IPTEK Sebagai Landasan Pendidikan

03 April 2017 11:24:37 Dibaca : 4695 Kategori : Pengaruh IPTEK Terha

Pengantar Pendidikan Biologi


Nama : Marwan Hasan


Kelas  : A


Prodi   : Pendidikan Biologi


IPTEK Sebagai Landasan Pendidikan


      Kemajuan ilmu dan teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kebanyakannyateknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan bagi kehidupan manusia. Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya perkembangan IPTEK manusia sangat banyak terbentuk untuk memenuhiberbagai permasalahan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya perkembangan IPTEK tersebut.


      Tidak setiap kemajuan dalam IPTEK membawa keuntungan dan kebahagiaan bagi umat manusia, bahkan membawa masalah-masalah yang justru lebih pelik lagi. Pengaruh perkembangan IPTEK cukup luas, pendidikan juga mendapat pengaruh yang cukup besar. Pengaruh tersebut dapat menimbulkan banyak perubahan dalam nilai-nilai, baik nilai sosial, budaya, spiritual, intelektual, maupun material.


     Perkembangan IPTEK berimplikasi terhadap pengembangan kurikulum yang di dalamnya mencakup pengembangan kurikulum yang di dalamnya mencakup pengembangan isi atau materi pendidikan, penggunaan strategi dan media pembelajaran, serta penggunaan sistem evaluasi. Ini secara tidak langsung menuntut dunia pendidikan untuk dapat membekali peserta didik agar memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapi sebagai pengaruh perkembangan IPTEK.


     Dalam setiap perkembangan atau kemajuan, pasti selalu ada dampak yang timbul, baik itu dampak positif maupun negatif . begitu juga dengan perkembangan IPTEK terhadap pengembangan kurikulum pendidikan.

1. Dampak Positif 

a. Pembelajaran jarak jauh masyarakat indonesia sudah banyak memanfaatkan produk teknologi dalam pendidikan, seperti : Komputer, Internet dan lain-lain.

b. Banyak bermunculan metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan IPTEK terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa agar lebih mampu memahami materi-materi pembelajaran. Misalnya penggunaan LCD dalam pembelajaran, sebelum teknologi berkembang guru cenderung menggunakan metode ceramah yang terkadan membuat siswa merasa bosan.

c. Siswa akan lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat melalui internet, karena internet dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk memperoleh pengetahuan. Siswa dapat menggunakan internet untuk mendapatkan informasi tambahan yang dibutuhkan untuk menambah pengetahuan

2. Dampak Negatif

a. IPTEK digunakan untuk melakukan tindak kriminal. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi, maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

b. Menurunnya motivasi dan prestasi belajar serta berkurangnya jam belajar. Para siswa rela membolos saat jam sekolah dem bermain game-game di internet.

c. TV merupakan salah satu kemajuan IPTEK. Segi negatifnya TV ialah anak cenderung meniru. Kita tahu bahwa anak suka meniru, dan pada masa tertentu, terutama pada awal masa puberitas ada masa anak anak untuk meniru tokoh-tokoh pujaan atau idolanya. Padahal mungkin saja, tidak semua tingkah laku tokoh tersebut baik. Contoh merokok dan lain sebagainya.