Pendidikan Dalam Lingkungan Masyarakat

22 March 2017 12:33:55 Dibaca : 3654

Pendidikan Di Lingkungan Masyarakat

Pendidikan di lingkungan masyarakat yaitu pendidikan yang kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita misalnya di sekitar rumah. Pendidikan ini sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter seseorang. Tapi tidak semua pendidikan dari masyarakat dapat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang, semua tergantung dari individu tersebut. Misalnya orang yang tinggal di daerah yang tingkat kriminalitasnya tinggi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa semua itu akan berpengaruh terhadap perilaku dari individu tersebut.

Masyarakat sebagai lembaga pendidikan ke tiga setelah keluarga dan sekolah, mempunyai sifat dan fungsi yang berbeda. Masalah pendidikan di kelurga dan sekolah tidak bisa melepaskan dari nilai-nilai sosial budaya yang di junjung tinggi oleh semua lapisan masyarakat. Setiap masyarakat mempunyai karakteristik tersendiri sebagai norma khas dibidang sosial budaya yang berbeda dengan karakteristik masyarakat lain, namun juga mempunyai norma-norma yang universal dengan masyarakat pada umumnya.

Di masyarakat terdapat norma-norma sosial budaya yang harus diikuti oleh warganya dan norma-norma itu berpengaruh dalam pembentukan kepribadian warganya dalam bertindak dan bersikap. Norma-norma masyarakat yang berpengaruh tersebut sudah merupakan aturan-aturan yang ditularkan oleh generasi tua kepada generasi mudanya. Penularan-penularan yang dilakukan dengan sadar dan bertujuan ini sudah merupakan proses pendidikan masyarakat.

Kelompok-kelompok masyarakat yang terdiri dari dua orang atau lebih dan bekerjasama di bidang tertentu untuk mencapai tujuan tertentu adalah merupakan sumber pendidikan bagi warga masyarakat, seperti lembaga-lembaga sosial budaya, yayasan-yayasan, organisasi-organisasi, perkumpulan-perkumpulan, semuanya itu merupakan unsur-unsur pelaksana asas pendidikan masyarakat.

Pendidikan tidak bisa lepas dari efek-efek luar yang saling mempengaruhi keberadaannya, terutama bagi masyarakat sekitarnya yang mempunyai hubungan saling keterantungan. Dalam hal ini, pengaruh masyarakat pada dasarnya tergantung pada luas tidaknya kualitas out put tersebut dengan disertai kualitas yang mantap, dalam artian mampu mencetak SDM yang berkualitas maka tentu saja pengaruhnya sangat positif bagi masyarakat.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll