Mengenal Jalur Pendaftaran Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 16:19:59 Dibaca : 6

Universitas Negeri Gorontalo membuka tiga jalur seleksi untuk calon mahasiswa Program Sarjana, yaitu melalui seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur Mandiri. Kuota mahasiswa baru untuk jalur seleksi SNMPTN adalah 25 persen, SBMPTN 35 persen dan Jalur Mandiri 40 persen. Persentase daya tampung mahasiswa baru untuk ketiga jalur seleksi tersebut dilakukan berdasarkan adanya edaran  Permendikbud No. 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi. Selain itu, terdapat surat edaran dari Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kepada Rektor PTN-Badan Hukum di seluruh Indonesia.

Berikut ini penjelasan masing-masing jalur penerimaan tersebut.

 1.Pendaftaran jalur SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat SNMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri. Indeks penilaian SNMPTN adalah prestasi akademik yang dilihat berdasarkan nilai rapot dan portofolio.

SNMPTN dikenal juga dengan jalur undangan Jika kita tidak mendapatkan undangannya, maka kita tidak dapat mengikuti jalur seleksi SNMPTN. Tapi tenang saja masih ada kok jalur seleksi lainnya yang dapat kalian pilih.

 2.Pendaftaran jalur SBMPTN

 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi dengan menggunakan pola ujian tertulis secara nasional. Di jalur ini mengharuskan untuk mengikuti tes tertulis, yang mana semua tesnya diadakan berbasis komputer atau biasanya dikenal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pada seleksi ini ada dua materi utama yang diujiakan yaitu, Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensial Skolastik (TPS). Untuk TKA materi yang diujikan adalah materi-materi rumpun sains dan teknologi (Saintek) dan sosial humaniora (Soshum). Sedangkan untuk TPS akan mengerjakan tes seputar kemanpuan kognitif, penalaran dan pemahaman umum.

 3.Pendaftaran jalur Mandiri

 Universitas Negeri Gorontalo juga membuka Jalur masuk secara Mandiri. Jalur mandiri merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka secara khusus oleh panitia penyelenggara, dalam hal ini panitia Universitas Negeri Gorontalo yang tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

Jalur ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma.Untuk proses pendaftaran dapat dilihat pada situs resmi Universitas Negeri Gorontalo.

 Itulah penjelasan tentang jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi Universitas Negeri Gorontalo. Semoga info ini dapat bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong