PENTINGNYA EKOLOGI BAGI MAHASISWA BIOLOGI

23 March 2017 13:33:25 Dibaca : 5437

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Ekologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
Peran mahasiswa dalam ekologi ini dapat menambahkan wawasan dan timbul cara ingin tahu bagaimana merawat lingkungan yang ada disekitarnya serta interaksi makhluk hidup baik biotik maupun abiotik lingkungan. Oleh sebab itu, keseimbangan kehidupan yang ada dibumi ini tak terlepas dari peran penting basic ekologi yang tanpa kita sadari berlangsung terus menerus sepanjang waktu. Keadaan ini sungguh mengkhawatirkan bila kita tidak hati-hati dalam menjaga keseimbangan alam.
Berhubungan dengan ekologis dalam kehidupan sehari-hari berlangsung tanpa sepengetahuan kita. Dalam arti merujuk kepada hal-hal yang biasa terjadi seperti pemandangan padang rumput yang indah, sejuk, berumput empuk dan asri itu berubah menjadi padang yang tandus, sesak, dan rusak akibat aktivitas makhluk-makhluk hidup yang ada didalamnya. Salah satu penyebabnya adalah disebabkan oleh jumlah penduduk yang meningkat serta populasi hewan ternak yang bertambah. Akibatnya, lahan semakin sempit dan keseimbangannya berkurang. Oleh karena itu, pentingnya mahasiswa-mahasiswa bilogi dalam masalah ini, karena merekalah yang dapat menerapkan atau mengembangkan pentingnya ekologi pada lingkungan. Dengan cara mereka bisa memperbaiki atau merawat lingkungan dengan baik dan mengajak masyarakat-masyarakat untuk bekerja sama menanggulangi lingkungan sekitar dan merawat atau menempatkan peternakan mereka dengan baik . Sehingga kita beradaptasi dengan lingkungan yang baik juga. Adapun manfaat ekologi bagi manusia dan lingkungan hidup sebagai berikut :
1. Mengenal lebih banyak keanekaragaman hayati
2. Mengenal lebih jauh makhluk hidup
3. Membantu mengetahui dampak terhadap lingkungan
4. Membantu memecahkan masalh pangan
5. Membantu memecahkan masalah pertanian
6. Membantu memecahkan masalah energi
7. Membantu memecahkan masalah kesehatan
8. Membantu proses industri yang lebih maju
9. Mengenal kesetimbangan dalam kehidupan

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong