Tugas 2 geomorfologi umum

08 September 2017 13:43:07 Dibaca : 90

TUGAS 2

Mata Kuliah : Geomorfologi umum
Pengampu : Intan noviantari manyoe S.si.MT

1. lembah
Lembah adalah dataran atau bentang alam yg terciptah melalui proses geologis dan berada di antara perbukitan atau dikaki gunung yg luasnya bisa mencapai puluhan kilometer bahkan lebih.

2. Struktur geologi
Strutuk geologi adalah struktur yg menyusun batuan dalam kerak bumi seperti lapisan, lipatan dan patahan yg sangat domian dalam proses pembentukan muka bumi.

3. Topografi
Topografi adalah bentuk keragaman muka bumi yg tercipta akibat dari proses endogen dan eksogen
4. Proses endogen
Proses endogen adalah proses kekuatan yang berasal dari dalam bumi yg membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata seperti gunung dan bukit

5. Proses eksogen
Proses eksogen adalah kekuatan dari luar bumi yang membentuk permukan bumi menjadi beragam seperti angin dan temperatur

6. Erosi
Erosi adalah proses pengikisan yg terjadi pada suatu tempat baik pada batuan atau padatan dikarenakan distribusi angin air maupun es.

7. Glasial adalah masa dimana waktu suhu menurun dalam jangka masa yang lama dalam iklim bumi, menyebabkan peningkatan dalam keluasan es di kawasan kutub dan gletser gunung.

2. skala waktu geologi
Dalam susunan sejara geologi kurun archean merupakan kurun tertua sekitar 3.8 miliar tahun lalu dan berakhir pada kurun proterozoikum 2.5 miliar tahun lalu dan kehidupan masi berupa prokaryoyik cels kemudian di lanjutkan pada kurun proterozoikum sekitar 2.5 miliar tahun lalu yang bisa disebut juga kurun pertengahan kehidupan yang ada berupa ekuarotik cels setela itu masuk pada kurun phanerozoikum yang dimulai pada era paleozoikum 542-416 juta tahun lalu pada periode cambrian sampai devonan kemudian kehidupan berupa shelfis, trilobites ,chordates, insects vascular land plants fish. dilanjutkan masa mesozoikum pada periode carboniferious sampai jurassik 359-200 juta tahun lalu kehidupan yang ada berupa fern forests, repties, mammials, dinosaurus, birds. Kemudian masuk pada masa cenozoikum yang dimulai pada periode cretaceous sampai neogene 145 juta tahun sampai 11.500 Ribu tahun lalu kehidupan yang ada berupa flowering planst, primates, mammals, grazing and carnivorous, dan yang terakhir human beings. Itulah penjelasan yang dapat saya jelaskan dari skalah relatif geologi kurun, masa, periode, kala serta kehidupan yang ada pada masa itu.

3. 10 konsep dasar geomorfologi

1. Hukum fisik yang terjadi pada masa periode lalu sama dengan sekarang cuma intensitasnya yang berbeda contnya pengikisan lembah
2. Struktur geologi merupakan faktor yang paling dominan dalam perubahan bentuk muka bumi atau lahan tertentu.
3. Perbedaan bentuk muka bumi yang berbeda antara satu dengan lainnya di akibatkan komposisi pembangunnya yang berbeda pula.
4. Proses geomorfologi yang terjadi selalu meninggalkan bekas yang nyata dan memiliki kharateristik tertentu.
5. Akibat perbedaan tenaga erosi yang bekerja pada permukaan bumi menyebabkan bentuk lahan yang mempunyai kharateristik tertentu pada masa perkembangannya.
6. Evolusi geomorfik campuran atau kompleks lebih umum terjadih lebi umum dibandingkan evolusi geomorfik yang sederhana.
7. Topografi yang paling menonjol di permukaan bumi adalah pada kala yang lebi muda dari kala pleitosen.
8. Untuk memahami bentang alam sekarang kita harus memahami juga bentang alam pada lalu.
9. Iklim, temperatur, dan penguapan sangat berpengaru pada proses geomorfologi pada masa lalu dan sekarang.
10. Geomorfologi pada masa sekarang bermanfaat untuk mengungkap sejarah tentang perkembangan bumi.

4. Tahap-tahap perkembangan lahan
Pada tahapan muda lahan belum terganggu oleh gaya-gaya destruksional dan berbentuk huruf V, pada tahap dewasa perkembangan selanjutnya ditunjukkan dengan tumbuhnya sistem drainasi yang terjadi akibat pengikisan atau erosi baik dari air, angin dan faktor alam lain dengan panjang dan bentuk yang bermacam-macam kedalaman yang dapat membuat bentuk aslinya tidak terlihat lagi. Tahap selanjutnya membuat lahan lebih mendatar oleh gaya destruktif yang mengikis, meratakan, dan merendahkan lahan tersebut sehingga hampir sama dengan ketinggian muka air laut (disebut tahapan tua). proses geomorfologi tersebut dapat terjadi lagi berulang kali dan dapat menjadi Siklus Geomorfik.

5. Aspek-aspek geomorfologi
1. Aspek morfologi terbagi lagi menjadi dua yaitu
- morfometri yaitu tentang ukuran dan bentuk penyusun lahan.
- morfografi yaitu tentang susunan objek alami sesuai dengan proses pembentukannya.
2. Aspek morfogenesa yaitu tentang sejara asal usul pembentukan bentuk lahan dan proses
Perkembangannya membuat bumi mempunyai permukaan yang beragam.
3. Aspek morfokronologi yaitu tentang urutan bentuk lahan dalam proses geomorfologis
Membuat perbedaan umur lahan dalam proses perkembangannya.
4. morfo-Asosiasi yaitu tentang hubungan antar lahan baik itu benda mati maupun benda
Hidup dan merupakan faktor penting perubahan bentuk lahan tersebut.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong