PROFIL JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNG

05 August 2021 13:22:57 Dibaca : 2

Jurusan Matematika (Saat itu Program Studi Pendidikan Matematika) didirikan pada tanggal 11 Juli 1996 berdasarkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 254/DIKTI/Kep/1996, sebagai salah satu Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samratulangi, Manado. Sejak saat itu Jurusan Matematika terus mengalami perkembangan hingga pada saat ini bernama, Jurusan Matematika dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.

Visi Jurusan Matematika FMIPA UNG adalah menjadi lembaga yang unggul dan inovatif dalam bidang Matematika yang berdaya saing di kawasan Asia Tenggara.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka lembaga mencanangkan beberapa misi diantaranya:

Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, inovatif dan berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan profesional yang berdaya saing;Meningkatkan kegiatan penelitian dibidang matematika yang dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan, matematika, dan statistika;Meningkatkan kegiatan pengabdian berupa penyebaran hasil penelitian di bidang pendidikan, matematika, dan statistika;Menjalin kerja sama dengan pemerintah dan perguruan tinggi (dalam dan luar negeri) dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.Untuk mencapai visi dan misi tersebut, Jurusan Matematika FMIPA UNG memiliki tujuan sebagai berikut:

Mewujudkan sistem pengelolaan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif dan berdaya saing;Menghasilkan berbagai jenis penelitian dibidang matematika, statistika, dan pendidikan matematika yang terpublikasi ditingkat nasional maupun internasional;Berperan dalam menyelesaikan permasalahan matematika, statistika dan pembelajarannya ditingkat sekolah melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan guru berbasis hasil penelitian;Membangun kerja sama dalam meningkatkan akses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri. 

PROGRAM PENDIDIKANJurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo saat ini menawarkan tiga Program Studi, yaitu

1. Program Studi S1 Pendidikan Matematika

2. Program Studi S1 Matematika

3. Program Studi S1 Statistika

 

KEUNGGULANDosen tetap Jurusan Matematika yang berjumlah 38 orang seluruhnya berkualifikasi S2 atau S3, dengan bidang kepakaran yang beragam, dari pendidikan matematika, matematika murni hingga matematika terapan. Bidang kepakaran dosen tersebut meliputi pendidikan matematika, matematika murni, matematika keuangan dan pasar modal, matematika komputasi, pemodelan stokastik, pemodelan berbagai fenomena dengan persamaan diferensial, dan pemodelan masalah-masalah lingkungan.

Kepakaran dosen tersebut disinergikan dalam lima Bagian (kelompok bidang ilmu) berikut: 

Pendidikan Matematika;Aljabar;Matematika Ekonomi dan Keuangan;Analisis;Geometri; danMatematika Terapan. 

ALAMATJurusan Matematika

FMIPA - Universitas Negeri Gorontalo

Kampus 1 UNG, Jl. Jenderal Sudirman No. 6, 96128

Kota Gorontalo, Indonesia

Email : matematika@ung.ac.id

Web : http://matematika.fmipa.ung.ac.id

 

SUMBER : http://matematika.fmipa.ung.ac.id/profil/about

Sejarah Universitas Negeri Gorontalo

05 August 2021 13:21:16 Dibaca : 1

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.

Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).

Pada masa pemerintahan gubernur provinsi gorontalo Rusli Habibie, pergantian nama Universitas Negeri Gorontalo sempat diusulkan menjadi UBJ Habibie (Universitas BJ Habibie). Namun kemudian para mahasiswanya menolak. Sebab dianggap akan menghilangkan entitas jati diri rakyat Provinsi Gorontalo. [3]

 

SUMBER : https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Gorontalo

Teknik Geologi

05 August 2021 12:58:52 Dibaca : 4

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong