu anther 2-thecous dan satu 1-thecous atau hanya satu 2-thecous anther; thecae lurus, horisontal; serbuk sari berukuran sedang (polar sumbu 33–35mm, sumbu khatulistiwa 27–32mm), 3-col-porate, striate (Khunwasi 1998). Oblong ovarium, sangat kuat subtrigonous, 1-locular dengan plasenta apikal; ovul 1; stylodia 3; stigma 3, 2-fid; staminodes berkurang. Buah a samara berserat besar dengan 1 kontinyu, melingkari cling wing atau kecil, membranaceous, dengan 2 lat- sayap eral, soliter atau 2–3, dikompresi. Benih soliter, independen, terkompresi; testa verrucous atau scrobiculate. Lima spesies di Amerika Selatan, dua di antaranya endemik di Argentina (Martinez Crovetto 1952). Satu di Peru, dan dua di Brasil; di jurang lembab dekat dengan sungai, hutan hujan primer, dan sekunder menggosok.
11. Sicydium
klasifikasi Gambar
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
(tidak termasuk) :Eudicots
(tidak termasuk) :Rosids
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae

Dioecious atau jarang monoecious, perennial atau pemanjat herba tahunan dengan tuberous atau akar berserat. Daun (sub) berbentuk tali, ujung acuminate; sulur sederhana atau apikal 2-fid. Bunga kecil, di malai; wadah-tabung berbentuk piring; daun mahkota memutar; kelopak ovate-lanset ke segitiga, keputihan-kehijauan; benang sari 3 atau 5, disisipkan di dekat dasar tabung; filamen sangat pendek, berbeda atau berkonotasi menjadi kolom tengah; kepala sari semua 1 –secorort woanthers2-thecous, one1-the- cous; thecae lurus; serbuk sari kecil sampai menengah- ukuran (sumbu kutub 17–37mm, sumbu ekuator 17–29mm), 3-colporate, striate (Khunwasi 1998 ; Lira Saade dkk. 1998). Staminoda 0 atau 3; ovarium ovoid, 1-lokular; ovul 1; stylodia 3, linier; stigmas linear atau punctiform. Buah baka , bulat, tidak berasap, berdaging atau berserat, matang hitam atau kering, globose achene, c.3 mm masuk diam. Biji soliter, kecoklatan, (sub) bulat.

12. Indofevillea
klasifikasi Gambar
Kingdom: plantae
Kelas: Angiospermae
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Siraiti
Spesies: S. grosvenorii
Pemanjat , hingga beberapa meter panjangnya. Daun-daun kasar, lebar bulat telur, keseluruhan, hingga 20 cm panjang; sulur 2-fid, panjang 20–30 cm. Bunga di kepingan aksila; sepal ovate-lanset, hingga 6 mm panjang; kelopak ovate-lanset, hingga 4 mm; benang sari 5, disisipkan dekat pangkal tabung; filamen sangat pendek, empat pasang, satu berbeda; kepala sari semua 1-thecous; thecae reniform, berbulu; pol- len menengah (sumbu kutub c. 49mm, khatulistiwa sumbu c. 53mm), 3-colporate, reticulate (Khunwasi 1998 ). Ellipsoid ovarium ke lonjong. Buah 3–6 inci kelompok, c. Panjang 30 cm, lonjong, kering, tidak berasap dengan kayu pericarp tebal. Banyak biji, ditekan, tidak melingkar, bulat telur, 3,5–4 cm, c. 2 cm lebar, tebal 0,5 cm; testa kekuningan, halus, samar-samar bersayap.Satu spesies, I. Khasiana Chatterjee, di NE India, Bhutan, Tibet; di hutan terbuka di gunung lereng; berbunga dan berbuah pada bulan Agustus. Sulur sederhana atau 2-fid. Benang sari 5, disisipkan di dekat mulut tabung; filamen pendek, dua pasang berkonotasi di pangkalan, satu soliter; kepala sari semua 1- thecous. Buah-buahan berdaging, tidak berasap. Banyak biji.

13. Thladiantha
klasifikasi Gambar
Kingdom: plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Thladiantha
Spesies: T. dubia

Pendaki herba, dengan akar tuberous. Daun-daun seluruh atau sekitar 3–7-foliolat, susunan dasar. Bunga berukuran sedang; wadah-tabung segera campanulasi atau berbentuk cangkir; sepal linear, lanceo-terlambat, ovate-lanset atau lonjong; corolla campanu- terlambat; kelopak kuning, utuh, bujur, luas bulat telur atau obovate; thecae lurus; serbuk sari besar (sumbu kutub 52–79mm, sumbu ekuator 64-71mm), 3-colporate, reticulate (Khunwasi 1998). Ovarium ovate, bujur atau fusiform, halus atau verrucous; stigma 3, 2-lobed, reniform. Buah halus atau kasar, bergaris atau tidak bergaris. Biji horizontal; testa coklat atau kehitaman. n¼ 9 (Li et al, 1993).
Sekitar 30 spesies di Cina, Taiwan, Tibet, India, Korea, Jepang, Thailand, Vietnam, Indonesia, Filipina, Nugini, satu spesies, T. Dubia Bunge, naturalisasi di Eropa dan N Amerika; di hutan pegunungan dan hutan semak, hutan hujan tropis, hutan sungai, terganggu dan dibudidayakan tanah. Untuk biologi bunga dan penyerbukan, lihat (Vogel, 1990).
14. Baijiania
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Marah
Spesies: M. oreganus
Woody atau pemanjat herba hingga 6 m panjang, dengan umbi bulat kecil atau sangat besar, seringkali sebagai sebagian terkena pachypodia. Meninggalkan ovate-cordate atau bulat telur-lonjong, tidak melengkung atau 2–3-lobus, hingga 30 cm panjang; sulur apikal 2-fid (jarang sederhana), hingga 25 cm panjang. Bunga kecil; wadah-tabung dangkal, berbentuk cangkir; sepal pendek, segitiga-linear atau tri-angular-ovate; kelopak elips, bulat, krim-berwarna atau putih kehijauan, hingga 5 mm; thecae lengkung; serbuk sari berukuran sedang (sumbu kutub 24–25mm, sumbu khatulistiwa 26–27mm), 3 colporate, retic- ulate (Zhang dan Lu 1989).
Disk di bagian bawah 136 (H. Schaefer dan S.S. Renner ).Tabung mencolok, 3-parted; elipsoid ovarium; gayac 2 mm; stigma 3-lobed, lobus berlekuk; staminoda 5, 2 pasang dan 1 soliter. Buah soliter atau 2–3, subglobose atau silindris, 3–4,5 cm di diam., berbulu lembut atau glabrous, jeruk matang. Benih ovate atau bulat telur-lonjong, bulat, c. 5 mm dalam diam. n¼ 16 (B. Yunnanensis) (A.M. Lu & ZhiY. Zhang) A.M. Lu & J.Q. Li). Lima spesies, di Cina, Taiwan, Thailand, dan Kalimantan (Sabah, SE Kalimantan, Sarawak); sepanjang margin hutan, di tempat utama atau sedang. hutan tengkuk.
15. Siraitia Merr
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Siraitia
Spesies: S. Grosvenorii
Pendaki herba sampai 7 m panjang, dengan bola, umbi yang membesar. Daun utuh dan tidak melengkung atau palmately 3–5-lobed, blade ovate-cordate, jarang dentate; tanaman ditutupi dengan hitam, coklat kehitaman atau rambut kelenjar kekuningan; sulur apikal 2-fid. Bunga jantan ke 50 dalam racemes atau malai, bunga betina soliter atau fasciculate; wadah- tabung pendek, campanulasi; sepal utuh, linear ke lanset atau segitiga; kelopak berbeda, membulat, lanset atau obovate-lanset, berwarna krem, 1–3 dengan skala basal yang tidak disembuhkan; benang sari 5, berbeda atau 2 pasang dan satu tunggal, disisipkan di dekat dasar tabung; filamen berbeda; kepala sari semua 1-thecous; thecae lurus, melengkung atau tripli- cate; serbuk sari berukuran sedang (sumbu kutub 35-51mm, sumbu khatulistiwa 36-54mm), 3-colporate, reticulate (Zhang dan Lu 1989; Khunwasi 1998). Ovarium ovoid, berbulu; gaya gagah, puncak 3-lobed; stigma 2-lobed; ovula banyak, horisontal; staminoda 5. Buah (sub) bulat atau silindris, berdaging, tidak berasap, tomentose, matang kuning. Biji sedikit, com-ditekan, subovoid atau ovoid atau lonjong; testa pucat coklat atau kekuningan, jarang dengan 2 parsial longitudinal allel central ridges (S. africana) marginunwingatau dengan 2 atau 3 corky wings.n¼14 (Li et al.1993).Tiga atau empat spesies di India, Indonesia, Semenanjung Malaysia, Thailand, Selatan dan Selatan- Cina barat; hutan di lereng gunung, tepi sungai atau semak-semak.
16. Momordica L.
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Devisi: Spermatophyta
Kelas: Dicotyledoneae
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Momordica
Spesies: Momordica charantia L.
Pemanjat herba atau kayu atau trailer hingga 15 m panjang (jarang semak kecil) dengan berserat atau berkayu, kadang-kadang tuberous dan sangat membesar atau batang bawah. Meninggalkan seluruh atau sekitar 3–7–15-folio- terlambat, sering dengan kelenjar diskoid / nectaries; sepuluh- dril sederhana atau apikal 2-fid (jarang dipasangkan pada node dan spinose); probract absen atau sessile, orbicular. Bunga jantan solit tary atau dalam umbels, racemes, fascicles atau pseudo- malai; bunga betina soliter; tabung-wadah pendek, luas, berbentuk lonceng; sepal utuh; corolla rotate, campanulate-urceolate atau zygo- morfik; kelopak berbeda, utuh, putih, kuning, berwarna krem atau kehijauan, biasanya dengan warna hitam pusat, 1–3 dengan skala yang sudah di-incurved; benang sari 3 atau 2, dimasukkan ke bagian bawah tabung; filamen berbeda; dua kepala sari 2-thecous, satu 1-thecous atau satu 3-thecous dan satu 2-thecous; thecae arkuata, duplikat atau rangkap tiga; serbuk sari besar (sumbu kutub 65–73mm, sumbu ekuator 68–79mm), 3-colporate, reticulate (Keraudren 1968; Khunwasi 1998); ovarium halus, bergaris,tuberkulosis atau papilosa; ovula sedikit ke banyak, horizontal atau independen atau tegak; stigma 3-lobed; staminodes 5. Buah kecil ke besar, fusiform atau ovoid-ellipsoid atau globose, biasanya berduri, tuberku- terlambat, bersayap atau bergerigi, tidak berasap atau pecah oleh 3 katup atau tidak teratur. Biji beberapa hingga beberapa, kuning, coklat atau hitam, sering dengan putih, kuning atau merah ariloid, menengah ke besar, subglobose kedikompresi; testa halus atau berbagai pahatan, margin sering berlekuk; germinasi epigeal atau Cucurbitaceae 137 hypogeal (Zimmermann, 1922; Schaefer, unpubl. data).n¼ 11 atau 14 (Beevy dan Kuriachan, 1996).
Sekitar 60 spesies di daerah tropis dan subtropis Afrika, Arabia, (sub) Asia tropis, Malesia dan Northeastern Australia (Schaefer dan Renner 2010a ; H. Schaefer, monograf dalam persiapan); dua spesies, M. Charantia L. Dan M. Balsamina L., dinaturalisasi di Amerika dan sebagian besar Pulau-pulau Pasifik; di hutan hujan tropis, gugur hutan dan semak-semak, sabana dan semi-gurun. Tuan jamur Puccinia cucumeris Henn. P. Vanderystii Henn., Dan P. Momordicae Kalchbr. Dan Cooke (Berndt, 2007). Untuk biologi bunga dan penyerbukan, lihat Vogel ( 1990).

17. Cogniauxia
Klasifikasi gambar
Kingdom: Plantae
Clade: Angiosperms
Clade: Eudicots
Clade: Rosids
Order: Malpighiales
Family: Dichapetalaceae
Genus: Dichapetalum
Species: D. gelonioides

Dioecious, pemanjat herba atau trailer, hingga beberapa meter panjang. Daun sederhana, pisau bulat telur-cordate, seluruh atau 3â € “5-lobed, hingga 18 cm; sepuluh-Drils 2-fid. Bunga besar, mencolok, 7â € “8 cm diam .;bunga jantan di racemes, bunga betina soliter;tabung wadah memanjang, melebar di puncak;sepal segitiga; kelopak berbeda, asimetris, obovate, kuning keoranye; benang sari 3 (jarang 5), dimasukkan dekat mulut tabung; filamen berbeda; dua kepala sari 2-thecous, satu 1-thecous; duplikat thecae; serbuk sari berukuran sedang hingga besar (sumbu kutub c. 60mm, sumbu khatulistiwa 48â € “51mm), 3-colporate, reticulate tidak teratur (Khunwasi, 1998).
Indung telur sempit; placentae 3; ovula banyak, horisontal; gaya pendek, berdaging; stigmas 2- melengkung; staminoda 5. Buah bulat telur, segera rostrate, berdaging, halus, hingga 15 cm panjang dan 8 cm diam.,
masak merah. Biji dikompres, hingga 2 cm, dengan acuminate apex dan hampir 2-lobed base; testa coklat, halus.Dua spesies di Afrika tropis (Gabon,Kamerun, Kongo, Angola); sepanjang batas hutan dan pinggir jalan, juga di hutan sekunde

18. Telfairia
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Telfairia
Species: T. occidentalis

Dioecious jarang monoecious fide (Akoroda et al. 1990 ). besar, kayu liana, hingga 30 m panjang, dengan kuat, berdaging, ? akar berbonggol. Daun petiolate, pedately (3–) 5-7-foliolate, selebaran ? berbentuk bulat panjang; sulur apikal 2-fid; probracts tubular, dengan nectaries. Bunga besar, mencolok, beraroma manis, harian; bunga jantan di racemes, betina bunga soliter (jarang berpasangan); tabung-wadah pendek, berkemah; sepal segitiga-acuminate, dentate; kelopak c. Panjang 2 cm, berbeda, putih, murni plish atau pink, dibatasi; benang sari 5 atau 3, dimasukkan setengah tabung; filamen berbeda; kepala sari lima, 2-thecous atau tiga (dua 4-thecous, satu 2- thecous); thecae ? lurus; serbuk sari besar (polar sumbu 60–82 m m, sumbu ekuatorial 50–70 m m), 3-col- porate, reticulate (Keraudren 1968 ; Khunwasi 1998 ). ovarium bergaris; ovula banyak, horisontal; stig- mas 3.
Buah berdaging, ellipsoid, hingga panjang 60 cm dan 25 cm dalam diam., beratnya sampai 12 kg, bergaris, dengan atau tanpa kerah, diperluas basal, dengan lilin putih permukaan ketika muda, dehiscing apically oleh 8-10 katup longitudinal. Biji hingga 200, besar, luas bulat telur, 3,5–5 cm dalam diam (Zimmermann 1922 ).
Dikompres, dalam warna kuning- bubur putih-putih, ditutupi oleh sarung berserat, mengandung- minyak nabati; testa kekuningan sampai pucat atau gelap coklat kemerahan, halus atau ? verrucous; germina - tion hypogeal (Zimmermann 1922 ), benih sering berkecambah di dalam buah (Akoroda et al. 1990 ). n ¼ 12 masuk T. occidentalis Hook.f. (Okoli,1987 ).
Tiga spesies di Afrika tropis; di dataran rendah hutan hujan, sering dibudidayakan di desa-desa dan sekitarnya untuk daun dan biji berminyak (Okoli dan Mgbeogu 1983 ).

Bunga berukuran sedang sampai besar; bunga jantan di raceme kecil atau soliter, bunga betina soliter; wadah-tabung memanjang, silindris, apical diperluas, menjadi 20 cm panjang dan 2 mm diam. dekat pangkalan, apikal diperluas hingga ke 12 mm; sepal segitiga-dentiform, sekitar 2 mm; kelopak berbeda, hingga 3 cm, ellipsoidal, putih sampai kekuning-kuningan, margin dengan pinggiran panjang 2 cm; benang sari 5, dimasukkan dekat mulut tabung; filamen sangat pendek; kepala sari semua 1-thecous; thecae
rangkap tiga; serbuk sari berukuran sedang hingga besar (polar dan kapak khatulistiwa c. 46â € “66mm), 3-colporate, (Mikro) reticulate ke striate-reticulate (Keraudren, 1968). Ovarium halus; placentae 3; banyak ovula,horisontal; stigma 3, 2-lobed. Buah pir- berbentuk, panjang 7â € “15 cm, berdaging, halus, indung- , kuning dengan pulp berwarna keputihan. Biji horizontal, berbentuk kacang, besar, hingga 3 cm panjang dan 2 cm diam., kaya minyak; testa pucat berwarna krem, halus, tidak ada margin yang jelas.
Tiga spesies endemik di Madagaskar (Keraudren-Aymonin 1971 ); di sisa-sisa hutan, sangat terancam punah.
19. Ampelosicyos
Klasifikasi Gambar
Kingdm: Plantae
Clade: Angiosperms
Clade: Eudicots
Clade: Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Cucurbita
Species: C.okeechobeensis

Dioecious, pemanjat herba atau trailer ke beberapa meter panjang, dengan akar tuberous besar (berat beberapa kg) atau bawah tanah, tuberous batang bawah, 1 m atau lebih dalam diam. Daunnya sederhana, petiolate, pisau bertengger 3â € “5-lobed; sulur sederhana, panjang. Bunga berukuran sedang, terbuka di malam hari, dengan keharuman yang ringan dan menyenangkan; aliran laki-laki- di pedunculate, rasem panjang, perempuan bunga tidak dikenal; wadah-tabung berbentuk corong, memanjangkan; sepal segitiga, panjang 1 mm; kelopak berkonotasi, putih ke krim, apikal dibagi menjadi pinggiran panjang; benang sari 3, disisipkan di bagian atas tabung; filamen-filamen yang berbeda, sangat pendek; kepala sari semua 1-thecous; melingkar thecae; serbuk sari T. leandrii Keraudr.).
Besar (sumbu kutub c. 55 m m, khatulistiwa sumbu c. 55 m m), 3-porate, verrucate (Keraudren 1968 ). Buah ellipsoid, peprus pepo, panjang 3 cm, 2 cm diam., Atau 12â € “panjang 15 cm dan 5â €“ 8 cm diam., tidak berasap, rostrate, halus. Biji 5â € “6 atau 15â € “25, obovate, asimetris, pipih; testa coklat pucat, halus. Dua spesies endemik di Madagaskar; dalam keadaan kering hutan semak dan daun; sangat terancam punah jangkauan alami mereka tetapi sering dibudidayakan di Eropa sebagai tanaman hias; berbunga September. November.
20. Luffa
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Subfamily: Cucurbitoideae
Tribe: Benincaseae
Subtribe: Luffinae
Genus: Luffa

Monoecious atau dioecious ( L. echinata ), herba pemanjat atau trailer yang sunyi hingga panjang 15 m. Daun-daun sederhana, pisau bulat telur, berseri-seri 3–5- melengkung; sulur apikal 2-6-fid; probract kecil, lingulate. Bunga besar; bunga jantan di racemes, bunga betina soliter; receptacle-tube campan- ulate; sepal 3 atau 5, keseluruhan; kelopak 5, berbeda, seluruhnya, berwarna putih kekuningan hingga ke kuning keemasan; benang sari 5, dimasukkan dekat mulut tabung; filamen berbeda; anthers semua 1-thecous atau dua 2-thecous dan satu 1-thecous; thecae berbelit-belit; serbuk sari (sangat) besar (sumbu kutub 70-110 m m, khatulistiwa sumbu 70-110 m m), 3-colporate, dilubangi menjadi reticulate (Khunwasi 1998 ).
ovarium halus, berusuk, tuberkulasi atau berduri; ovula banyak, hori- zontal; stigma 3, 2-lobed; staminodes 5. Buah kering dengan jaringan fibrosa, subglobose ke silindris, berparuh, halus, bergaris atau berduri, matang coklat, operculate (sebuah pyxidium). Banyak biji, bujur-elips, dikompresi; testa halus, hitam- ish, dengan atau tanpa sempit, memori yang berbeda batas depan dan 2 tonjolan miring di atas hilus pada setiap wajah. n ¼ 13 masuk L. acutangula (L.) Roxb., L. aegyptiaca Pabrik. dan L. operculata L. (Dutt dan Roy 1971 ; Heiser dan Schilling 1988 ; Heiser dkk. 1988 ; Singh 1991 ; Beevy dan Kuriachan 1996). Lima atau tujuh spesies: empat di Afrika, Asia,
Australia, dan Polinesia, satu atau tiga di Central dan Amerika Selatan; di bantaran sungai, di sepanjang hutan margin, dan di tanah yang terganggu.
Spons loofah merupakan bio-penting sumber daya dan permintaan yang terdegradasi dan terbarukan meningkat, bersama dengan minat dalam menghasilkan besar acreages dari Luffa di daerah dengan pertumbuhan yang panjang musim dan suhu hangat, seperti tenggara Amerika Serikat.
21. Trichosanthes L.
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Trichosanthes
Species: T. cucumerina

Dioecious atau jarang monoecious, tahunan atau peren- pemanjat rasial, beberapa dengan kayu batang bawah. Daun sederhana, seluruh pisau atau pal padahal 3–7 (–9) -lebar, jarang senyawa, 3-5 foli- makan, margin biasanya didokumentasikan; sulur 2-5-fid (jarang sederhana), kadang-kadang dengan perekat apikal bantalan; probract sering hadir. Bunga sedang- berukuran besar, sebagian besar harum dan terbuka malam; bunga jantan biasanya bracteate, di racemes, jarang soliter dan coaxillary dengan raceme, bunga betina soliter (jarang di racemes); recep- tacle-tube memanjang, berbentuk tabung ke silinder, sering melebar di puncak; sepal 5, utuh, bergerigi atau laciniate, segitiga untuk lanset; kelopak 5, panjang- lebih sering fimbriate seluruh, putih, jarang pink atau merah; benang sari 3, disisipkan di tengah tabung; filamen sangat pendek, berbeda; dua kepala bayi 2- thecous, satu 1-thecous; thecae rangkap tiga; serbuk sari menengah ke (sangat) besar (sumbu kutub 32-98 m m, sumbu ekuator 34–125 m m), 3 (4) (col) porate, psilate, perforasi, rugulatif, verrucate atau (mikro) reticulate (Khunwasi 1998 ; Pruesapan dan van der Ham 2005 ). ovarium ovoid atau fusiform, glabrous ke vili; placentae 3; ovula banyak, horisontal, ? tergantung; gaya ramping ke filiform; stigma 3, seluruh atau 2-fid.
Buah berdaging, lembek, bulat, bulat telur menjadi ellipsoid atau fusiform, tidak berasap, biasanya gundul dan halus, kadang-kadang bergaris, matang- oranye ke merah (jarang biru metalik). Biji banyak, bujur panjang atau bulat telur, sagittate, atau bulat, 1-loculed, terkompresi atau 3-loculed, turgid, yang dua tempat lateral kosong; testa halus, kuning- ish ke putih, hitam atau coklat gelap, dengan atau tanpa margin yang berbeda; epigeal perkecambahan. n ¼ 11 atau 12 (Beevy dan Kuriachan 1996 ), sampai 2 n ¼ 88 masuk T. kirilowii Pepatah. Sekitar 100 spesies di India, China, Taiwan, Jepang, Asia Tenggara, Nugini, Timur Laut Australia (de Wilde dan Duyfjes 2004 , 2006b ); di hutan lembab; satu spesies, T. cucumerina L. var. anguina (L.) Haines, dibudidayakan di daerah tropis Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Selatan. Tuan rumah dari jamur Puccinia gymnopetali-wightii T.S. Ramakr., Srinivasan dan Sundaram, dan Uredo trichosanthis (Berndt, 2007).
Data filogenetik molekuler menunjukkan itu Gymnopetalum. Sebuah genus itu sendiri adalah polyphyletic (Schaefer et al. 2008a) dan membutuhkan evaluasi ulang.
22. Hodgsonia
Klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked: Angiosperms
(unranked: Eudicots
(unranked: Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Subfamily: Cucurbitoidee
Tribe: Trichosanthee
Subtribe: Hodgsoniina
Genus: Hodgsonia

Dioecious, abadi, woody liana, hingga 30 m panjang, batang sampai 7 mm diam. Tinggalkan sederhana, petiolate (hingga 8 cm), pisau subcircular, secara palmately 3–5-lobed, hingga 25 cm diam .; sulur 2–3-fid; probract seperti duri, c. 5 mm. Bunga besar, harum, terbuka di malam hari; bunga jantan di brac- teate, racikan pedunculate, bunga betina soli- tary (jarang dalam raceme pendek); tabung-wadah memanjang, hingga 12 cm, apikal melebar menjadi cangkir dangkal; sepal 5, kecil (panjang 1-4 mm); corolla rotate; kelopak 5, berbeda, cuneate, hingga 5 cm panjang, putih ke kekuningan, panjang-fimbriate dengan 5–15 cm panjang, spiral atau benang lurus; benang sari 3, disisipkan di bagian atas tabung; filamen berbeda, pendek; dua kepala sari 2-thecous, satu 1-thecous, berkonotasi menjadi kepala bulat; thecae duplikat; serbuk sari H. macrocarpa Cogn.) Sangat besar (sumbu kutub c. 158 m m, sumbu ekuatorial 148 m m), 3-colporate, reticulate kasar (Khunwasi 1998 ); disk 3-parted, gratis atau bergabung ke basis tabung; ovarium subglobose, sekunder 3-carpellate, sekunder 6-locular; placentae 6, parietal; ovula 6 atau 12 dalam 6 pasang agunan, tegak atau tidak; gaya filiform; stigma besar, obconical, 3-lobed; stami- node tidak ada. Menghasilkan buah yang besar, lunak, keras- berdinding, halus atau dangkal beralur 6–12, tertekan bulat, hingga 25 cm diam., dengan 6 besar, sederhana atau majemuk, ovoid, piramida berurat enes. Biji 1–3 per pyrene, pipih, besar, corky, mengandung minyak nabati; testa tipis. n ¼ 9 (Chen, 1993 ).
Dua spesies di Timur Laut India, Bhutan, Cina Selatan, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia; di dataran rendah
dan hutan pegunungan rendah, di tepi sungai; beberapa-kali dibudidayakan untuk benih.
23. Linnaeosicyos
klasifikasi gambar
Kingdom: Plantae
Divisi : Tracheophyta
Class: Magnoliopsida
Superorder: Rosanae
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Sicyos L.
Spesies: Sicyos ampelophyllus
Dioecious, climber abadi atau trailer hingga 6 m panjang, dengan batang bawah berdaging. Daun sederhana, blade reniform ke suborbicular, seluruhnya ke dalam 3-lobed, sisi atas jelas pustulate dengan trikoma pendek pada warna abu-abu keputih-putihan, diskoid, mul- bohlam tiseluler, cystolith-bearing; sulur sederhana, hingga 12 cm. Bunga-bunga soliter; recepta- cle-tube secara luas di campanulasi, pada tunas sampai 20 mm panjang, gundul; sepal 5, sempit-segitiga, c. 10 mm panjang; kelopak 5, bulat telur, 30 mm ? 12 mm, putih dengan vena hijau, fimbriate; benang sari 3, dimasukkan 10 mm di bawah mulut tabung stopkontak; filamen berbeda, c. 1 mm panjang, glabrous; dua anthers 2-thecous, satu 1-thecous, berkoneksi ke dalam kepala, c. 9 mm; thecae rangkap tiga; pollen retic- ulate, 4-colporate, c. 30 m m dalam diam. (Schaefer et al. 2008a ). ellipsoidal ovarium, c. 25 mm; placentae 3; banyak ovula; stigma 3-lobed, lobus melayang; menit staminode. Buah tur- binate ke ellipsoidal, hijau, pendent, 8–12 cm panjang, 3–4 cm diam. Biji dalam bubur yang lunak dan berwarna keputihan, banyak (beberapa ratusan), linier-lonjong, com- ditekan; testa kekuning-kuningan, margin berbeda, rata. Satu spesies, L. amara (L.) H. Schaef. & Kocyan, endemik di Hispaniola (Dominika Republik); di antara kaktus di semak kering dan di hutan kering dari permukaan laut hingga 300–400 m; berbunga Desember hingga Mei, buah matang pada bulan April, Juni, dan Oktober. Data urutan molekuler menunjukkan bahwa cies adalah saudara dari semua Sicyoeae Dunia Baru lainnya (Schaefer et al. 2008a ).
24. Echinocystis
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Echinocystis
Spesies: E. lobata

Pemanjat monoecious, tahunan, herba, untuk sev-panjang eral meter. Daun sederhana, 5-lobed; sulur 3-5 fid. Bunga kecil; bunga jantan di racemes,bunga betina soliter (jarang pasang), coaxillary dengan ras laki-laki; wadah-tabung datar; sepal 6; corolla rotate; kelopak 6, putih; benang sari 3,
disisipkan di dekat pusat tabung; filament sangat singkat; thecae rangkap tiga; serbuk sari besar (polar sumbu c. 54mm, sumbu ekuator c. 60mm),5-colporate, perforate-rugulate (Khunwasi, 1998). Globose ovarium, echinate; placentae 2; gaya sangat pendek; stigma capitate. Buah berbentuk bulat telur, berdaging pepo, menggemakan dengan duri ramping, apikal dehis-
sen. Biji 4, dikompresi; testa pucat coklat; ger- epigeal minasi. n¼ 16 (Samuel et al. 1995 ; Gervais dkk. 1999). Satu spesies, E. lobata (Michx.) Torr. & A. Gray, di Amerika Utara Bagian Timur (Stocking, 1955); di semak-semak, sepanjang pinggir jalan, dan di lainnya daerah yang terganggu.

25. Marah
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitaceae
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cyclantherinae
Spesies: Marah

Monoecious (kadang-kadang sementara dioecious), abadi, pemanjat herba atau trailer dengan (sangat) batang bawah tuberous besar, sering sebagai sebagian terkena pachypodia. Daun petiolate, bilahnya bulat, berseri-seri, palmately 3–9-lobed; sulur sederhana atau 2-3-fid. Bunga jantan di racemes atau malai (atau soliter), bunga betina soliter, sering coaxillary dengan laki-laki; wadah-tabung cam- panik untuk berbentuk piring; sepal 5, filiform atau tidak hadir; corolla dengan lebar 3–15 mm (lebih lebar pada wanita), berbentuk cangkir untuk memutar; kelopak 5, bujur sangkar ke lanceo- akhir, putih atau krem hijau kekuning-kuningan; benang sari 3 (jarang 4), disisipkan di dekat pusat tabung; filamen berkonotasi menjadi kolom tengah; kepala sari dipelintir bersama; thecae flexuose; serbuk sari besar (sumbu kutub 61–92 mm, sumbu khatulistiwa 54–88 mm), 4–5-colporate, perforate-rugulate (Khunwasi, 1998 ); ovarium bulat telur untuk globose, rostrate, glabrous atau setose; placentae 2–4; gaya pendek; stigma 1, hemispherical, 2–5-lobed; ovula 1–8 per lokus, tegak; staminoda 0–3. Buah kering, bulat, bulat telur, atau kapsul lonjong, tidak teratur pecah, simetris, 3-6 cm dalam diam., berduri atau setose, terkadang rostrate, glabrous atau tomen- tose. Benih 4–30, ? globose, turgid, hingga 3,5 cm di diam .; testa halus, kekuningan hingga abu-abu, margin tidak berbeda; germination hypogeal; n ¼ 15 (Parfitt et al. 1990 ). Sekitar tujuh spesies di Barat dan AS Tenggara (Washington ke California, Arizona, New Mexico) dan Meksiko; dalam lembab ngarai dan semak belukar; berbunga di Februari– Juni.
26. Frantzia
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Malpigiales
Famili: Phyllanthaceae
Genus: Phyllanthus L.
Spesies: Phyllanthus acidus

Pemanjat monoecious, abadi, herba, sampai beberapa meter panjang, dengan akar berbonggol; sepuluh- drils 3- hingga 5-fid. Daun sederhana, panjang-petiolate, yang pisau melengkung atau angulate telapak. Bunga kecil; bunga jantan di racemes, bunga betina soliter atau 2-5, sering coaxillary dengan perbungaan pria; wadah-tabung semi-bulat, dengan 10 kantong seperti nektar di pangkalan, beberapa spesies dengan payung- seperti menutupi nectaries; sepal 5, tri- sudut atau tebal dan bulat; corolla rotate; kelopak 5, ovate-lanceolate, puncak akut, putih; benang sari 3, dimasukkan ke dasar tabung; filamen berkonotasi menjadi kolom tengah; dua anthers 2-thecous, satu 1-thecous atau anthers nate menjadi kepala subglobose; thecae fleksibel; serbuk sari besar (sumbu kutub 74–77 m m, khatulistiwa sumbu 85–88 m m), 7–10-colpate, echinate (Khunwasi, 1998 ); fusiform ovarium, setose; plasenta 1; gaya 1, pendek; stigma 3–5-lobus, lobus refleks; ovule 1, independen. Buah berukuran sedang, 3-6 cm panjang, berdaging, bulat telur hingga fusiform, indehiscent, sul- cate di puncak, jarang berduri di sepanjang punggung bukit atau di apeks atau gundul, hijau matang, kuning- ish atau ungu.
Biji soliter, bulat telur, pipih, independen, berkayu, berkecambah di dalam buah. Nomor Chromosome adalah n ¼ 12 masuk F. villosa Wunderlin dan n ¼ 14 masuk F. venosa L. D. Gomez (Mercado dan Lira Saade 1994 ). Sekitar lima spesies di Amerika Tengah (Costa Rika, Nikaragua, Panama); di hutan dan scrub sekunder (Wunderlin 1976 ); satu spesies, F. tacaco (Pittier) Wunderlin, secara luas sayuran yang dibudidayakan. Data molekuler (Sebastian et al. 2010 dan unpubl. data) menunjukkan bahwa monofiletik Frant- zia minimal termasuk F. pittieri (Cogn.) Pittier, F. tacaco , F. talamancensis Wunderlin, F. venosa L. D. Pergi ́ mez, dan F. villosa Wunderlin.
27. Sicyos L.
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Subfamily: Cucurbitoideae
Tribe: Sicyeae
Subtribe: Sicyinae
Genus: Sicyos

Monoecious, tahunan atau abadi, herba pendaki atau trailer, hingga 10 m panjang, dengan berserat ke akar tuberous atau batang bawah kayu. Daun-daun sederhana, petiolate (jarang sessile), pisau angulate atau lobed, jarang suborbicular; tendril (2) 3–5 (6) - fid, jarang sederhana, dengan gagang panjang gagah. Bunga kecil (bahkan menit), putih, kehijauan atau kuning; bunga jantan di racemes atau malai, bunga betina soliter, di racemes kecil, umbels atau kapitula padat 3–40 (jarang sekali atau pasang), biasanya coaxillary dengan bunga jantan, kadang-kadang tertutup dalam sepasang bract dentate; wadah-tabung berbentuk cangkir untuk luas campanu terlambat, kadang diadu dengan foveolae nectariferous (kantong); sepal 5 (jarang 3–4), sangat kecil; corolla rotate; kelopak 5 (jarang 3–4), pada dasarnya berubah nate, putih atau hijau kekuning-kuningan; benang sari (2) 3 (–5), dimasukkan dekat pangkal tabung; filamen lebih banyak atau kurang berkonotasi ke kolom pusat; kepala sari sessile; thecae sigmoid, lentur, atau lurus; pol- len menengah ke besar (sumbu kutub 31-92 m m, sumbu ekuator 34-110 m m), 6–12-colpate, echi nate (Khunwasi 1998 ); ovarium ovoid, fusiform, sudut, atau jarang bersayap, ? puber; ovul 1, independen, refleks; gaya ramping atau berdaging; stigma 2–3, ? melebar, sering refleks. Buah-buahan berdaging atau kering, tidak berasap, bergerombol di capitula, kadang-kadang tertutup oleh daun atau bracts halus, kecil atau hingga 20 cm ( S. edulis ), bulat telur hingga fusiform, dipersenjatai dengan baret retreton atau tidak bersenjata, kesempatan- sekutu samara bersayap, gundul atau vili. Benih soliter, tumid dikompresi; testa halus, tidak ada margin yang jelas. n ¼ 12 masuk Sicyos angulatus L. (Turala-Szybowska 1990 ) dan S. nihoaense H. St. John (Carr, 1985 ), n ¼ 12, 13, atau 14 di S. edule Jacq. (Beevy dan Kuriachan 1996 ), n ¼ 14 masuk Microsechium compositum Donn. Sm., n ¼ 14 masuk M. hintonii (Paul G. Wilson) C. Jeffrey, dan n ¼ 15 masuk Sechium chinantlense (Mercado dan Lira 1994).
Sekitar 75 spesies, sebagian besar dari Meksiko ke Argentina, Hawaii, Amerika Utara (2 spesies), Australia, Selandia Baru, Norfolk, dan Lord Howe Pulau, Galapagos (Sicyocaulis pentagonus Wiggins, Sta. Cruz, Isabela; S.Villosus Hook.f., Floreana, hanya diketahui dari koleksi jenisnya oleh Darwin dan tampaknya punah), S. Polya canthus Cogn. Di Afrika (diperkenalkan); hutan margins, lereng bukit, pembukaan, pinggir jalan, padang rumput, koloni burung laut.
Menurut hasil filogenetik molekuler (Sebastian et al.2010, dan batal. data), semua monotypic atau genera kecil yang terdaftar diatas bersarang di antara spesies Sicyos, termasuk Sechium P. Browne, Sechiopsis Naudin (termasuk Pterosicyos Brandegee, seperti yang disarankan oleh Kearns 1992), Sicyosperma A. Gray, Sicyocaulis Wiggins, Parasicyos Dieterle, dan Kosta RikaL. D. Pergi ́mez, yang karenanya kami sinonimkan di sini dan dengan transfer resmi yang diperlukan dalam waktu yang akan datang kertas.
28. Hanburia
klasifikas Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Hanburia
Spesies: Hanburia mexicana

Pemanjat monoecious, abadi, herba, hingga 15 panjang m. Daunnya simpel, bilahnya bulat lebar menjadi cordate atau pentagonal, seluruh atau 3â “7-lobed, beberapa spesies dengan kelenjar diskoid di dasar daun; sulur 2â “5-fid (jarang sederhana), kadang-kadang dengan disk perekat. Bunga berukuran sedang hingga besar, beberapa spesies dengan aroma vanili; pria bunga di racemes pedunculate, bunga betina tersendiri; wadah-tabung pendek, urceolate-cylin- drical atau berkemah; sepal 5, pendek, triang- Ular atau linier untuk subulate; corolla campanulate; kelopak 5 (6), segitiga, Panjang 5–30 mm, kuning atau (hijau-putih); benang sari 3â € “5, disisipkan di dekat dasar tabung; filamen berkonotasi menjadi pusat kolom; kepala sari berkonotasi menjadi pusat, bundar kepala, semua 1-thecous; thecae rangkap tiga atau konvoi kecapi; serbuk sari (sangat) besar (sumbu kutub 88- 122) m m, sumbu khatulistiwa 82â € “130 m m), 4â € “7-colporate, perfo- rate-rugulate (Khunwasi 1998 ); ovarium ovoid ke subglobose atau miring, kebanyakan rostrate, hispid; ovula beberapa, tegak untuk naik; gaya memanjang; stigma melempari. Buah berdaging, panjang 11â € “14 cm, 7,5 cm dalam diam., setose, rostrate, asymmetrically mar- supiform, secara eksplosif dehiscent. Biji sedikit, besar, bundar, hingga 2-4 cm dalam diam., atau bulat telur ke pir- dibentuk, dikompresi, bersudut tegak, dalam warna putih,
bubur spons; testa hitam ke abu-abu, halus atau sangat rugulatif, margin berbeda. Tujuh spesies di Tengah hingga tropis Selatan Amerika; di hutan hujan primer dan terganggu, hutan gugur, dan hutan awan.
29. Cyclanthera
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Rosids
Order: Cucurbitales
Family: Cucurbitaceae
Genus: Cyclanthera
Species: C. pedata

Monoecious, tahunan atau abadi, herba pendaki, hingga 10 m panjang, kadang-kadang dengan kayu mendasarkan. Meninggalkan sederhana atau dengan hati-hati 3–7-foliolate, the pisau lanset untuk orbicular, seluruh atau 3–9-lobed; sulur sederhana atau 2-fid (jarang ke banyak-fid), ke Panjang 30 cm. Bunga kecil sampai sedang; pria bunga dalam racemes atau malai, bunga betina biasanya soliter (jarang dalam kelompok 2–3), sering coaxillary dengan perbungaan pria; wadah- tabung berbentuk cangkir, cupular atau elongate-tubular; sepal 5, subulate, dentiform sampai filiform atau tidak ada; corolla rotate; kelopak 5 (–10), kuning, putih atau kehijauan, bersatu hanya di pangkalan, (ovate-) triangu lar to lanceolate, biasanya akut; benang sari 3, menyatu, disisipkan di tengah tabung; filamen bersatu menjadi pendek atau panjang, berbentuk botol sentral kolom.
Kepala sari berkonotasi menjadi kepala bulat; thecae bersatu menjadi horisontal, datar atau 10-dilipat cincin, membuka dengan perpecahan terus menerus; serbuk sari menengah ke (sangat) besar (sumbu kutub 58-107 m m, sumbu khatulistiwa 45–167 m m), 4–11-colporate, perforate-rugulate (Khunwasi 1998 ); ovarium ovoid oblique, hirsute, echinate atau setose, bercotok, 1-locular; ovula sedikit ke beberapa, naik; gaya sangat pendek atau panjang, ramping; stigma besar, sub- bulat atau bulat. Buah (oblique) berbentuk bulat telur ke segitiga atau reniform, ? berdaging, setose, setiform atau echinate, jarang glabrous, eksplosif dehis- sen, jarang tidak berasah. Biji tunggal atau banyak, dikompres, miring, 2-lobed di puncak dan dasar, berbentuk kura-kura; testa crustaceous, verumarik. n ¼ 16 (Samuel et al. 1995 , Gervais dkk. 1999 ).
Sekitar 40 spesies di Amerika Serikat Barat Daya, Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan, satu spesies membentang ke kepulauan Galapagos; pinggir jalan, pembukaan hutan, di tepi sungai dan pemekaran. tanah yang ditanami, lindung nilai, hutan gugur tropis, di hutan dataran rendah lembab, hutan xeric kering, dan hutan awan pegunungan.Cyclanthera pedata (L.) Schrad. dibudidayakan di Asia. Data filogenetik molekuler menunjukkan itu Rytidostylis dan Pseudocyclanthera bersarang dalam Cyclanthera .

30. Echinopepon
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Cyclantherina
Spesies: Echinopepon

Monoecious, tahunan atau abadi, herba pendaki, hingga 5 m panjang, dengan akar berserat atau batang bawah kayu. Daunnya simpel, bilahnya tipis, angulate-cordate, seringkali palmately 3–5 (–9) –lobed atau dibedah, marginkan seluruhnya atau didokumentasi; sepuluh- sederhanakan atau 2–3-fid. Bunga kecil; laki-laki inflo- kehilangan raseme atau malai, bunga betina
kebanyakan soliter; wadah-tabung berbentuk cangkir untuk urceolate atau dangkal berkemah; sepal 5, kecil atau menit, hijau; corolla rotate atau cam-
panik; kelopak 5, bulat telur-segitiga, putih atau berwarna krem, kadang-kadang menonjol pada kelenjar( E. insularis); benang sari 3–5; filamen berkonotasi menjadi kolom tengah; anthers berbeda, semua 2-thecous; thecae lurus, melengkung atau duplikat; serbuk sari (sangat) besar (sumbu kutub 58–168mm, equa-torial axis 78–168mm), 5–14-colpate atau colporate, beberapa pantocolpate-tidakertertata, kadang-kadang colpi dengan margin yang berbeda, perforasi
(beberapa lemah verrucate atau mikro-retikulat) (Khunwasi 1998); ovarium ke ovoid, bercotok; placentae 1–2; ovul 1–5 per locule, ereksi ke ascending (jarang horizontal atau independen); gaya pendek; stigma berdaging, subglobose. Buah-buahan bulat telur atau ellipsoid, operculate (sebuah pyxidium), glabrous atau berbulu, sering girang mencolok, rostrate, jarang kering, bawah tanah (hingga 3,5 cm), pada 6-9 cm gagang bungaE. arachnoideus). Biji tunggal atau sedikit, segi empat atau sudut-ovoid, dikompresi; testa halus, rugose atau pahatan, tidak berbeda batas. n¼ 12 (Ward dan Spellenberg 1988). Sekitar 20 spesies, Amerika Serikat Selatan ke Argentina Utara (Gentry 1950 ; Dieterle 1974;Monro dan Stafford 1998); di pembukaan hutan, semi-gurun dan jurang, di lereng bukit, pinggir jalan, bukit pasir dan pantai kerikil tepi pantai, ada pula yang gulma tanah yang dibudidayakan Sulur sederhana atau 23 fid, jarang absen. Benang sari 2, 3 atau 5. Buah berdaging, tidak berasap. Bijinya sedikit atau banyak.
31. Bambekea
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Tracheophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Bambekea
Spesies: Bambakea racemosa

Dioecious, abadi, woody climber atau trailer, ke Panjang 15 m, dengan batang bawah tuberous yang besar, hingga 25 cm dalam diam. dan 1 m panjang. Meninggalkan sel telur secara luas, seluruhnya hingga palmately 3–5 (–7) -lebar; sulur 2-fid, sepanjang 20 cm. Bunga dalam racemes, seringkali dengan bunga soliter coaxillary; wadah-tabung sangat pendek, lebar, dangkal; sepal kecil; corolla rotate; seluruh kelopak, berbeda, kekuning-kuningan hingga jingga; pria kelopak 6 mm panjang, 4,5 mm lebar; benang sari 5, dimasukkan dekat mulut tabung; filamen berbeda; kepala sari semua 1-thecous; thecae rangkap tiga; serbuk sari berukuran sedang (sumbu polar c. 38 m m, equa- torial axis c. 40 m m), 3-colporate, reticulate (Khunwasi 1998 ); bunga betina dengan sepal ke 7 mm panjang, kelopak hingga 12 mm, lebar 5 mm; elipsoid ovarium menjadi silinder; ovula banyak, hori- zontal; gaya berdaging, 7–8 mm; stigmas globu- lar; staminodes 5. Buah hingga 8 dalam racemes, globose, c. 2,5 cm, dengan bau seperti labu yang kuat, gaya dan kelopak bertumpu pada buah. Biji banyak, c. 5 mm; testa halus. Satu spesies, B. racemosa Cogn., Di daerah tropis Afrika Tengah dan Barat (Nigeria, Gabon, Gading Pantai, Kamerun, Kongo); di dataran rendah sekunder hutan hujan.
32. Eureiandra
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Benincasinae
Spesies: Eureiandra

Dioecious, perennial (jarang tahunan), Herba untuk pendaki berkayu dengan batang bawah tuberous (hingga 20 cm dalam diam.). Daun seluruhnya atau palmately 3â € “5-lobed; sulur sederhana. Bunga sedang- berukuran besar, sering pada tunas tanpa daun; aliran laki-laki-ers secara singkat, fascikel atau fasia sputum, bunga betina soliter; wadah-tabung sempit campanulasi dan apikal membesar, pendek; sepal lanset, akut, acuminat, pubis halus-sen; kelopak berbeda, hingga 3,5 cm, berwarna krem ke oranye-kuning (jarang putih), obovate, bulat, apikulat; benang sari 5 atau 3, dimasukkan sekitar setengah tabung; filamen berbeda atau 2 pasang berkonotasi; kepala sari semua 1-thecous atau dua 2-thecous dan satu 1-thecous; thecae rangkap tiga, glabrous atau teliti untuk berbulu mencolok; serbuk sari besar (sumbu polar 54-79)mm, khatulistiwa sumbu 63â € “79mm), 3-colporate, reticulate (Khunwasi 1998); ellipsoid-silinder ovarium, bercotok; ovula banyak, horisontal; stigma 3-lobed; stami- simpul 3â € “5. Buah dengan panjang 13 cm dan diameter 8 cm. ellipsoid atau silindris, rostrate, berdaging, indungsen, memarut oranye menjadi merah. Biji bulat telur menjadi bundar; testa kehitaman, halus atau fibrillose, margin tidak berbeda atau sempit. Sekitar delapan spesies di daerah tropis dan subtropiscal Afrika, satu spesies, E. balfouriiCogn., endemik di Socotra; di hutan dan berhutan padang rumput, hutan pantai.
33. Dendrosicyos
klasifikasi Gambar
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudicots
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Dendrosicyos
Spesies: D. socotranus

Pohon monoecious, perennial dengan batang kembung, 3(–6) m tinggi dan 1m dalam diam. dan sedikit, tebal, cabang independen. Meninggalkan ovate-cordate, dalam Pedately 4-6-lobed, duri, margin bergerigi, dengan karakt