Target akreditas ung yang sukses tercapai pada tahun 2018

17 September 2020 16:06:01 Dibaca : 1

 Tahun 2018 menjadi masa pencapaian berbagai prestasi diberbagai bidang oleh Universitas Negeri Gorontalo, salah satu prestasi yang terbilang sukses ditorehkan yakni pencapaian akreditasi. Tidak tanggung-tanggung prestasi akreditasi yang berhasil ditorehkan meliputi akreditasi Program Studi (Prodi) dan juga Akreditasi Insititusi.

Dalam hal akreditasi Prodi, total Prodi yang telah terakreditasi A mengalami peningkatan menjadi 9 Prodi, sedangkan sisanya seluruhnya telah terakreditasi B. Sementara itu catatan gemilang juga ditorehkan akreditasi Institusi yang sebelumnya terakredtasi B telah meningkat menjadi akreditasi A institusi.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, tahun 2018 menjadi masa yang penuh dengan kerjakeras dari seluruh civitas akademika UNG, yang mana tahun tersebut bisa dikatakan sebagai tahun kesuksesan akreditasi bagi UNG.

Keberhasil akreditasi tersebut kata Rektor ditandai dengan capaian akreditasi Prodi yang terus mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan hingga saat ini tidak ada lagi Prodi di UNG yang terakreditasi C. Catatan manis tersebut juga disempurnakan dengan akreditasi UNG yang berhasil meraih akreditasi A institusi untuk pertama kalinya.

“Bisa kita dikatakan bahwa ditahun 2018 sangat luar biasa bagi UNG sekaligus merupakanan tahun kesuksesan akreditasi UNG. Fakta tersebut tidak bisa terbantahkan catatan kesuksesan UNG ditahun tersebut memiliki bukti dan harus kita syukuri bersama,” ungkap Rektor.

Berbagai pencapaian ditahun 2018 khususnya dalam akreditasi menjadi catatan keberhasilan yang teramat manis bagi seluruh civitas akademika UNG. Terlebih dalam mewujudkan pencapaian tersebut berbagai daya dan upaya dikerahkan agar memperoleh hasil maksimal.

Materi umum dunia kampus ung

17 September 2020 15:59:56 Dibaca : 0

STATUS AKREDITASI

• Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali PerguruanTinggi yang dibuka setiap tahunnya.• Namun masalahnya? Ada Perguruan Tinggi yang belum atau tidak terakreditasi oleh BAN-PT. Maka sebelum daftar ke Perguruan tinggi kamu harus perhatikan akreditasinya.• Apa itu akreditasi? Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secarakomprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitaspenyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dansatuan pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).• Sekarang kamu bisa cek status Akreditasi Program Studi maupun Perguruan Tinggi secaraonline, melalui website resmi BAN-PT : www.banpt.or.id dengan mengikuti langkah diatas.• Mahasiswa UNG sudah cek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studimu ?

 

PDDIKTI

• Hi Mahasiswa UNG cek data mahasiswa di PDDikti yuk!• PDDikti. Jika anda mendengar kata itu, mungkin ini kali pertama Anda mendengarnya, dan Anda akan bertanya, apa maksud dariPDDikti, atau apa kepanjangan dari PDDikti?• PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) menampung segala informasi aktivitas di perguruan tinggi, termasuk dosen danmahasiswa. Data dosen diantaranya meliputi data diri dosen, kegiatan pembelajaran, jabatan fungsional, tingkat pendidikan,status, sertifikasi dosen dan sebagainya. Sedangkan mahasiswa antara lain data diri mahasiswa, status kuliah, kelulusan dansebagainya.• Dengan adanya PDDikti ini, diharapkan menjadi sumber data yang valid untuk dijadikan dasar sebagai pengambil kebijakan dansebagai sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.• Manfaat terlapor pada PDDikti diantaranya melamar beasiswa, mengikuti kegiatan nasional ,melamar perkerjaan

SIVIL

• SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik.SIVIL adalah salah satu program Kementerian Riset, Teknologi dan PendidikanTinggi dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yangmerupakan aplikasi untuk memverifikasi keabsahan Nomor Ijazah Nasional sertamemastikan kesesuaian antara ijazah yang pernah diterbitkan oleh perguruantinggi yang terdaftar di PDDikti - Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Program inidiluncurkan sejak September 2016.Jadi Mahasiswa UNG, setiap ijazah yang telah diterbitkan oleh perguruan tingginamun tidak ditemukan di SIVIL, bukan berarti ijazah tersebut tidak sah ya,melainkan dapat disebabkan karena belum dilaporkannya data tersebut olehperguruan tinggi.

SKPI

• Apa itu Surat Keterangan Pendamping Ijazah?Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplementadalah: surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh PerguruanTinggi, berisi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusanPerguruan Tinggi bergelar. Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuknarasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan padajenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. SKPI bukan pengganti dari ijazah danbukan transkrip akademik. SKPI juga bukan media yang secara otomatismemastikan pemegangnya mendapat pengakuan.

Manfaat SKPI untuk lulusan:• a. Menjadi dokumen tambahan yang menyatakan kemampuankerja, penguasaan pengetahuan dan sikap/moral seorang lulusanyang lebih mudah dimengerti oleh stakeholder di dalam maupun di luar negeri dibandingkan dengan hanya membaca transkrip.• b. Memberikan penjelasan yang objektif tentang kualifikasi, kompetensi dan prestasi bagi pemegangnya.• c. Meningkatkan kelayakan kerja (employability) terlepas darikekakuan jenis dan jenjang program studi.

ISIAN SKPI

• Pengguna akun Mahasiswa memiliki tugas untuk mengisikan informasi tambahanprestasi pada laman Informasi. Cara pengisian adalah dengan memilih jenis informasipada ruas Jenis, dengan pilihan Tugas Akhir, Praktek Lapangan, Sertifikat Keahlian,Penguasaan Bahasa Asing, Penghargaan atau Kejuaraan, Pengalaman Organisasi atauPrestasi Lainnya. Selanjutnya mengisi ruas Uraian dengan uraian singkat tentanginformasi prestasi tersebut, semisal nama kegiatan, tahun dan tempat serta tingkatkegiatan. Ruas Urutan merupakan indikator urutan informasi tersebut ditampilkan padadokumen SKPI. Item informasi yang memiliki urutan paling kecil akan ditampilkanterlebih dahulu.• Perlu harus diperhatikan bahwa hanya mahasiswa yang telah memiliki kata sandi yangdapat mengakses aplikasi untuk mengelola informasi tambahan. Bagi yang belummemiliki kata sandi diharapkan menghubungi operator program studi untukmendapatkan kata sandi.

 

Pkkmb ung 2020 yg diadakan secara daring

17 September 2020 15:50:18 Dibaca : 2

Pkkmb ung pada tahun ajaran 2020 diadakan secara daring(online).lain halnya dengan pkkmb pada tahun sebelumnya yang diadakan secara luring(tatap muka),pkkmb diadakan secara daring dikarenakan pandemi covid 19 yang terus berlanjut,dikarenakan alasan kesehatan maka diadakan secara daring.ada banyak perbedaan feel maupun proses pkkmb secara daring dan luring

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong