Mengenai Ilmu Teknik Sipil

09 February 2015 12:55:56 Dibaca : 253

Apa sih "Teknik Sipil" itu?

Mengenai Teknik Sipil, mungkin dalam pikiran orang awam bahwa kata "Sipil" tersebut berhubungan dengan pencatatan atau pendataan masyarakat sipil, atau mungkin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perlu diketahui bahwa Teknik Sipil adalah salah satu ilmu teknik yg mempelajari tentang rekayasa bangunan - bangunan dan juga mempelajari tentang akibat pembangunan bangunan sipil tersebut terhadap masyarakat sekitar dan juga khususnya terhadap lingkungan.

Mengapa namanya "Teknik Sipil"?

Awalnya Teknik Sipil ini masih menjadi bagian dari Militer. Setiap pembangunan yg ada baik Benteng, Barracks, dan semua yg berhubungan dengan bangunan militer dibangun bertujuan untuk mempertahankan daerah dan juga Negara. Tapi setelah semuanya hancur, saat itu para Engineer atau orang yg ahli dalam Bidang ke teknikan ditugaskan untuk membangun kembali bangunan tersebut tetapi untuk masyarakat sipil. Nah pada saat itu semua pembangunan yg ada ditujukan untuk kepentingan masyarakat, Mulai dari Rumah, Dapur masak, Bangunan sawah irigasi, dan bangunan bangunan lainnya.

Apa yang akan kita Pelajari?

- Sangat banyak. Dunia Teknologi takkan pernah ada habisnya sebelum dunia ini berakhir. Selama itu pula banyak yang harus kita pelajari, khususnya di Dunia Teknik Sipil. Masalah pembangunan bahkan terobosan terobosan dalam pembangunan, itu yang akan kita pelajari.

Apa saja yang menarik dalam "Teknik Sipil"

- Yang menarik dari Teknik sipil adalah kemandirian. Seorang sarjana teknik apalagi Teknik Sipil, ketika dia memahami itu dia akan menjadi seorang perancang yang mandiri. 8 dari 10 mahasiswa Sipil menjadi mandiri ketika mereka menyukai ilmu ini, tetapi sebaliknya ketika mereka tidak menyukai atau hanya ikut - ikutan maka sulit baginya untuk menerima ilmu ini dan sulit untuk mandiri. Selain itu, kalian akan menjadi orang yang di perlukan setiap saat. Lulusan teknik sipil tidak hanya mencari pekerjaan, tapi Pekerjaan yang akan mencarinya.

Apa saja pengetahuan umum tentang "Teknik Sipil"?

Perlu diketahui, Ada 5 (+1) Konsterasi yang ada dalam Teknik Sipil.
- Struktur (Structure) : Merupakan ilmu yang mempelajari tentang kekuatan suatu bangunan. Baik ketahanan atau kelayakan suatu bangunan. Dalam bidang ini, sangat diperlukan keterampilan menganalisa serta menghitung yang baik. Karena jika kurang paham akan hal ini maka sangat beresiko untuk membuat suatu bangunan dan bisa - bisa bangunan akan roboh.
- Air (Hidrologi) : Merupakan ilmu teknik sipil yang lebih mendalami tentang perilaku air dan juga bangunan - bangunan struktur seperti Irigasi Bangunan, Bendungan, dan bangunan - bangunan lain yang bersangkutan dengan keairan.
- Transportasi (Transport) : Seperti namanya, Transportasi adalah salah satu cabang ilmu teknik sipil yang memperlajari tentang semua yang berhubungan dengan jalan raya maupun jembatan.
- Tanah (Geologi) : Merupakan salah satu ilmu Teknik Sipil yang mempelajari tentang semua perilaku tanah. Seperti Penelitian stabilitas tanah, Longsor, serta ketahanan tanah terhadap pondasi. Bukan hanya tanah, tapi juga mempelajari tentang pembentukan - pembentukan batuan serta menerapkannya dalam pembangunan.
- Manajemen (Management) : Merupakan ilmu teknik sipil yang mempelajari bagaimana cara mengatur suatu proyek agar tidak terjadi hal - hal yang kurang menguntungkan.
dan +1
- Lingkungan : Ilmu Rekayasa lingkungan memang belum banyak yang belum mengetahuinya. Ilmu ini merupakan salah satu cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari tentang menganalisa suatu lingkungan akibat pembangunan - pembangunan serta globalisasi.

Bagaimana "kita" setelah lulus nanti?

- Pertanyaan ini selalu muncul ketika seseorang penasaran dengan Teknik Sipil. Pasti dalam pikiran orang - orang awam bahwa Lulusan Teknik Sipil akan menjadi Pegawai Negeri Sipil dan Ini sepenuhnya salah. Seorang sarjana Teknik Sipil adalah seorang yang sudah mampu merancang atau merekayasa suatu bangunan. Jadi seorang lulusan teknik sipil memiliki banyak peluang kerja yang banyak selama pembangunan terus berlanjut. Menjadi seorang Surveyor, Konsultan, Kontraktor, dan bahkan Menejer dalam suatu perusahaan. Sekali lagi, Sarjana Teknik Sipil yang hebat akan selalu dikejar pekerjaan daripada mencari pekerjaan.

Jadi? Apakah kalian tertarik menjadi seorang Sarjana Teknik Sipil? apapun jawabannya, ada baiknya anda mendalami ilmu mulai dari hoby kalian. Jika memang anda senang berhitung, bukan tidak mungkin Teknik Sipil adalah tempat yang cocok untuk anda.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong