PERCOBAAN TELUR ARCHIMEDES

03 February 2013 19:51:12 Dibaca : 6595

Dasar Teori

Berdasarkan hukum Archimedes kita dapat menentukan syarat sebuah benda untuk terapung, tenggelam atau melayang di dalam suatu fluida. Beberapa syarat itu adalah:

Syarat tarapung : massa jenis Fluida > massa jenis Benda

Syarat tenggelam :massa jenis Fluida < massa jenis Benda

Syarat melayang : massa jenis Fluida = massa jenis Benda

Tujuan

Menemukan penyebab/ gejala pada sebuah benda sehingga dapat terapung, tenggelam, dan melayang.

Alat dan BahanGelasTelur mentahAirGaramSendok

Langkah Kerja

Percobaan I

Tuangkan setengah gelas air ke dalam gelas.Perlahan-lahan masukan sebuah telur mentah ke dalamnya.Amati gejala yang terjadi (hasil pengamatan diisi dalam table).

Percobaan II

Perlahan-lahan masukan garam halus ke dalam gelas (percobaan I), lalu aduklah. Banyaknya garam kira-kira 2 sendok, tergantung beratnya telur.Amati gejala yang terjadi (hasil pengamatan diisi dalam table).

Percobaan III

Masukkan setengah gelas air tawar ke dalam gelas (percobaan II). Ini harus dilakukan dengan perlahan dan berhati-hati agar air tawar tidak bercampur air garam. Lakukan hal ini dengan memegang sendok besar, tepat di atas permukaan air garam pada sisi tepi gelas. Tuangkan air dengan melewati sendok dan biarkan air perlahan-lahan mengalir ke dalam gelas, lali keluarkan sendok.Amati gejala yang terjadi.

Hasil Pengamatan

Jenis Percobaan

Percobaan I

Telur Tenggelam

Percobaan II

Telur Melayang

Percobaan III

Telur Terapung

Kesimpulan Hasil Pengamatan

Pada percobaan pertama ketika gelas berisi air dimasukan telur, tgejala yang terjadi telur tenggelam. Ini dikarenakan massa jenis Fluida < massa jenis Benda. Pada percobaan ke dua telur melayang di dalam air dikarenakanmassa jenis Fluida = massa jenis Benda. lalu setelah dimasukan air tawar pada percobaan ke tiga telur terapungdi atas air, ini dikarenakan massa jenis Fluida > massa jenis Benda. Penyebab gejala tersebut adalah penambahan fluida, sehingga pada percobaan ke dua kadar fluida sama dengan benda dan pada percobaan ke tiga kadar fluida lebih besar dari berat benda.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong