Pemanfaatan Program Aplikasi Microsoft Excel

07 October 2018 16:14:38 Dibaca : 1709

1. Komponen-komponen yang terdapat pada Microsoft Excel
Office Button, Quick Acces Toolbar, Tiittle Bar, Ribbon, Name Box (Bar Nama), Formula Bar, Kolom (Column), Baris (Row), Sel (Cell), Lembar Kerja, Tabulasi Worksheet, Navigasi Worksheet, Zoom Level, Scroll Bar.
1. Office Button
Merupakan pengganti menu file yang terdapat pada Ms. Excel versi sebelum 2007. Berisi perintah-paerintah standar untuk mengoperasikan dokumen, seperti membuka , menyimpan, menutup, mencetak dan sebagainya.
2. Quick Acces Toolbar
Tombol-tombol yanng terdapat pada quick acces memiliki keistimewaan khusus, terletak di bagian sudut kitri atas lembar kerja. ikon yang terdapat pada quick acces toolbar, secara default adalah ikon yang terkait dengan perintah save, undo dan redo. anda dapat menambahkan beberapa ikon quick acces toolbar sesuai dg kebutuhan.
3. Title Bar
Terletak di bagian paling atas pada jendela aplikasi.
4. Baris Tab (Tabs)
Merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian grup yang memuat beberapa tombolperintah utk mengoperasikan Ms. Excel
5. Ribbon
Terletak dibawah tiitle bar , Merupakan bilah yang berisi perintah-perintah dalam bentuk ikon berlabel yang dikelompokkan ke dalam beberapa teb.
6. Name Box
Merupakan letak pointer mouse berada. Penulisan alamatsel diawali nama kolom diikuti nama baris. Misalnya alamat sel A1, terletak pada kolom A baris 1
7. Formula Bar
Terletak dibawah ribbon disebelah kanan alamat sel. bilah ini digunakan untuk menuliskan isi sel yang aktif. Isi dapat berupa angka , teks ataupun rumus. terdapat ikon cancel, enter dan insert function.
8. Grup
Terletak dibawah Tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah dalam ms excel utk menjalankan suatu proses tertentu.
9. Kolom
mulai dari huruf A hingga XFD. Lebar kolom max 255.
10. Cell Aktif
Sel merupakan bagian terkecil dari workbook. cell aktif merupakan bagian cell yang sedang ditunjuk oleh pointer mouse.
11. Baris
Mulai dengan angka 1 hingga 1.084.576 dan batas ketinggian max 409 mm.
12. Navigasi Sheet
Merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi utk pindah antar sheet yg aktif.
13. Tabulasi sheet
Merupakan lembar kerja utama ms excel yang berfungsi utk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sbg sumber data pembentuk tabel atau laporan.
14. Insert worksheet
Berfungsi untuk menambah atau menyisipkan worksheet baru
15. Pengatur tampilan lembar kerja
Berfungsi untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
16. Zoom Level
Untuk mengatur ukuran tampilan dokumn dalam bentuk lembar kerja
17. Penggulung horizontal
untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri.
18. Penggulung ver tikal
untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah.

2. Manfaat dari Aplikasi Microsoft Excel
a. Beberapa manfaat Microsoft Excel yaitu sebagai berikut:
b. Memudahkan menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik
c. Ketersediaan formula yang banyak memudahkan dalam membuat suatu rumus yang sulit dan variatif
d. Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error
e. Memudahhkan dalam memilah-milah data dengan fasilitas Auto Filter
f. Memungkinkan untuk mengurutkan
g. Dapat memudahkan menginput data dalam jumlah yang banyak
h. Dapat memudahkan mengolah data untuk kewirausahaan dan data penduduk
i. Dapat membantu dalam pembuatan RPP, silabus
3. Kelemahan dari Aplikasi Microsoft Excel
Berdasarkan hasil diskusi kelemahan dari Microsoft Excel antara lain:
Memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien. Apabila salah dalam perumusan rumus maka hasil pengolahan data tidak akan terdeteksi begitu pula dengan grafik apabila salah memasukkan data tabel maka grafik tidak sesuai dengan data.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong